Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pinjaman KUR Mandiri 2024 : Syarat & Tabel Pinjaman Lengkap

Pinjaman KUR Mandiri 2024 - Ada banyak jenis pinjaman bank Mandiri yang dapat diajukan oleh calon debitur, salah satunya adalah KUR Mandiri. Namun, banyak yang bertanya kapan sebenarnya pinjaman KUR Mandiri di tahun 2024 ini dibuka. Apalagi dana KUR sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM guna mendukung pengembangan usaha miliknya. 

Nah, berdasarkan informasi yang dihimpun dari Pikiran Rakyat melalui Bank Mandiri KCP Amir Pattinama, Godean, Sleman, DIY, KUR Mandiri 2024 rencananya akan dibuka pada bulan Januari ini atau setidaknya hingga Februari mendatang.

Bocorannya, Bank Mandiri di tahun 2024 ini menyiapkan dana segar sebesar Rp 48 triliun untuk disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk KUR. Menariknya lagi calon debitur dapat mengajukan pinjaman hingga Rp 500 juta dengan tenor 5 tahun. Bunga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, yakni 0,27% per bulan atau 6% efektif per tahun.

Pertanyaannya adalah apakah pengajuan KUR Bank Mandiri perlu melampirkan agunan? Jawabannya adalah tergantung dari plafon yang diajukan. Untuk KUR dengan plafon maksimal Rp 100 juta, debitur tidak wajib melampirkan agunan seperti BPKB atau pun SHM. Sementara itu, untuk pinjaman KUR dengan plafon di atas Rp 100 juta maka wajib melampirkan agunan sesuai dengan ketentuan bank.

Jenis KUR Mandiri 2024

Secara umum ada 5 jenis KUR Mandiri yang dapat diajukan oleh calon debitur sesuai kebutuhan, yaitu KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Penempatan TKI, dan KUR Khusus. Namun, disini saya hanya akan membahas 3 jenis KUR saja yang umum diajukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu KUR Super Mikro, Mikro, dan KUR Kecil.

Pertanyaannya adalah apakah targetnya hanya pelaku usaha saja? tentu tidak, Anda yang berprofesi sebagai nelayan, petani, atau pun pedagang boleh mengajukan pinjaman KUR Mandiri.

KUR Super Mikro

Sesuai namanya, KUR Mikro memiliki plafon pinjaman maksimal Rp 10 juta per debitur dengan tenor maksimal 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja, dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi.

KUR Mikro

KUR Mikro memiliki plafon yang lebih besar dibandingkan dengan KUR Supermikro. Plafon yang ditawarkan mulai dari  Rp 10 juta hingga Rp 50 juta per debitur. Tenornya juga sama, yaitu maksimal 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja, dam 5 tahun untuk Kredit Investasi.

KUR Kecil

Meskipun namanya KUR Kecil, nyatanya KUR Mandiri jenis ini memiliki plafon yang lumayan besar, yaitu mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta. Tenornya maksimal 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja, dan 5 tahun untuk Kredit Investasi.

Syarat Pinjaman KUR Mandiri

Secara umum syarat pengajuan KUR Mandiri untuk ketiga jenis KUR di atas hampir sama. Yang membedakan adalah apakah debitur perlu melampirkan agunan atau tidak. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, penambahan dokumen agunan disesuaikan dengan plafon pinjaman yang diambil.

 Nah berikut ini adalah persyaratan KUR Mandiri 2024 !

  1. Calon debitur benar-benar memiliki usaha
  2. Melampirkan fotokopi KTP milik sendiri dan pasangan
  3. Melampirkan fotokopi kartu keluarga
  4. Melampirkan fotokopi buku nikah/cerai
  5. Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)
  6. Melampirkan NPWP untuk pinjaman di atas Rp 50 juta
  7. Melampirkan pas foto ukuran 4x6 milik sendiri dan pasangan
  8. Melampirkan agunan/jaminan, misalnya SHM atau BPKB (sesuai plafon/ketentuan bank)

Cara Pengajuan KUR Mandiri

Sama seperti KUR dari bank lain, Anda dapat mengajukan pinjaman KUR Mandiri secara online melalui laman resmi bankmandiri.co.id (pantau terus website nya), atau langsung datang ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk konsultasi lebih lanjut. Atau bisa juga menghubungi call center Mandiri di nomor 14000.

Tabel KUR Mandiri 2024

Sebagai gambaran umum berikut ini adalah simulasi KUR Mandiri tahun 2024 !

PlafonTenorCicilan
 Rp 10 juta 3 tahun Rp 300 ribuan/bulan
 Rp 50 juta 3 tahun Rp 1,5 juta/bulan
 Rp 100 juta 5 tahun Rp 1,9 juta/bulan
 Rp 500 juta 5 tahun Rp 9,6 juta/bulan

Versi detailnya adalah sebagai berikut :

Tabel KUR Mandiri 2024 Plafon Rp 5 Juta - Rp 500 JutaTabel KUR Mandiri 2024

Tanya Jawab

KUR Mandiri 2024 kapan dibuka?

Tunggu hingga Febuari mendatang.

Berapa lama proses pencairan KUR Bank Mandiri?

Setelah dilakukan survey, pencairan dana KUR membutuhkan waktu 7-14 hari kerja.

Berapa bunga dana KUR di Bank Mandiri?

6% per tahun.

Berapa minimal pinjaman KUR Mandiri?

Rp 5 juta.

Pengajuan KUR Mandiri dimana?

Di kantor cabang Mandiri terdekat.

Pinjaman KUR Mandiri Apakah ada potongan?

Iya, potongan yang dimaksud adalah potongan angsuran sebanyak 2 kali.

Kesimpulan

Pada dasarnya kapan dibukanya KUR Mandiri 2024 belum ada informasi resmi, namun bocorannya adalah Februari mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya ada beberapa jenis KUR Mandiri yang disesuaikan dengan plafon pinjaman.

Calon debitur dapat mengajukan KUR Mandiri Supermikro dengan plafon Rp juta, KUR Mikro Rp 10 juta - Rp 50 juta, dan KUR Kecil dengan plafon hingga Rp 500 juta. 

Sebagai tambahan informasi, di luar ketiga jenis KUR tersebut masih ada jenis KUR Mandiri lainnya, yaitu KUR TKI dan KUR Khusus yang memang sengaja tidak saya bahas karena jarang yang menggunakan jenis KUR ini.

Demikian informasi mengenai Pinjaman KUR Mandiri 2024, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pinjaman KUR Mandiri 2024 : Syarat & Tabel Pinjaman Lengkap"