Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

29 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

29 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar - Usaha rumahan kini banyak dilirik oleh para pebisnis dalam menjalankan usahanya. Tidak hanya sebagai usaha sampingan saja, kini banyak bisnis rumahan yang dijadikan sebagai bisnis utama. Dengan menjalankan bisnis rumahan, tentunya juga akan memangkas biaya produksi, sehingga omzet yang didapatkan akan lebih meningkat. 

Ini salah satu ide usaha yang menguntungkan bukan?

Coba bayangkan jika Anda memiliki jenis usaha yang menjanjikan ini..

Apalagi ditambah dengan akses internet yang semakin mudah dan murah, peluang ini digunakan oleh pebisnis untuk menjalankan usaha rumahan mereka, baik untuk marketing maupun advertising. Modalnya hanya laptop, hp dan internet. Menarikan kan?


usaha rumahan
ilsutri usaha rumahan (angkringan)

Fakta menyebutkan 60% pertumbuhan ekonomi nasional ditopang oleh UMKM, yang mana UMKM salah satunya berasal dari usaha rumahan. 

Fakta lain, banyak di sekitar kita bisnis rumahan yang mendulang sukses, baik bisnis online maupun offline. Apalagi bagi karyawan yang masih memiliki penghasilan pas pasan, usaha sampingan ini tentu menjadi solusi terbaik untuk menambah penghasilan.

Saya sendiri sebagai penulis gurumedsos.com juga dulunya adalah seorang pegawai non PNS, yang kini full time mengerjakan bisnis rumahan. Alhamdulillah tiap bulan sudah menghasilkan, meskipun dulunya hanya saya anggap sebagai usaha sampingan saja. Penasaran dengan usaha saya? hehe

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki usaha rumahan namun belum memiliki ide yang tepat, berikut ini saya share 33 ide usaha rumahan yang bisa dicoba.

29 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar


1. Jualan di Marketplace (Menjadi Dropshiper dan Reseller)


Saya yakin Anda sudah tidak asing dengan Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan sejenisnya. Jika saat ini Anda hanya sebagai pembeli saja di marketplace tersebut, coba Anda buat toko dengan barang dagangan yang bisa diambil dari teman ataupun siapapun yang Anda kenal.

Ini adalah salah satu ide usaha rumahan yang paling mudah untuk dijalankan. Selain tidak perlu tempat, Anda juga tidak perlu menyetok barang untuk mulai berjualan. 

Agar lebih jelas, simak baik-baik penjelasan berikut.

Ada 2 cara berjualan di marketplace :
a. Dropsiher
Menjadi dropshiper adalah salah satu peluang usaha rumahan yang menjanjikan saat ini. Anda tidak perlu menyetok barang sekali untuk berjualan, karena yang dibutuhkan hanyalah skill Anda dalam marketing. 

Sebut saja Arif Budiman Nasuko dan Bong Affan yang sukses menjadi milyarder melalui usaha dropship. 

Sistem Dropship 

Untuk memulai usaha sampingan sebagai dropshiper, Anda perlu bekerja sama dengan suplier. Jadi, Anda membuat toko dengan alamat kantor suplier, karena nantinya jika ada order masuk, barang akan dikirim kepada pembeli melalui alamat suplier dengan nama toko milik Anda. 

Kemudian keuntungan didapat melalui selisih harga yang diberikan oleh suplier. Mudah dan gampang kan? hehe

usaha rumahan


Keuntungan Dropship

  • Tidak perlu modal atau bahkan tanpa modal sama sekali
  • Tidak perlu stok barang
  • Resiko kecil
  • Praktis
  • Bisa dijalankan dimana saja
8 Langkah Memulai Bisnis Dropship 
  • Menentukan niche/jenis produk : disarankan untuk menjual 1 jenis produk agar lebih maksimal
  • Riset kompetitor : gunanya untuk mengetahui tingkat persaingan pasar
  • Cari suplier murah dan terpercaya : Karena anda tidak bisa mengecek kualitas, packing, dan pengiriman barang, mencari suplier yang terpercaya adalah hal utama, apalagi bisa memberi harga murah. Anda bisa mencari supplier di marketplace dengan mengecek rating, jumlah penjualan,dan juga tingkat kecepatan respons
  • Tentukan harga jual : Anda bisa mendapatkan 5-20% dari penjualan. Agar tidak merusak harga pasar, biasanya suplier sudah menentkan harga jual dari produknya.
  • Buat Toko Online : Bisa di Tokopedia, Shopee, Lazada, Website sendiri dll
  • Promosi : Skill marketing sangat dibutuhkan. Anda perlu belajar SEO marketplace maupun copywritting agar sukses menjual produk
  • Layani pembeli dengan sepenuh hati 
  • Lakukan optimalisasi dan analisa pada toko 
b. Sistem Reseller

Bisnis sampingan berikutnya adalah menjadi reseller.

Berbeda dengan sistem dropship, untuk menjadi reseller Anda perlu menyetok barang untuk berjualan. Jadi, pengelolaan toko Anda lakukan sendiri, mulai dari stok barang, customer service, promosi, packing, hingga pengiriman barang.

Sitem reseller ini biasanya dijalankan oleh ibu-ibu muda sebagai bisnis ibu rumah tangga. Contohnya menjual kerudung, gamis, pakaian anak, dll.

Untuk mendapatkan harga beli yang murah, Anda perlu membeli harga grosir agar dapat dijual kembali sesuai dengan harga pasar, dan bahkan lebih murah dari pasaran.

usaha rumahan


7 Cara Menjadi Reseller Sukses

  • Memilih jenis produk yang mudah dijual
  • Memilih suplier besar dan terpercaya
  • Beri harga jual yang bersaing
  • Manfaatkan media sosial untk berjualan
  • Sisihkan keuntungan untuk promosi berbayar seperti fb ads, instgram ads, membuat website dll
  • Layani pembeli dengan sepenuh
  • Konsisten

2. Menjadi Youtuber

Platform youtube menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan jika ditekuni. Syaratnya hanya satu, yaitu konsisten upload video yang bermanfaat.

Youtube sendiri berada di peringkat pertama sebagai media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bayangkan jika chanel youtube Anda ditonton oleh ratusan juta pasang mata, berapa uang yang akan masuk ke rekening? waow...

usaha rumahan


Pakar internet marketing menyebutkan, trend video akan meningkat setiap tahunnya. Dan ini adalah peluang usaha dengan modal yang tidak begitu besar yang bisa Anda coba.

Apakah Anda hanya ingin menjadi penonton saja? hmm.. Saya rasa menjadi creator youtube tidak ada salahnya lho. Itung-itung untuk menyalurkan hobi dan bakat, hehe.

Yang perlu Anda butuhkan untuk memulai menjadi content creator adalah smartphone yang Anda miliki sekarang. Cukup sederhana, namun banyak juga youtuber yang memulai kariernya hanya bermodalkan kamera smartphone.

Tentu tahu Jess No Limit kan? Dia memulai karier youtube hanya dengan bermodalkan hp. Dan dengan kerja kerasnya kini dia sudah memiliki aset yang begitu besar.

Cara menjadi Youtuber untuk menghasilkan uang :

  • Buat chanel youtube dengan akun gmail
  • Tentukan niche/tema video yang akan dibuat (Konsisten satu tema)
  • Buat Video dengan alat yang dimiliki (HP Smarphone/Kamera/Action cam/dll)
  • Edit dengan aplikasi editor video
  • Upload secara konsisten dengan judul yang menarik
  • Share ke media sosial
  • Untuk menarik pengunjung, bisa dengan memberikan giveaway
  • Setelah mencapai syarat ketentuan untuk menampilkan iklan, siap siap untuk mendapatkan uang dari youtube, hehe

3. Menjadi Blogger

Menjadi bogger adalah salah satu usaha yang menjanjikan dengan modal relatif kecil. Yang Anda perlukan hanyalah laptop/komputer, internet, dan sejuta ide yang ada di pikiran Anda. Mudah bukan?

Hampir sama dengan youtube, blogger mendapatkan sejumlah uang melalui pengiklan (advertiser). Advertiser sendiri adalah pengiklan di internet yang salah satunya bekerja sama dengan google.

Untuk mendapatkan uang puluhan juta bahkan ratusan dari blog adalah tidak mustahil.

usaha rumahan


Eka Lesmana, seorang angon bebek, beberapa tahun lalu sempat viral dengan penghasilanya yang mencapai ratusan juta. Apalagi faktanya, dia hanyalah lulusan SMP saja. Menarik kan?

Namun, untuk menghasilkan uang puluhan juta bahkan ratusan juta lewat blog, Anda perlu membangun authority blog, sehingga mampu mendatangkan puluhan ribu hingga ratusan ribu view dalam sehari.

Jadi, pada dasarnya untuk menjadi blogger Anda harus mampu membuat artikel yang bermanfaat dan dicari banyak orang.

Bagaimana cara memulai usaha sampingan sebagai seorang blogger?
a. Menentukan platform
Untuk versi gratisan, Anda bisa menggunakan blogger.com. Dan versi berbayar bisa menggunakan platform wordpres.

Jika Anda menggunakan blogger.com, Anda bisa membeli sebuah domain agar lebih profesional dan dari segi authority juga lebih terpercaya. Sedangkan untuk wordpres, Anda membutuhkan hosting sebagai tempat untuk menginstal blog Anda.

b. Menentukan niche/topik
Agar pembahasan blog lebih fokus, Anda membuat satu topik pembahasan saja. Selain untuk memudahkan dalam pengelolaan blog, memilih 1 topik pembahasan juga lebih disukai oleh google.

c. Pelajari SEO
SEO adalah ilmu yang wajib dimiliki oleh seorang blogger untuk mengelola blog nya agar mampu bersaing di halaman pencarian google.

d. Belajar menulis artikel dengan baik dan mudah dipahami
Menulis artikel yang baik adalah salah satu penunjang seo yang sangat signifikan, karena konten adalah raja. Begitu para pakar berkata, hehe

e. Konsisten dalam menulis konten
Salah satu musuh terberat bagi seorang blogger adalah rasa malas. Untuk itu perlu motivasi agar tetap konsisten dalam menulis.

Nah, untuk pendapatan sendiri, blog dapat ditautkan dengan program periklanan seperti Google Adsense, MGID, Adnow, affiliate dan program kerjsama lainnya.

4. Penulis Freelance

Jika Anda memiliki hobi menulis dan ingin mendapat uang dari hobi tersebut, selain ngeblog juga dapat menawarkan diri menjadi seorang penulis freelance.

Untuk memulai menjadi penulis freelance, Anda dapat melakukan promosi di grup facebook atau membuka jasa penulis di freelance.co.id dan sribulancer.

Berdasarkan jasa penulis yang pernah saya lihat, harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dari jam terbang, jumlah kata dan kualitas yang diberikan. Namun, pada umumnya harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000 hingga ratusan ribu rupiah per artikel.

Coba kalikan sepuluh artikel, lumayan juga kan? hehe

usaha rumahan


Sebagai langkah awal, coba lakukan penawaran di grup Blogger Indonesia dengan harga yang terjangkau. Saya rasa banyak orang yang tertarik, toh beberapa kali saya melihat postingan jasa penulis artikel di grup-grup tersebut.

Tips menjadi penulis freelance :
Agar lebih mudah, pilih niche/topik sejenis agar tidak kesulitan dalam pembuatan artikel. Buat harga paket jasa penulisan artikel dengan bonus yang menggiurkan. Misalnya order 3 artikel bonus 1 artikel. Dengan demikian akan menarik calon konsumen.

Berikut ini beberapa tips menulis artikel yang baik :

  • Buat artikel original dan unik
  • Lengkapi artikeldengan data pendukung seperti foto, video, grafik dan data dukung lainnya
  • Artikel harus mudah dipahami
  • Buat artikel dengan kosa kata yang baik dan benar
  • Artikel harus SEO
  • Judul menarik untuk dibaca
  • Memberikan manfaat atau solusi

5. Jasa Penerjemah/Translator

Bagi Anda yang menguasai beberapa bahasa, membuka jasa penerjemah cocok sebagai usaha sampingan. Apalagi jasa penerjemah masih jarang ditemukan.

Jasa penerjemah bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu penerjemah artikel dan penerjemah pembicaraan. Harga dari kedua jenis jasa ini juga berbeda tentunya.

Usaha Rumahan


Untuk memulai menjadi jasa penerjemah, Anda dapat membuka jasa melalui fastwork.id, sribulancer, freelancer, dan lain sebagainya.

Tips cara memulai karier menjadi penerjemah Bahasa :
  • Memahami kemampuan bahasa dan terjemahan
  • Menerjemahkan dari hal yang disukai
  • Perbanyak membaca bahasa asing yang akan diterjemahkan
  • Membuat penawaran melalui jasa online

6. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis semakin hari semakin dibutuhkan karena tingginya angka permintaan jasa desain untuk marketing maupun advertising.

Jika Anda memiliki keahlian di bidang desain grafis, kini saatnya untuk mengambil peluang ini. Jasa desain grafis adalah salah satu usaha rumahan yang memiliki pangsa luas, baik online maupun offline.

usaha rumahan


Jika Anda melihat beranda facebook, Anda akan sering menemukan iklan dengan tampilan yang menarik. Itu adalah salah satu produk dari desain grafis. Di offline pun demikian, Anda akan menjumpai spanduk, banner, billboard dan iklan-iklan lain yang tentunya dibuat oleh seorang tukang desain.

Jasa desain grafis yang bisa ditawarkan :
  • Jasa edit & cetak foto
  • Jasa desain spanduk, banner, mmt, brosur dan sejenisnya
  • Jasa sablon kaos
  • Jasa pembuatan sticker
  • jasa cetak kartu nama
  • dll
Modal yang diperlukan untuk usaha desain grafis
  • Komputer 1 set : Rp 5.000.000
  • Printer + Scanner : Rp 2.500.000
  • Internet bulanan : Rp 300.000
  • Bahan pendukung seperti kertas foto, tinta dll
  • Cetak banner/mmt bisa bekerja sama dengan pihak lain
6 Cara Memulai Bisnis Desain Grafis
  • Lakukan promosi baik online maupun offline
  • Jika ada uang lebih, investasi alat yang lebih canggih
  • Gunakan internet yang cepat dan stabil guna mendukung pekerjaan
  • Selalu kreatif dan inovatif
  • Perbanyak relasi bisnis
  • Kepuasan pelanggan adalah hal utama agar lebih loyal

7. Membuat Aplikasi Berbasis Android

Dengan berkembangnya teknologi android, ini menjadi peluang emas bagi Anda yang memiliki hobi coding dan pemrograman.

usaha sampingan


Selain mengupload aplikasi ke app store atau google play store dan mendapatkan uang dari iklan adsense, Anda dapat menawarkan jasa Anda kepada pemilik bisnis yang sudah memiliki website.

Jasa mengubah website kedalam apk android juga memiliki pasar tersendiri. Lakukan promosi pada UMKM, karena pada umumnya UMKM kerap kali membutuhkan jasa Anda.

8. Jasa Pembuatan Website/Toko Online

Peluang bisnis rumahan berikutnya adalah jasa pembuatan website atau toko online yang sangat menjanjikan dari tahun ke tahun. Jasa Ini khusus bagi Anda yang memiliki keahlian khusus dalam hal programing dan building website.

Harga sebuah jasa pembuatan website bisa mencapai puluhan juta tergantung dari jenis website atau toko online yang dibuat.

usaha sampingan


Beberapa waktu lalu dalam live QnA instagram, seorang mastah website mengaku pernah mendapat order website seharga Rp 3,5 juta. Padahal proses pembuatannya tidak sampai satu hari dan modal untuk membeli hosting dan domain juga tidak mencapai satu juta.

Untungnya gede kan? hehe

Yang dibutuhkan untuk membuka jasa pembuatan website :

  • Laptop/Komputer
  • Internet
  • Hosting
  • Domain
  • Template
6 Cara Sukses Bisnis Jasa Pembuatan Website
  • Menyiapkan peralatan pendukung (laptop/komputer, internet)
  • Tahu Tentang Cara Pembuatan Website, mulai dari pemrograman, trouble shooting,dll
  • Lakukan promosi melalui website sendiri
  • Lakukan promosi melalui media sosial dan offline
  • Beri harga yang kompetitif
  • Berikan pelayanan terbaik dan memuaskan
  • Berikan Invoice 1 Bulan Sebelum Website Expired
  • Beri Edukasi Pada Calon Client mengenai website/toko online
Untuk lebih lengkapnya dapat membaca Usaha Jasa Pembuatan Website

9. Menjual Foto Secara Online


Jika Anda memiliki hobi fotografi dan mempunyai stok foto cukup banyak di hardisk, saya sarankan untuk menjual foto tersebut secara online.

Selain sebagai usaha sampingan, jual foto secara online juga menambah semangat dalam fotografi, karena permintaan stok foto yang kian bertambah.

usaha rumahan


Harga untuk setiap foto bervariasi, ada yang kurang dari $1 tiap foto dan banyak juga yang dihargai hingga ratusan dolar.

Jika anda tertarik untuk menekuni bisnis jual stok foto, Anda dapat bergabung di shutterstock, Eyeem, fotolia, dll

10. Jasa Kursus Online

Membuka jasa kursus online juga menjadi ide usaha yang bagus, karena jumlah peminat bisnis online semakin meningkat.

Jika Anda memiliki keahlian di bisnis online, misalnya keahlian content creator youtube, facebook creator, marketing online, pembuatan website dan keahlian lainnya, mengapa Anda tidak menguangkan keahlian Anda menjadi sebuah usaha yang menguntungkan?

usaha sampingan


Anda cukup memilih salah satu jenis jasa yang Anda kuasai, misalnya jasa kursus marketing online via instagram.

Anda dapat memulainya dengan melakukan promosi jasa kursus/privat instagram marketing melalui media sosial seperti instragram, youtube, facebook ataupun website yang Anda miliki.

Harga private online dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda sendiri.

Sebagai contoh..

Adrian Ngangi seorang Social Media Strategist yang membuka jasa kursus online mampu mendulang sukses lewat jasa kursus online nya. 

Dengan kemampuan brandingnya, dia mampu menjaring customer melalui chanel youtubenya yang menarik, karena berisi strategi marketing instagram yang cukup "daging" menurut saya.

Jadi, mengapa Anda tidak mencoba peluang usaha kursus online sesuai dengan keahlian yang Anda miliki?

11. Peluang Usaha Rumahan Jual Pulsa/Kuota

Hampir setiap orang memiliki HP. Tentunya HP juga membutuhkan pulsa agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu kebutuhkan kuota juga semakin tinggi karena kuota sudah menjadi kebutuhan wajib untuk saat ini.

Peluang ini bisa Anda jadikan sebagai usaha rumahan berjualan pulsa atau kuota. Jualan pulsa menjadi bisnis rumahan dengan modal yang tidak menguras kantong. Tidak tanggung-tanggung, omzet yang didapat dari berjualan pulsa bisa mencapai jutaan rupiah lho..

usaha rumahan


Anda bisa memulai usaha jualan pulsa dengan deposit Rp 500 ribu kepada agen pulsa terpercaya di sekitar rumah Anda. Dengan uang Rp 500 ribu tersebut, dapat Anda putar hingga nantinya bisa beranak pinak.

Jika sudah memiliki modal yang cukup, Anda bisa membuka counter pulsa sambil menjual aksesoris HP, bahkan jualan HP sekalian.

Seperti tetangga saya yang awalnya hanya jualan pulsa, kini bisa menjual HP hingga puluhan unit dalam satu hari. Bisa dibayangkan berapa omzet nya kan? hmmmm

12. Peluang Usaha Cuci Motor

Berdasarkan data yang didapat dari BPS dan AISI, jumlah sepeda motor di Indonesia hingga tahun 2019 mencapai 143,75 juta unit. Data tersebut selalu bertambah tiap tahunnya.

Jika 1% nya menggunakan jasa cuci motor Anda, berapa omzet yang didapat? banyak kan, hehe

Itulah sedikit gambaran mengenai usaha rumahan jasa pencucian motor.

usaha sampingan


Peluang usaha cuci motor memiliki prospek yang cukup baik di Indonesia, mengingat jumlah pengguna motor maupun mobil yang semakin meningkat tiap tahun. Ditambah tidak sempatnya atau malasnya pemilik kendaraan bermotor untuk mencuci kendaraanya sendiri.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cuci motor kurang lebih Rp 5 juta. Namun itu dalam skala sederhana ya.

Kita asumsikan sehari bisa mencuci 10 motor dengan tarif Rp 10.000, maka dalam sehari bisa mendapat omzet Rp 100.000. Jika dikalikan 30 hari, dalam sebulan bisa menghasilkan omzet Rp 3.000.000. Belum lagi jika mendapat cucian mobil, tentu harga jasanya juga berbeda.

Itu adalah hitungan kasar, tapi logis jika kita membuka usaha cuci motor ini.

13. Membuka Usaha Laundry

Usaha sampingan ibu rumah tangga ini bisa dijadikan referensi jika Anda memiliki sejumlah modal untuk merealisasikan usaha Laundry.

Mengapa usaha laundry menjadi usaha rumahan yang menguntungkan?

Karena pada dasarnya tiap orang memiliki kesibukan sendiri-sendiri, sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaiannya. Inilah mengapa usaha laundry bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

usaha rumahan


Dengan konsep usaha sederhana, peralatan yang diperlukan untuk memulai usaha laundry adalah mesin cuci, strika, dan peralatan pendukung lainnya yang jika ditotal tidak lebih dari Rp 5 juta rupiah.

Agar sukses menjalankan usaha laundry, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan :

  • Riset lokasi dan target pasar, misal di lingkungan kampus
  • Catat peralatan apa saja yang dibutuhkan
  • Menghitung pengeluaran secara mendetail
  • Menguasai teknik mencuci dan menyetrika yang baik dan benar
  • Menghitung biasa jasa pengambilan dan pengantaran cucian
  • Membuat nama dan logo usaha laundry
  • Melakukan promosi baik online maupun offline

14. Usaha Rumahan Barbershop/Jasa Potong Rambut

Seseorang memangkas rambutnya minimal adalah 2-3 bulan sekali. Itulah mengapa usaha rumahan jasa potong rambut atau bahasa kerennya basbershop tiap hari selalu saja mendapat pelanggan.

Untuk membuka jasa potong rambut, sebetulnya Anda tidak harus bisa memiliki keahlian. Anda bisa bekerja sama dengan tukang pangkas rambut yang sudah profesional dengan sistem bagi hasil.

Namun, lebih bagusnya lagi jika Anda memiliki keahlian tersebut.

usaha rumahan


Agar menang dalam persaingan, alangkah baiknya jika tempat usaha memiliki kenyamanan dan fasilitas yang lebih bagus dari para pesaing.

Anda bisa menawarkan paket spesial, misalnya jasa potong rambut & crimbath, potong rambut & cuci, cat warna dan jasa lain. Kecepatan dalam memangkas rambut juga harus diperhatikan, karena kadangkala menunggu itu sesuatu yang membosankan, hehe.

Nah, jika kita kalkulasi soal pendapatan. Jika sehari bisa mendapatkan 15 pelanggan dengan biaya potong rambut adalah Rp10.000, maka tiap hari bisa mendapatkan omzet Rp150.000, dan dalam 1 bulan bisa mengantongi hingga Rp 4.500.000. Lumayan kan?

15. Membuka Usaha Les Privat 

Jika Anda memiliki keahlian di bidang akademik, seni maupaun keahlian lain, tidak ada salahnya untuk memberanikan diri membuka usaha les privat.

Yang dibutuhkan untuk membuka les privat hanyalah sebuah ruangan khusus. Namun, tidak berlaku bagi les privat yang mendatangi langsung ke rumah siswa privat.

Jadi, bisa dikatakan les privat adalah usaha rumahan tanpa modal sama sekali. Karena yang dibutuhkan hanyalah skill/ilmu saja.

usaha rumahan


Sebagai contoh :
Teman saya membuka les privat gitar, yang mana les dilakukan 2 kali dalam seminggu. Sementara biaya 1 kali les adalah Rp 150.000. Dalam seminggu dia akan mendapatkan Rp 300.000, dan dalam sebulan omzet yang didapatkan Rp 1.200.000.

Itu hanya 1 siswa saja lho, bayangkan jika memiliki 5 siswa, hehe. Apalagi les privat tidak lebih dari 1 jam. Mantap kan?

16. Usaha Rumahan Kuliner

Usaha rumahan berikutnya adalah usaha kuliner yang tidak akan pernah hilang ditelan zaman, karena pada dasarnya makanan adalah kebutuhan primer manusia.

Anda dapat memulainya dengan berjualan di depan rumah dengan bermodalkan meja dan kursi, serta perlengkapan dapur yang ada di belakang rumah. Simple kan?

Untuk memulai usaha kuliner, Anda bisa mencoba berjualan sarapan pagi, bubur ayam, angkringan, berjualan kue, dan lain-lain.

usaha rumahan


Jangan salah, usaha kuliner jenis ini bisa mendapatkan keuntungan minimal Rp 100.000 dalam  sehari. Terlebih hanya dilakukan di waktu tertentu saja, misal pagi atau malam hari. Selebihnya Anda bisa melakukan aktivitas lainnya. Salah satu usaha sampingan yang menguntungkan bukan?

Tips membuka usaha rumahan kuliner :
  • Berikan harga lebih murah, namun masih untung
  • Jangan terima hutang, karena usaha akan sulit berkembang
  • Selalu kreatif dan inovasi dalam menjalankan usaha

17. Jasa Admin Media Sosial

Dengan semakin berkembangnya bisnis online membuat jasa admin media sosial semakin dicari, apalagi yang sudah terbukti bisa membuat omzet penjualan produk/jasa makin melejit.

Usaha rumahan ini hanya membutuhkan koneksi internet dan kreatifitas Anda dalam mengelola akun sosial media client. Misalnya, Jika Anda membuka jasa admin media sosial, berartin Anda harus mampu membuat postingan yang menarik termasuk caption yang memikat calon buyer.

usaha rumahan


Setidaknya bisnis jasa admin media sosial meliputi :

  • Jasa kelola Akun sosial media
  • Desain timeline dan konten
  • Jasa Posting dan Promosi
  • Jasa Report
Faktanya adalah buyer (pembeli produk) mengatakan bahwa mereka mengikuti sosial media suatu brand tujuannya adalah untuk mencari informasi, diskon, dan promo. Kemudian 61% keputusan berbelanja dipengaruhi oleh review dan testimoni suatu brand yang dilihat dari media sosial.

Dapat disimpulkan bahwa kebutuhan akan jasa pengelolaan media sosial ini sangat diminati oleh pemilik suatu usaha. Ini adalah peluang Anda untuk aciton dan menghasilkan pendapatan.

Anda dapat memulainya dengan membuat jasa di fastwork.id, freelancer, sribulancer, dan sejenisnya.

Modal yang dibutuhkan bahkan hanya sebuah HP, internet dan tentu saja kreativitas Anda.

18. Sewa Tempat Tinggal/Kos

Sewa tempat tinggal atau mungkin Kos, bisa menjadi alternatif untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda. Jika Anda berada di perkotaan atau yang terpenting adalah berada di sekitar pusat bisnis/pabrik/sekolah atau keramaian, membuka jasa sewa tempat tinggal/kos sangat menggiurkan.

Apalagi jika Anda memiliki sekat ruang kosong atau bahkan rumah kosong. Wow ini adalah usaha yang menguntungkan bukan?

usaha rumahan


Untuk media pengiklanan, Anda bisa menggunakan cara tradisional, yaitu memasang poster di tepian jalan atau bisa saja menggunakan media sosial untuk mempromosikan jasa sewa tempat tinggal Anda.

Kini beberapa start up juga sudah banyak membuka kerjasama periklanan, seperti traveloka dan sejenisnya.

Bayangkan jika dalam 1 bulan saja ada 2 orang yang menyewa tempat kos dengan harga bulanan Rp 500 ribu. Ini adalah keuntungan pasif bukan? hehe

19. Trading Saham

Sebelum memulai trading saham pastikan Anda untuk mempelajarinya terlebih dahulu sampai benar-benar paham. Jangan sampai baru belajar sehari langsung trading dengan nominal besar. Cermati juga situs-situs yang menawarkan trading saham. Pilih yang memiliki review bagus.

Untuk memulai bisnis trading saham, Anda bisa memulai dari Rp 50 ribu rupiah. Anda bisa menggunakan sebuah smartphone untuk menjalankan trading. Cukup mudah dan murah bukan? Bahkan dimana saja asal ada internet, Anda bisa menjalankan bisnis ini.

usaha rumahan


Temans saya sendiri, dulu memulai dengan nominal Rp 50 ribu rupiah, dan kini sudah bisa mendapat ratusan dolar sekali withdraw. Mantap kan, hehe


Ada 10 tips trading saham :
  • Anda harus memiliki manajemen psikologi saat trading saham
  • Membuat trading rules agar profit konsisten
  • Memiliki menajamen uang yang baik
  • Menentukan target profit yang realistis
  • Bisa mengatur resiko dengan baik

20. Penjahit/Permak Pakaian

Semua orang pasti memiliki pakaian, dan inilah mengapa tukang jahit pakaian masih dibutuhkan meski sudah bertebaran penjual pakaian jadi. Anda bisa mengambil peluang ini sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Di kota saya sendiri, jika penjahit sudah memiliki banyak pengalaman serta hasilnya memuaskan, harga yang mereka tawarkan bisa mencapai 2-3 kali lipat dari harga pasaran lho.

Tetangga saya sendiri membuktikannya. Harga 1 potong jahitan yang dia buat bisa dihargai 2 kali lipat jika dia  mendapat order dari Bos nya. Sedangkan jika dia mendapat order sendiri dan dikerjakan di rumah, dia memasang harga standar. Padahal kualitas jahitan sama saja. 

Nah, jika Anda memiliki skill menjahit Anda bisa mulai membuka jasa permak terlebih dahulu sambil mencari pengalaman dan juga mencari pelanggan. Bagi yang belum memiliki skill tapi memiliki minat, bisa mendaftar di pelatihan kantor Balai Latihan Kerja (BLK) di masing-masing kabupaten/kota

21. Bisnis Jasa Titip Barang (Jastip)

Pernah saya agak bingung dengan status WA teman soal "Jastip" ini. Saya kira bisnis baru, eh ternyata jasa titip barang, hehe.

Di kota-kota besar, bisnis jasa titip barang ini cukup diminati. Bahkan bisa juga untuk sekala internasional. Misalnya Anda berada di luar negeri, teman atau follower Anda di instagram tertarik untuk membeli barang disana.

usaha rumahan


Anda bisa mengambil peluang ini sebagai ide usaha yang menghasilkan. Anda bisa mengambil sekian persen keuntungan dari produk yang dibeli. Lumayan kan? hehe

Sebelum bepergian ke luar kota atau luar negeri, Anda bisa update status/story dulu, siapa tahu ada yang tertarik menitip barang.

22. Make-Up Artist

Jasa Make Up Artist (MUA) semakin populer seiring dengan trend kecantikan yang selalu berkembang. Nyatanya bisnis ini memang gurih dari segi penghasilan.

Sebut saja untuk jasa MUA pengantin yang mencapai jutaan sekali rias. Apalagi jika Anda berada di kota besar seperti Jakarta. Dalam sekali event, anda bisa mengantongi uang Rp 5-10 juta jika sudah level profesional.

usaha rumahan


Untuk basicnya, Anda bisa belajar melalui youtube, blog atau belajar dari MUA yang sudah profesional. Apalagi jika diajak menjadi asisten MUA. Sambil belajar, dibayar juga. hehe

Untuk benar-benar ahli dalam bidang MUA memang disarankan untuk kursus, karena jasa MUA memang sudah ada sertifikasi yang menjadi standar profesional.

Beberapa event membutuhkan jasa MUA, seperti wedding, prewedding, photoshoot, karnaval budaya, wisuda dan acara-acara lainnya. 

Berikut ini beberapa tips memulai usaha Make Up Artist (MUA)
  • Selalu asah kemampuan
  • Menyiapkan peralatan selengkap mungkin
  • Buat portofolio di media sosial
  • Kerjsama dengan Wedding Organizer
  • Kerjasama dengan fotografer/videografer
  • Berikan kepuasan kepada pelanggan

23. Jasa Penulis Skripsi

Jasa penulis skripsi juga masih dibutuhkan hingga sekarang. Bukan karena faktor malas, tapi juga faktor kesibukan mahasiswa tingkat akhir yang membuat jasa penulisan skripsi diminati. Ini adalah peluang yang menguntungkan, karena skripsi adalah tugas yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir.

usaha rumahan


Untuk memulai, Anda tawarkan kepada mahasiswa tingkat akhir. Diskusikan mengenai sistem kerjasama dan harga yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan juga harus ramah kantong pelajar tentunya. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena ini adalah pekerjaan yang agak nyleneh tapi menghasilkan, jangan sampai terlacak oleh dosen.

Kerjakan dengan materi berbobot sehingga konsumen puas dan merekomendasikan ke teman lainnya.

Bisnis semacam ini juga pernah dikerjakan oleh teman saya yang seorang lulusan Teknik Informatika. Hasilnya juga lumayan. hehe

24. Agen Air Minum Isi Ulang

Usaha rumahan agen air minum isi ulang juga memiliki keuntungan yang lumayan. Terbukti dengan semakin banyaknya usaha franchise jasa isi ulang air minum ini.

Bagi Anda yang berada di perkotaan, ini adalah peluang bagus. Apalagi di kota-kota besar kebutuhkan akan air bersih semakin tinggi.

usaha rumahan


Untuk memulai usaha ini, Anda bisa franchise dengan penyedia jasa air minum isi ulang yang berada di kota Anda. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Anda bisa memulainya dengan paket yang termurah.

Untuk promosi, Anda bisa melakukan promosi ke komplek perumahan, kost, asrama, rusunawa dan tempat-tempat strategis lainnya. Anda bisa gunakan layanan antar jemput dan  kupon gratis untuk menarik pelanggan.

25. Usaha Rental Mobil

Untuk membuka usaha rental mobil sebetulnya Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Beberapa orang juga sering menggunakan cara ini. Bagaimana cara membuka usaha rental mobil dengan modal murah?

usaha rumahan


Anda bisa membeli mobil dengan sistem kredit. Setelah mobil didapat, Anda dapat langsung merentalkan mobil Anda. Selain rental, bisa juga dengan menyediakan space iklan yang berada di kaca belakang mobil. Tawarkan ke beberapa perusahaan. 

Logikanya begini..

Jika mobil hampir setiap hari dirental, maka iklan yang berada di kaca belakang mobil juga akan sering di lihat orang juga bukan? nah ini seperti simbiosis mutualisme. Anda mendapat uang dari perusahaan, perusahaan mendapat uang dari pembeli produk yang melihat iklan di mobil. Simpel kan? hehe

Jadi, kesimpulannya adalah Anda membeli mobil dengan cara kredit dan menyicil angusaran dengan pendapatan rental atau bisa juga jasa antar jemput sekolah dengan jasa iklan. 

Silahkan kalkulasi kira-kira dengan cara demikian Anda bisa untung berapa? hehe

26. Jasa Rental Motor

Di kota-kota besar seperti Bali yang merupakan kawasan wisata, membuka jasa rental motor adalah peluang usaha yang menjanjikan.

usaha rumahan


Anda bisa berinvestari beberapa motor yang bisa disewakan ke turis asing maupun domestik dengan harga bersaing. Karena jika mereka menyewa mobil, bisa jadi biaya yang dikeluarkan juga lebih besar, hehe

27. Usaha Rental Komputer/Fotocopy

Meski unit laptop/komputer sekarang ini harganya cukup murah, namun tidak semua orang memilikinya. Apalagi untuk saat ini tugas-tugas sekolah atau kampus juga harus dibuat dalam bentuk laporan word atau dicetak.

Ini adalah peluang usaha rumahan yang bagus. Anda bisa membuka usaha rental komputer (pengetikan) dan fotokopi.

usaha rumahan


Apalagi jika Anda memilih tempat strategis seperti area sekolah atau kampus. Pasti akan ramai !

Modal yang dibutuhkan antara lain : seperangkat komputer, printer, scanner, mesin fotokopi, dan peralatan pendukung lainnya serta ATK lengkap

Saya pastikan hanya dalam waktu 1 tahun, Anda sudah bisa balik modal jika memilih tempat yang strategis.

28. Usaha Angkringan/Kucingan

Usaha rumahan ini cocok bagi Anda yang suka nongkrong hingga larut malam dengan ditemani seduhan kopi dan gorengan. Dengan beralaskan tikar dan gerobak atau bahkan hanya meja kecil, Anda sudah bisa membuka usaha angkringan.

Tentu tempat adalah faktor penting dalam usaha angkringan/kucingan ini. Anda bisa memilih tempat strategis seperti keramaian untuk mendapatkan konsumen.

usaha rumahan


Modal yang dibutuhkan umumnya kecil, bisa disesuaikan dengan budget masing-masing.

Untuk barang jualan tidak harus menyetok sendiri, Anda bisa membeli kepada orang lain kemudian dijual lagi. Mudah kan?

Nah, untuk menarik pelanggan, perlu juga memfasilitasi pelanggan dengan wifi agar betah dan nambah makanan terus,hehe

29. Usaha Tambal Ban

Usaha tambal band memang dianggap remeh bagi sebagain orang. Namun tidak disangka penghasilan yang didapat bisa dikatakan lumayan lho.

Modal yang diperlukan adalah kompresor angin dan seperangkat alat tambal ban.

usaha rumahan


Selain usaha tambal ban, Anda bisa menambah produk jualan lainnya, misalnya jual ban luar, ban dalam, rantai dan peralatan lain yang mendukung usaha Anda. 

Syukur-syukur bisa menambah modal untuk membuka bengkel motor/mobil, hehe

Jenis ban sendiri dibagi menjadi dua, yaitu ban angin dan ban tubles. Untuk jasa tambal ban motor biasa untuk saat ini dipatok dengan harga Rp 10.000. Tentu untuk harga jasa tambal ban mobil beda dan lebih mahal.

Bayangkan jika sehari saja Anda bisa menambal 10 ban, sudah Rp 100.000 kan omzetnya?

Kesimpulan


Untuk memulai usaha rumahan dapat dilakukan dengan modal kecil. Anda bisa memilih satu diantara 29 contoh usaha rumahan di atas yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pada intinya setiap usaha membutuhkan action agar menghasilkan, karena tanpa action sebuah usaha hanyalah sebuah angan-angan belaka.

Pahami dulu karakter Anda, maka Anda akan menemukan passion bisnis yang cocok, sehingga menjalankan usaha dari hati dan tanpa adanya rasa paksaan.


Semoga ulasan mengenai 29 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam menentukan ide usaha sampingan.

Share jika bermanfaat ya...

Posting Komentar untuk "29 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar"