Widget HTML Atas

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI  - Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah kartu kredit bisa tarik tunai? Jawabannya adalah bisa. Kartu kredit bisa digunakan untuk tarik tunai melalui ATM  berlogo visa atau mastercard, termasuk kartu kredit BRI. 

Cara tarik tunai kartu kredit BRI di ATM sama persis seperti Anda menggunakan kartu debit. Hanya saja dana yang dapat diambil terbatas, yaitu kurang lebih hingga 60% saja dari limit kartu kredit. Selain itu setiap tarik tunai juga akan dikenakan biaya admin sebesar 4% dari nominal yang diambil dan dan tentunya terdapat bunga yang besarnya sama seperti bunga ritel yang nantinya akan dihitung secara harian. 

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM

Bagaimana cara cek tagihan kartu kredit BRI? Saya sendiri biasanya mendapat lembar tagihan melalui email setiap bulannya. Anda juga dapat menggunakan cara ini agar lebih mudah dan praktis.

Kembali ke topik...

Nah, ngomong-ngomong bagaimana cara tarik tunai kartu kredit BRI di ATM? Langsung saja berikut ini adalah panduan lengkapnya.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM

Jika Anda belum pernah tarik tunai menggunakan kartu kredit, silahkan ikuti panduan berikut ini :
  • Kunjungi mesin ATM yang berlogo Visa/Mastercard
  • Masukkan kartu kredit ke mesin ATM
  • Masukkan PIN kartu kredit (Jika belum aktivasi silahkan ikuti panduan cara aktivasi PIN Kartu Kredit BRI)
  • Pilih bahasa (bahasa Indonesia/bahasa inggris)
  • Pilih nominal yang akan ditarik. Jika menginginkan nominal dalam jumlah lain, maka pilih menu "Lainnya"
  • Pilih menu Penarikan
  • Selanjutnya pilih "Kartu Kredit"
  • Cetak struk jika diinginkan
  • Ambil uang di mesin ATM
  • Jika tidak ingin menginginkan transaksi lagi, klik tidak
  • Maka kartu kredit akan keluar

Ketentuan Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya cicilan yang terlalu tinggi, ada baiknya pahami dulu berapa biaya tiap tarik tunai, bunga serta limit tarik tunai kartu kredit BRI.

1. Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit BRI

Sudah disinggung di atas bahwa setiap melakukan tarik tunai, nasabah akan dikenakan biaya admin sebesar 4% dari nominal tarik tunai atau minimal Rp 60.000/transaksi.

2. Bunga Tarik Tunai Kartu Kredit BRI

Bunga tarik tunai kartu kredit BRI sama seperti bunga ritel dan dihitung secara harian.
Berdasarkan peraturan bank Indonesia pada tahun 2012, bunga maksimal kartu kredit BRI adalah 3% dengan rincian :
  • Bunga belanja sebesar 2,95% (jika pembayaran cicilan menggunakan minimum payment)
  • Bunga tarik tunai sebesar Rp 2,95%
  • Denda keterlambatan maksimal 3% maksimal Rp 180.000
Data tersebut bisa berubah setiap tahunnya

3. Limit Tarik Tunai

Limit tarik tunai kartu kredit BRI terbatas hingga 60% dari total limit yang ada. Jika maksimal limit kartu kredit Anda sebesar Rp 10.000.000, maka total tarik tunai yang bisa diambil Rp 6.000.000

4. Maksimal Tarik Tunai Mesin ATM

Beberapa mesin ATM memiliki batas tarik tunai tertentu setiap penarikan. Misalnya maksimal tarik tunai Rp 2.500.000. Jadi, jika Anda menginginkan tarik tunai sebesar Rp 5.000.000, maka dapat dilakukan 2 kali. Akibatnya Anda akan dikenakan 2 kali biaya admin.

5. Pastikan Kartu Kredit Sudah Aktif

Sebelum digunakan, silahkan cek kartu kredit BRI akif atau belum. Lebih mudahnya silahkan hubungi call center BRI melalui 14017 atau 1500017.

6. Pastikan Kartu Kredit sudah dibuatkan PIN

Ketika kartu kredit baru saja dikirim ke rumah, artinya kartu kredit belum memiliki PIN. Untuk itu, silahkan buat pin terlebih dahulu dengan cara kirim SMS ke 3300 dengan format :
  • PIN(spasi)KK(spasi)6 Digit Pertama Nomor Kartu Kredit BRI Anda#4 Digit Terakhir Nomor Kartu Kredit BRI Anda#Tanggal Lahir (ddmmyyyy)
  • Contohnya adalah PIN KK 416826#1234#02011990

Kesimpulan

Cara tarik  tunai kartu kredit BRI sebenarnya sama persis ketika Anda mengambil uang di ATM menggunakan kartu debit. Hanya saja, jika kartu debit berarti Anda mengambil uang milik sendiri, maka kartu kredit adalah Anda mengambil uang yang kemudian harus dibayarkan di kemudian hari dengan sistem cicilan.

Besarnya cicilan tersebut tergantung dari nominal tarik tunai, biaya admin, dan suku bunga. Disarankan penarikan kartu kredit digunakan seminimal mungkin karena bisa dikatakan itu adalah kartu "hutang". Tapi itu semua kembali lagi kepada masing-masing individu karena memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Demikian informasi singkat mengenai cara tarik tunai kartu kredit BRI, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM"