Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

14 Jenis Kartu Kredit BCA 2021 : Limit, Bunga, Biaya, dan Denda

Jenis kartu Kredit BCA tersedia berbagai macam pilihan sesuai kebutuhan nasabah. Namun, secara umum dibagi menjadi 6 jenis kartu utama, yaitu BCA Card, Visa, Mastercard, JCB, UnionPay, dan American Express. 

Dari masing-masing kartu tersebut dibagi lagi menjadi beberapa macam produk sesuai dengan limit kredit, bunga, biaya tahunan, biaya tarik tunai, denda, dan ketentuan lain dari masing-masing kartu kredit.

Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sengaja saya buat agar pembaca dapat membandingkan antara jenis kartu kredit BCA yang satu dengan lainnya. Tujuannya tidak lain untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda dalam membayar cicilan jika suatu saat nanti membeli barang dengan kartu kredit. 

Memang, banyak promo yang ditawarkan oleh bank BCA kepada pemegang kartu. Namun, sebaiknya tetap baca secara cermat syarat dan ketentuan yang ada agar tidak terjebak promo. Alih-alih ingin memanfaatkan promo, eh malah boncos, hehe.

Nah, berikut ini ulasan lengkap mengenai macam macam kartu kredit BCA berdasarkan limit, bunga, biaya dan dendanya !

Jenis Kartu Kredit BCA

Perlu Anda tahu bahwa dari 6 jenis kartu kredit utama ini dibagi lagi menjadi 14 jenis kartu kredit sesuai dengan kebutuhan nasabah. 

16 jenis kartu kredit BCA tersebut adalah BCA Everyday Card, BCA Card Platinum, BCA Smartcash, BCA Visa Batman, BCA Visa Black, BCA Visa Corporate, BCA Singapore Airlines KrisFlyer Signature, BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card, CA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite, BCA Mastercard Black, BCA Mastercard Platinum, BCA JCB Black, BCA UnionPay, dan BCA American Express.

Agar lebih jelas, silahkan simak ulasan jenis kartu kredit BCA dan limitnya berikut ini !

1. BCA Everyday Card

Kartu kredit BCA Everyday Card dengan tagline "Tiap hari belanja, tiap hari untung" ini menawarkan gratis iuran 1 tahun pertama khusus untuk pengajuan hingga 31 Desember 2021. Selain itu nasabah juga dapat mengubah transaksi menjadi cicilan dengan bunga yang sangat kompetitif dengan jangka waktu cicilan hingga 36 bulan dan berlaku untuk transaksi luar negeri.

BCA Everyday Card

Ubah transaksi menjadi cicilan ini dapat dilakukan melalui BCA Mobile, SMS Banking, Halo BCA, dan merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BCA.

2. BCA Card Platinum

Dengan memilih BCA Card Platinum, nasabah akan diberikan reward sepanjang tahun, serta cicilan dengan bunga ringan. Selain itu nasabah juga akan dibebaskan iuran 1 tahun pertama khusus untuk pengajuan hingga 31 Desember 2021.

BCA Card Platinum

Nikmati juga beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika memilih BCA Card Platinum, seperti :

  • Bayar 1 untuk makan 2 orang di restoran hotel bintang 5 di kota-kota tertentu
  • Bayar 1 untuk nonton 2 orang di The Premiere XXI setiap Sabtu di kota-kota tertentu
  • Gratis Upsize Starbucks
  • Gratis Starbucks di Bandara Indonesia
Beberapa keuntungan tersebut merupakan wujud dari tagline "Kartu istimewa untuk pribadi istimewa".

3. BCA SmartCash

Kartu kredit Smartcash BCA ditujukan bagi pebisnis yang membutuhkan suntikan dana. Hal ini sesuai dengan tagline yang disematkan oleh jenis kartu kredit ini, yaitu "Penuhi semua keperluan bisnis dengan praktis".

Tersedia fasilitas KTA (Kredit Tanpa Agunan), pemakaian dan pengembalian kredit fleksibel dengan bunga kompetitif yang dihitung harian, serta pembayaran tagihan bulanan minimal 10% dari total saldo tagihan baru setiap bulan.

BCA SmartCash

Yang menarik, transaksi menggunakan BCA Smartcash tidak ada biaya administrasi, provisi, maupun biaya tarik tunai. Enak tho?

4. BCA Visa Batman

Kartu kredit BCA dengan tagline "My Card My Hero" ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup modern dengan target market profesional/pengusaha muda.

BCA Visa Batman

Beberapa fasilitas yang diperoleh jika memiliki BCA Card Batman antara lain : 
  • Gratis biaya iuran 1 tahun pertama khusus pengajuan kartu kredit hingga 31 Desember 2021
  • Kartu dapat digunakan di seluruh jaringan Visa
  • Tersedia fasilitas cicilan dengan bunga ringan
  • Mendapat penawaran dan keistimewaan jika digunakan di merchant online maupun offline seperti bioskop, resto, fashion, online travel dan marketplace, dan di banyak merchant pilihan lainnya
  • Tersedia layanan bayar 1 untuk nonton 2 orang di XXI di kota-kota tertentu
  • Gratis upsize Starbucks

5. BCA Visa Black Signature

BCA Visa Black dengan tagline "Experience the ultimate privilege" ini ditujukan bagi nasabah yang memiliki pribadi istimewa mapan dengan mobilitas tinggi. Yang nasabah butuhkan bukan lagi kemudahan transaksi, tetapi juta kenyamanan dan keleluasaan dalam transaksi.

BCA Visa Black Signature

Beberapa keuntungan yang diperoleh pemegang kartu Visa Black Signature antara lain : 
  • Bebas iuran 1 tahun pertama khusus pengajuan hingga 31 Desember 2021
  • Kartu kredit dapat digunakan di seluruh jaringan Mastercard
  • Tersedia cicilan 0% di luar negeri
  • Gratis upsize starbucks
  • Tersedia promo gratis makan di hitel bintang 5 di kota-kota tertentu

6. BCA Visa Corporate

Sesuai dengan tagline nya, yaitu "Menunjang usaha dinamis secara praktis", kartu kredit BCA jenis ini ditujukan bagi corporate yang sedang menjalankan bisnis. 

Kartu kredit BCA Visa Corporate mempermudah urusan administrasi seperti detail laporan keuangan yang akan tampil sesuai tagihan kartu beserta summary report pemakaian bulanan perusahaan. 

Yang menarik, logo perusahaan akan dicetak secara eksklusif pada kartu kredit BCA VISA Corporate.

BCA Visa Corporate

Adapun keuntungan yang akan diperoleh nasbah, antara lain :

Bagi perusahaan :

  • Perusahaan dapat mengakses informasi limit dan transaksi dari kartu kredit BCA Visa Corporate, serta langsung dapat membayar tagihan melalui KlikBCA Bisnis. 
  • Perusahaan dapat menyesuaikan kredit limit secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Bagi Karyawan :

  • Mendapat promo spesial dari program promo yang disediakan oleh merchant-merchant yang terpilih
  • Pemegang kartu kredit BCA Corporate dianggap sebagai karyawan terpercaya, karena hanya karyawan-karyawan eksklusif yang bisa mendapatkan kartu ini.
  • Tersedia asuransi perjalanan dengan klaim asuransi hingga Rp 600.000.000 jika melakukan pembelian tiket perjalanan menggunakan kartu kredit BCA Visa Corporate
  • Kartu dapat digunakan di seluruh dunia di merchant dengan logo Visa
  • Kartu kredit didukung lebih dari 1.200 cabang BCA, 17.000 jaringan ATM BCA, dan lebih 400.000 merchant dengan 500.000 mesin EDC
  • Kartu kredit memiliki nilai tukar kompetitif jika Anda menggunakan kartu di luar negeri

7. BCA Singapore Airlines Krisflyer Visa Signature

Dengan memilih BCA Singapore Airlines Krisflyer Visa Signature, Anda akan mendapatkan bonus awal hingga 10.000 KrisFlyer miles dan bonus 3.000 miles KrisFlyer yang akan diberikan pada penagihan pertama Anda.

Sementara bonus tambahan sebesar 7.000 KrisFlyer miles akan diberikan saat pengeluaran nasabah mencapai Rp 3 juta dalam waktu 2 bulan sejak tanggal penerbitan kartu BCA Singapore Airlines Krisflyer Visa Signature. 

BCA Singapore Airlines Krisflyer Visa Signature

Selain bonus awal, nasabah juga akan mendapatkan bonus bulanan sebesar 2.000 miles KrisFlyer dengan minimal transaksi Rp 50 juta. Opsi lain, nasabah akan diberikan bonus 1.000 mil KrisFlyer dengan minimal tranasksi sebesar Rp 20 juta per siklus tagihan untuk pemegang Kartu BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite.

Selain itu nikmati juga beberapa keuntungan berikut ini :
  • Diskon makan malam hingga 50% di hotel bintang 5
  • Bayar 1 untuk nonton film 2 orang
  • Gratis Starbucks di Beberapa Bandara di Indonesia

8. BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card

BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card memberikan fasilitas real time online payment. Artinya jika melakukan pembayaran dengan kartu kredit ini, maka jumlah kredit limit akan langsung ditambah sejumlah yang dibayarkan, termasuk di hari libur sekalipun.

Sementara itu, Anda juga dapat melakukan tarik tunai di cabang BCA dan ATM di seluruh Indonesia dengan batas penarikan maksimal 40% dari limit kredit. Namun, perlu diingat bahwa penarikan akan dikenakan biaya admin dan bunga sesuai dengan tarif yang berlaku.

BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card


Selain itu pemegang kartu kredit juga akan mendapat beberapa keuntungan lainnya, seperti :
  • Pembayaran cicilan minimal 10% dari total tagihan (minimal Rp 50.000)
  • Didukung dengan jutaan merchant yang tersebar di seluruh Indonesia dan seluruh dunia
  • Terdapat bunga khusus

9. BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite

Ada beberapa benefit yang diberikan kepada pemegang BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite. Khusus bonus awal, nasabah akan mendapatkan 12.500 KrisFlyer miles. Selanjutnya, setelah penagihan pertama nasabah akan diberikan bonus sebesar 3.000 miles sebagai wujud apresiasi.

Setelah pembelanjaan mencapai Rp 5 juta dalam waktu 2 bulan, maka pemegang kartu akan diberikan bonus sebesar 9.500 KrisFlyer miles. Opsi lain, bonus akan diberikan jika pembelanjaan sudah mencapai Rp 3 juta dalam waktu 2 bulan sejak tanggal penerbitan kartu KrisFlyer Infinite BCA Singapore Airlines.

BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite

Sementara itu khusus untuk bonus bulanan juga memiliki ketentuan berbeda. Pemegang kartu akan diberikan bonus 2.000 miles KrisFlyer dengan minimal transaksi Rp 50 juta. Opsi lain, bonus 1.000 mil KrisFlyer akan diberikan jika minimal transaksi menyentuh angka Rp 20 juta.

Selain itu nikmati juga beberapa keuntungan berikut ini :
  • Diskon makan malam hingga 50% di hotel bintang 5
  • Bayar 1 untuk nonton film 2 orang
  • Gratis Starbucks di Beberapa Bandara di Indonesia

10. BCA Mastercard Black 

BCA Mastercard Black memiliki tagline "Experience the ultimate privilege". Kartu ini ditujukan bagi nasabah dengan mobilitas tinggi yang mendambakan kenyamanan dan  keleluasaan dalam bertransaksi.

BCA Mastercard Black

Dapatkan beberapa keuntungan dengan memilih BCA Mastercard Black : 
  • Gratis iuran 1 tahun pertama untuk pengajuan hingga 31 Desember 2021
  • Kartu Kredit dapat digunakan di seluruh jaringan mastercard
  • Tersedia fasilitas cicilan 0% di luar negeri
  • Gratis Starbucks
  • Gratis makan di hotel bintang 5 di beberapa kota di Indonesia

11. BCA Mastercard Platinum

Dengan tagline My Card My Lifestyle Partner, BCA Mastercard Platinum memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk memenuhi kebutuhan nasabah, khususnya profesional dan pengusaha muda.

BCA Mastercard Platinum

Beberapa fasilitas yang diperoleh jika memiliki BCA Mastercard Platinum antara lain : 
  • Gratis biaya iuran 1 tahun pertama khusus pengajuan kartu kredit hingga 31 Desember 2021
  • Kartu dapat digunakan di seluruh jaringan Visa
  • Tersedia fasilitas cicilan dengan bunga ringan
  • Mendapat penawaran dan keistimewaan jika digunakan di merchant online maupun offline seperti bioskop, resto, fashion, online travel dan marketplace, dan di banyak merchant pilihan lainnya
  • Tersedia layanan bayar 1 untuk nonton 2 orang di XXI di kota tertentu
  • Gratis upsize Starbucks

12. BCA JCB Black

Kartu kredit ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu :
  • Gratis iuran 1 Tahun Pertama untuk pengajuan hingga s/d 31 Desember 2021
  • Dengan minimal transaksi Rp 3 juta, dapatkan cicilan 0% up to 12 bulan untuk transaksi internasional
  • Competitive forex untuk mata uang Japan Yen, Singapore Dollar, & Korean Won
  • Reward BCA 0.2%, double reward untuk transaksi di negara Jepang, Korea Selatan dan Singapore
BCA JCB Black

13. BCA UnionPay

Dengan kartu kredit BCA Unionpay, dapatkan 5.000 poin BCA UnionPay dengan syarat akumulasi transaksi sebesar Rp 5 juta dalam 3 bulan sejak kartu terbit.

BCA UnionPay

Selain itu, setiap pemakaian minimal Rp 10.000, pemegang kartu akan mendapatkan 1 poin BCA Unionpay yang dapat ditukar menjadi bonus Airlines miles, dengan ketentuan :
  • 2 Point = 1 KrisFlyer miles
  • 1.5 Point = 1 GarudaMiles
  • 1 Point = 1 BIGpoint AirAsia
Dapatkan juga nilai tukar kompetitif untuk transaksi mata uang Singapore Dollar (SGD), Hong Kong Dollar (HKD), Chinese Yuan (CNH) & New Taiwan Dollar (NTD)

14. American Express

Beberapa keuntungan menggunakan kartu kredit BCA American Axpress antara lain :
  • Pemegang kartu American Express Platinum akan diberikan gratis penginapan dan makan.
  • Dapat digunakan untuk mengakses lebih dari 1.300 ruang tunggu bandara dari 10 negara dan terus bertambah.
  • Mendapat cashback hingga 100% untuk penukaran membership reward di merchant yang telah bekerjasama.
  • Nikmati kurs valuta asing yang kompetitif dan cicilan 0% hingga 24 bulan untuk transaksi di luar negeri dengan kartu kredit jenis Platinum
American Express

Keuntungan Kartu Kredit BCA

1. Tersedia Fasilitas Ubah Cicilan

Transaksi dapat diubah menjadi cicilan dengan bunga yang sangat kompetitif dengan jangka waktu cicilan hingga 36 bulan dan berlaku juga untuk transaksi luar negeri.

Ubah transaksi menjadi cicilan dapat dilakukan melalui :
  • Halo BCA 1500888
  • BCA Mobile
  • SMS dengan format cicilan kirim ke 69888
  • Merchant-merchant bertanda cicilan BCA

2. Mendapat Reward Point

Anda dapat menukarkan reward point di merchant bertanda reward BCA. Silahkan cek reward point melalui :
  • Menghubungi Halo BCA 1500888
  • SMS ke 69888 dengan format Ketik Reward(spasi)nomor Kartu Kredit BCA 
  • BCA Mobile
  • https://www.bca.co.id/rewardbca

3. Tersedia layanan Autopay BCA

Autopay BCA dapat merangkum semua tagihan bulanan secara rutin menjadi satu pembayaran dalam kartu kredit BRI. 

4. Tersedia Travel Service

Pemegang kartu akan mendapatkan layanan paket perjalanan, tiket perjalanan, pengurusan paspor dan visa.

5. Tersedia Asuransi Kecelakaan Perjalanan Otomatis

Pemegang kartu kredit BCA akan mendapatkan asuransi kecelakaan beserta 1 orang istri/suami dan anak kandung dengan jumlah maksimal 3 orang.

6. Contactless

Tersedia layanan Contactless yang dapat digunakan pada mesin EDC berlogo contactless khusus untuk jenis kartu kredit BCA Visa Batman, BCA Visa Black Signature, BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature, dan BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature.

Limit Kartu Kredit BCA

Setiap jenis kartu kredit BCA memiliki limit berbeda-beda. Sebagai perbandingan, berikut ini adalah tabel limit kartu kredit BCA dari 14 jenis kartu yang tersedia.

Jenis Kartu KreditLimit
BCA Everyday Card Rp 3 juta
BCA Card Platinum Rp 20 juta
BCA Smartcash Rp 100 juta
BCA Visa Batman Rp 3 juta
BCA Visa Black Rp 20 juta
BCA Visa Corporate Rp 100 juta
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Signature Rp 20 juta
 BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card Rp 49 juta
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite Card Rp 30 juta
BCA Mastercard Black Rp 20 juta
BCA Mastercard Platinum Rp 20 juta
BCA JCB Black - 
BCA UnionPay
 - 
BCA American Express -

Biaya Tahunan Kartu Kredit BCA

Sebagai gambaran, berikut ini adalah biaya iuran tahunan kartu kredit BCA.

Jenis Kartu KreditLimit Kartu UtamaLimit Kartu Tambahan
BCA Everyday Card Rp 125.000 Rp 100.000
BCA Card Platinum Rp 250.000 Rp 175.000
BCA Smartcash Rp 250.000 - Rp 500.000 - 
BCA Visa Batman Rp 125.000 Rp 100.000
BCA Visa Black Rp 450.000 Rp 250.000
BCA Visa Corporate Rp 250.000               - 
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Signature Rp 500.000 - 
BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card Rp 1.000.000               - 
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite Card Rp 750.000               - 
BCA Mastercard Black Rp 450.000 Rp 250.000
BCA Mastercard Platinum Rp 125.000 Rp 100.000
BCA JCB Black Rp 450.000 Rp 250.000
BCA UnionPay Rp 125.000 Rp 100.000
BCA American Express Rp 12.000.000              - 

Bunga Kartu Kredit BCA

Berikut ini adalah bunga cicilan kartu kredit BCA untuk tarik tunai maupun belanja yang perlu Anda ketahui.

Jenis Kartu KreditBunga Tarik TunaiBunga Belanja
BCA Everyday Card 1,75%     1,75%
BCA Card Platinum         1,75%     1,75%
BCA Smartcash         1,75%     1,75%
BCA Visa Batman         1,75%     1,75%
BCA Visa Black         1,75%    1,75%
BCA Visa Corporate         1,75%    1,75%
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Signature --
BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card --
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite Card --
BCA Mastercard Black        1,75%   1,75%
BCA Mastercard Platinum        1,75%   1,75%
BCA JCB Black        1,75%   1,75%
BCA UnionPay        1,75%   1,75%
BCA American Express--

NB: Suku bunga berlaku sejak 1 Juli 2021

Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Bagi yang memiliki pertanyaan tarik tunai kartu kredit bca kena biaya berapa, silahkan simak tabel berikut ini !

Jenis Kartu KreditDomestikLuar Negeri
BCA Everyday Card3%          -
BCA Card Platinum3%           -
BCA Smartcash              3%           -
BCA Visa Batman4% atau min Rp 40.000        4% atau min Rp 40.000
BCA Visa Black 4% atau min Rp 40.000 4% atau min Rp 40.000          
BCA Visa Corporate4% atau min Rp 40.000        4% atau min Rp 40.000
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Signature4% atau min Rp 40.000     4% atau min Rp 40.000     
BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card4% atau min Rp 40.0004% atau min Rp 40.000
BCA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite Card4% atau min Rp 40.0004% atau min Rp 40.000
BCA Mastercard Black4% atau min Rp 40.0004% atau min Rp 40.000
BCA Mastercard Platinum4% atau min Rp 40.000        4% atau min Rp 40.000
BCA JCB Black4% atau min Rp 40.000          4% atau min Rp 40.000  
BCA UnionPay4% atau min Rp 40.000 4% atau min Rp 40.000 
BCA American Express--

Denda Keterlambatan Kartu Kredit BCA

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari bca.co.id, biaya denda keterlambatan pembayaran kartu kredit BCA adalah 1% dari total tagihan atau maksimal Rp 100.000. Khusus untuk kartu American Express denda keterlambatan berubah menjadi sebesar 1,75% dari sisa tagihan di tahun ini. 

NB : Biaya ini berlaku di tahun 2021

Tanya Jawab

Apa saja jenis kartu kredit BCA?

Secara umum ada 6 jenis kartu kredit BCA, yaitu BCA Card, Visa, Mastercard, JCB, UnionPay, dan American Express. 

Namun dibagi lagi menjadi 14 jenis, diantaranya adalah  BCA Everyday Card, BCA Card Platinum, BCA Smartcash, BCA Visa Batman, BCA Visa Black, BCA Visa Corporate, BCA Singapore Airlines KrisFlyer Signature, BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite Card, CA Singapore Airlines KrisFlyer Infinite, BCA Mastercard Black, BCA Mastercard Platinum, BCA JCB Black, BCA UnionPay, dan BCA American Express.

Berapa limit kartu kredit BCA?

Limit kartu kredit BCA berbeda-beda. Silahkan cek tabel limit kartu kredit pada artikel di atas.

Apakah BCA termasuk visa?

Benar sekali. BCA bekerjasama dengan Visa/Mastercard dalam menentukan kebijakan dan fasilitas yang ada di dalamnya.

Apa yang dimaksud dengan limit kartu kredit?

Limit kartu kredit adalah batas maksimal nominal yang diberikan bank kepada nasabah dalam menggunakan kartu kredit dalam waktu 1 bulan.

Apakah limit kartu kredit bisa dihabiskan?

Sebaiknya limit kartu kredit disisakan 25-30% dari limit kredit per bulannya. 

Kesimpulan

Dari penjelasan 14 jenis kartu kredit BCA di atas, semoga sekarang Anda sudah paham apa saja perbedaan jenis kartu kredit BCA. Selanjutnya silahkan tentukan kartu kredit apa yang cocok untuk Anda sesuai dengan kebutuhan.

Demikian informasi mengenai jenis jenis kartu kredit BCA 2021, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "14 Jenis Kartu Kredit BCA 2021 : Limit, Bunga, Biaya, dan Denda"