Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Internet Banking BRI Tidak Bisa Login, Ini Masalah dan Solusinya !

Internet banking BRI Tidak Bisa Login - Ada beberapa alasan mengapa nasabah tidak bisa login di halaman website internet banking BRI maupun aplikasi BRIMO. Diantaranya adalah karena salah memasukkan password lebih dari tiga kali hingga akun terblokir. Namun, ada beberapa alasan lain mengapa nasabah tidak bisa login. Masalah tersebut akan kita bahas dan sekaligus saya berikan solusinya.

Internet banking BRI Tidak Bisa Login

Agar bisa login di akun internet banking, nasabah wajib memiliki User ID dan password yang dibuat saat aktivasi internet banking. Perlu diketahui bahwa saat pendaftaran akun internet banking di kantor BRI, nasabah hanya diberi user id acak dan password secara default oleh Customer Service. Selanjutnya nasabah dapat melakukan aktivasi sendiri atau pun dibantu oleh petugas untuk pengaktifannya.

Yang perlu diperhatikan adalah nomor HP nasabah sudah harus terdaftar di BRI agar bisa mendapatkan mToken. Jika belum aktivasi mToken, maka nasabah juga belum bisa login ke akun BRIMO. Jadi, internet banking BRI dan BRIMO memang saling terikat karena untuk login BRIMO juga menggunakan user ID dan password internet banking BRI.

Internet Banking BRI Terblokir

Kasus yang paling sering terjadi adalah karena nasabah lupa user ID internet banking BRI atau pun password nya. Jika memang lupa user id, satu-satunya cara adalah dengan menanyakan langsung ke kantor BRI terdekat dengan membawa KTP, Buku Tabungan, dan kartu ATM. Alternatif lain bisa menghubungi call center BRI yang siap menerima keluhan nasabah selama 24 jam.

Namun, jika yang terjadi adalah lupa password dan akun terblokir, maka nasabah dapat mengatasi masalah ini secara mandiri.

Cara mengaktifkan kembali internet banking BRI yang terblokir itu sangat mudah, yaitu dengan cara reset password melalui halaman https://ib.bri.co.id/ib-bri/. Syaratnya adalah nasabah masih mengingat email untuk verifikasi beserta nomor HP yang telah terdaftar di BRI. Jangan lupa pastikan nomor HP memiliki pulsa yang cukup untuk verifikasi.

Cara buka blokir internet banking BRI :

  1. Buka halaman https://ib.bri.co.id/ib-bri/
  2. Klik "Lupa Password Anda?" (gambar no. 1)
  3. Pada syarat dan ketentuan, klik "Kirim" (gambar no. 2)
  4. Masukkan nomor kartu ATM, User ID, Alamat email, dan kode validasi yang tertera di kotak (gambar no. 3)
  5. Klik "Kirim" (gambar no. 4)
  6. Email terkirim, dan cek kotak masuk Email Anda (gambar no. 5)
  7. Klik tautan yang ada di dalam kota masuk (gambar no. 6)
  8. Buat password baru (gambar no. 7)
  9. Klik "Permintaan mToken"
  10. Masukkan kode mToken
  11. Klik "Kirim
  12. Reset Password berhasil

Internet Banking BRI Terblokir

Brimo Tidak Bisa Login Karena Belum Aktivasi mToken

Sehari yang lalu kakak saya baru saja membuka tabungan BRITAMA. Saya pikir akun internet banking BRI dan BRIMO sudah aktif dan langsung bisa digunakan. Nyatanya dari BRI hanya memberikan secarik kertas berisi user ID beserta password default beserta panduannya.

Tidak pakai lama saya pun langsung membantu mengaktifkan akun internet banking dan mencoba login ke aplikasi BRIMO dengan user ID dan password yang telah saya perbaharui. Dan ternyata saya tidak bisa login BRIMO dengan keterangan "Anda belum bisa menggunakan aplikasi ini, silahkan hubungi kantor BRI terdekat atau Call Center BRI" (intinya begitu, detailnya lupa hehe).

Saya pun ingat, ternyata setelah aktivasi internet banking, belum aktivasi mToken. Tidak pakai lama akhirnya saya melakukan aktivasi mToken dan setelah coba login aplikasi BRIMO berhasil masuk.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa kakak saya tidak bisa login aplikasi BRIMO karena belum aktivasi mToken BRI.

Lebih jelasnya silahkan baca : Cara Aktivasi mToken BRI

Muncul Kode Error 114

Jika nasabah tidak bisa login dengan kode error 114 - Transaksi Anda tidak dapat diproses. Silakan mencoba kembali beberapa saat lagi", artinya terjadi gangguan jaringan pada operator seluler yang Anda pakai (koneksi internet lambat). Solusinya adalah tunggu hingga koneksi internet kembali stabil atau gunakan koneksi lain.

Muncul Kode Error  BBR00QC, ISO000Q4, ISO000Q1, ISO0003, BBR2002

Jika muncul kode Error BBR00QC, ISO000Q4, ISO000Q1, ISO0003, BBR2002 artinya telah terjadi gangguan pada server internet banking BRI. Anda tidak perlu khawatir karena setelah dicoba beberapa saat kemudian bisa digunakan kembali

Muncul Kode Error BBR2004 (Internet Banking BRI/BRIMO Belum Logout)

Perlu diperhatikan bahwa saat login ke akun internet banking BRI/BRIMO tidak boleh secara bersamaan. Hal ini akan mengakibatkan muncul kode BBR2004. Lakukan logout di salah satu akun atau device jika ingin login.

Muncul Kode 109 

Jika muncul kode error tersebut, artinya smartphone Anda belum menggunakan Android versi terbaru (minimal versi 10). Selain karena masalah versi android, kode error 109 juga muncul karena jaringan internet/server dari BRI mengalami gangguan.

Kesimpulan

Ada banyak alasan yang menyebabkan nasabah tidak bisa login internet banking BRI. Diantaranya adalah karena lupa password sehingga akun terblokir, lupa user id, masalah jaringan internet, hingga masalah dari server internet banking BRI sendiri.

Jika Anda tidak bisa login, segera cek satu persatu apa yang menjadi penyebabnya dengan melihat penjelasan diatas.

Demikian informasi mengenai solusi internet banking BRI tidak bisa login, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Internet Banking BRI Tidak Bisa Login, Ini Masalah dan Solusinya !"