Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Sertifikat Rumah 2024

Pinjaman bank Mandiri jaminan sertifikat rumah bisa Anda jadikan solusi untuk mendapatkan dana segar secara lebih cepat. Apalagi plafon yang ditawarkan umumnya lebih besar dibandingkan dengan jenis kredit lainnya. Nantinya dana yang Anda peroleh dapat digunakan untuk pengembangan usaha atau keperluan lainnya.

Setidaknya ada beberapa jenis pinjaman bank Mandiri yang dapat diajukan dengan menggunakan jaminan sertifikat rumah, seperti Kredit Multiguna Mandiri, KUR, dan KPR. Tinggal sesuaikan saja jenis kredit mana yang cocok dengan kebutuhan Anda saat ini.

Ok, langsung saja berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pinjaman Mandiri jaminan sertifikat rumah di tahun 2024 !

Kredit Multiguna Mandiri

Yang pertama adalah Mandiri Multiguna yang mana kredit ini tidak harus digunakan untuk pengembangan usaha, namun bisa juga dialokasikan untuk keperluan lain, misalnya kebutuhan sekolah anak atau pun biaya perawatan kesehatan.

Plafon yang ditawarkan juga tidak main main, yakni hingga Rp 10 Miliar dengan bunga mulai dari 6% fix di 3 tahun pertama, serta tenor minimal 7 tahun dan maksimal 15 tahun.

Persyaratan Umum

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun dan saat kredit berakhir maksimal 55 tahun (pegawai) atau 60 tahun (profesional/wiraswasta)

Persyaratan berdasarkan profesi 

Pegawai :

  • Berstatus pegawai ettap
  • Memiliki masa kerja minimal 2 tahun
  • Pegawai kontrak minimal memiliki jabatan manager/supervisor dengan gaji minimal 5 tahun, serta masa kerja minimal 5 tahun

Wiraswasta/Profesional :

  • Berpengalaman di bidangnya minimal 2 tahun berturut-turut yang dibuktikan dengan surat ijin usaha/praktik
  • Memiliki NPWP/SPT Tahunan PPh orang pribadi
  • Memiliki penghasilan minimal Rp 5 juta/bulan
  • Memiliki agunan

 Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan DokumenPegawaiProfesionalWiraswasta
 Asli aplikasi kredit yang diisi dengan lengkap dan benar
 Fotokopi KTP pemohon dan pasangan
 Fotokopi Surat Nikah/Cerai
 Fotokopi Kartu Keluarga
 Fotokopi rekening Koran/tabungan 3 bulan terakhir**
 Fotokopi NPWP Pribadi atau SPT Tahunan PPh
 Fotokopi Slip Gaji atau Surat Keterangan Penghasilan--
 Fotokopi neraca dan laporan laba rugi terbaru-
 Fotokopi Akta pendirian perusahaan dan izin usaha--
 Fotokopi sertifikat praktik profesional--
 Fotokopi dokumen kepemilikan agunan berupa Sertipikat  Agunan berupa Hak Milik (SHM); atau Sertipikat Hak Guna Bangunan (SHGB); atau Sertipikat Hal atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS), dan IMB&PBB

Ketentuan 

  • Suku bunga mulai dari 6% fix di 3 tahun pertama dengan tenor minimal 7 tahun (bunga dapat berubah sewaktu-waktu)
  • Limit maksimal Rp 10 Miliar untuk profesi pegawai dan profesional, sementara itu untuk wiraswasta maksimal Rp 200 juta
  • Tenor atau jangka waktu pinjaman maksimal 15 tahun untuk pegawai, 10 tahun untuk profesional, dan 7 tahun untuk wiraswasta

KUR Mandiri

Selanjutnya adalah KUR Mandiri (Kredit Usaha Rakyat Mandiri). Di artikel sebelumnya sudah saya bahas secara lengkap apa itu KUR Mandiri beserta persyaatannya. Setidaknya terdapat 3 jenis KUR Mandiri yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu KUR Super Mikro, KUR Mikro, dan KUR Kecil.

Yang membedakan jelas terletak pada jumlah plafonnya. KUR Super Mikro, calon debitur hanya dapat mengajukan pinjaman maksimal Rp 10 juta. Jika menginginkan dana lebih besar dan bahkan tanpa agunan, maka Anda dapat mengajukan pinjaman KUR Mandiri Mikro dengan plafon maksimal Rp 100 juta. Sementara itu untuk bunga yang ditetapkan juga sangat terjangkau, yakni 6% per tahun.

Pertanyaannya adalah bagaimana jika ingin mengajukan pinjaman lebih dari Rp 100 juta? Maka pilihannya Anda dapat mengajukan KUR Kecil dengan plafon maksimal Rp 500 juta. Namun, salah satu syaratnya adalah dengan memberikan agunan berupa sertifikat rumah atau BPKB.

Jadi, dari sini jelas bahwa salah satu pinjaman bank Mandiri dengan jaminan sertifikat rumah adalah KUR Mandiri.

Informasi lengkap mengenai KUR Mandiri silahkan baca pada artikel Pinjaman KUR Mandiri 2024.

KPR Mandiri

Yang ketiga adalah KPR Mandiri. Perlu diluruskan dahulu bahwa KPR Mandiri tidak melulu soal pembelian rumah baru. Dengan jaminan berupa sertifikat rumah, pinjaman dana KPR dapat Anda gunakan untuk keperluan renovasi atau pembangunan.

Untuk plafon yang ditawarkan sangat tinggi, yaitu hingga Rp 5 Miliar dengan jangka waktu pelunasan hingga 20 tahun dan bunga 5,99 - 8,88% per tahun. Untuk penjelasan lengkapnya akan saya update di artikel lain ya !

Tabel Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Sertifikat Rumah

1. KUR Mandiri

Tabel Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Sertifikat Rumah

2. KPR Mandiri

Tabel Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Sertifikat Rumah

Cara Pengajuan Kredit

Untuk pengajuan kredit di bank Mandiri dengan jaminan sertifikat rumah, silahkan datang ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk berkonsultasi. Petugas bank akan membantu Anda untuk memilih jenis pinjaman mana yang cocok dengan kebutuhan nasabah. 

Untuk syarat-syaratnya disesuaikan dengan jenis pinjamannya ya !

Tanya Jawab

Apakah bisa gadai sertifikat rumah di bank mandiri?

Bisa. Ada beberapa pinjaman di bank Mandiri dengan jaminan sertifikat rumah, seperti Kredit Multiguna, KUR Mandiri, dan KPR Mandiri.

Apakah KUR Mandiri pakai jaminan?

Untuk nominal di bawah Rp 100 juta tanpa jaminan (syarat ketentuan berlaku), sementara itu untuk nominal di atas Rp 100 juta wajib menggunakan agunan.

Kesimpulan

Setidaknya ada 3 jenis pinjaman bank Mandiri jaminan sertifikat rumah yang dapat Anda coba, yaitu Kredit Multiguna, KUR, dan KPR Mandiri. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, kira-kira jenis kredit mana yang cocok untuk Anda.

Demikian informasi mengenai pinjaman bank Mandiri jaminan sertifikat rumah di tahun 2024, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Sertifikat Rumah 2024"