Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Cara Mengaktifkan Rekening BRI yang Sudah Tidak Aktif

Cara mengaktifkan rekening BRI yang sudah tidak aktif bisa dibilang sangat mudah dan hanya perlu menyetorkan uang minimal Rp 100.000 untuk pengaktifan ulang. 

Agar dapat diaktifkan kembali, pastikan status rekening BRI Anda adalah dormant (pasif). Jika statusnya close, artinya Anda harus membuat rekening baru lagi dengan syarat seperti awal pembuatan rekening.

Dormant (pasif) artinya saldo rekening di bawah saldo minimum (Rp 50.000) dan dalam kurun waktu tertentu, misalnya lebih dari 1 tahun tidak ada transaksi di dalam rekening, kecuali transaksi otomatis oleh sistem.  Jika berstatus dormant, Anda tidak bisa menerima transfer maupun setoran tunai.

Status rekening close artinya rekening dinoanaktifkan oleh bank karena saldo rekening di bawah saldo minimum dan telah melewati masa dormant (Simpedes = 366 hari, BRITAMA = 452 hari).  

Cara Mengaktifkan Rekening BRI yang Sudah Tidak Aktif

Untuk mengetahui status rekening BRI, silahkan baca cara mengetahui rekening BRI masih aktif atau tidak

Nah, pada artikel ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengaktifkan rekening BRI yang sudah tidak aktif dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara Mengaktifkan Rekening BRI yang Sudah Tidak Aktif

Setelah mengetahui status rekening BRI apakah berstatus dormant (pasif) atau close, silahkan pergi ke kantor cabang terdekat dengan membawa persyaratan seperti KTP, Buku Tabungan, Kartu ATM, dan uang setoran minimal Rp 100.000 sebagai biaya untuk mengaktifkan kembali rekening BRI.

Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI

  1. Pastikan rekening BRI berstatus dormant
  2. Ambil nomor antrian untuk bertemu dengan Customer Service
  3. Jika nomor antrian sudah dipanggil, segera sampaikan kepada Customer Service bahwa rekening BRI milik Anda berstatus dormant dan ingin diaktifkan kembali
  4. Customer Service akan meminta KTP, buku rekening, beserta ATM untuk mencocokkan data
  5. Customer Service akan mengecek terlebih dahulu status rekening
  6. Jika status rekening adalah dormant, Customer Service akan membantu mengaktifkan kembali rekening dengan syarat nasabah melakukan setoran minimal Rp 100.000
  7. Jika Anda setuju, Customer Service akan mengaktifkan kembali rekening Anda
  8. Serahkan uang setoran dan Customer service memproses permintaan Anda
  9. Customer Service akan mengembalikan KTP, buku tabungan, dan kartu ATM Anda
  10. Selesai

Cara Mengaktifkan Rekening BRI yang Sudah Mati (Status Close)

Cara ini berlaku untuk semua jenis rekening BRI, baik BRITAMA, Simpedes, Junio maupun jenis tabungan BRI lainnya. Jadi, pada intinya jika status rekening close, maka nasabah tidak bisa mengaktifkan lagi dan harus membuat rekening baru.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa KTP, Buku Tabungan, dan kartu ATM, serta setoran awal yang nilainya sesuai dengan jenis tabungan yang akan dibuka.
  2. Ambil antrian untuk bertemu dengan CS
  3. Jika nomor antrian sudah dipanggil, segera minta tolong kepada CS untuk mengecek status rekening apakah dormant atau close.
  4. CS akan meminta persyaratan seperti yang sudah dijelaskan di atas
  5. Jika setelah dicek ternyata status Close, maka CS akan merekomendasikan kepada Anda untuk membuka rekening BRI baru
  6. Jika setuju, CS akan memberikan tawaran beberapa produk tabungan beserta syarat dan ketentuannya, seperti BRITAMA dan Simpedes
  7. Silahkan tentukan jenis tabungan
  8. Isi formulir yang diberikan oleh CS
  9. CS akan meminta setoran awal sesuai jenis tabungan yang dipilih
  10. Jika pembukaan rekening sudah diproses, jangan lupa untuk mengaktifkan layanan BRIMO untuk memudahkan transaksi

Tips Agar Rekening BRI Tidak Mati/Dormant

Agar rekening tidak berstatus dormant atau bahkan mati, berikut ini ada beberapa tips dari saya :
  1. Pastikan saldo yang mengendap setiap bulannya lebih dari saldo minimum (lebih dari Rp 50.000) agar cukup untuk membayar biaya administrasi bulanan
  2. Gunakan rekening BRI sebagai pembayaran tagihan bulanan, misalnya membayar tagihan Indihome, PDAM, pinjaman, dan lain sebagainya agar setiap bulan terdapat transaksi.
  3. Gunakan rekening BRI sebagai tempat untuk menyimpan uang Anda
  4. Pastikan saldo rekening BRI Anda tidak benar-benar kosong sehingga mengakibatkan rekening close atau dinonaktifkan oleh pihak bank

Kesimpulan

Jadi, pada intinya jangan sampai saldo yang mengendap di rekening BRI nilainya di bawah Rp 50.000 atau bahkan nol rupiah sehingga rekening tersebut dibekukan bahkan dinonaktifkan oleh pihak bank.

Dalam jangka waktu pendek mungkin status rekening aman-aman saja dan masih aktif, namun jika dalam kurun waktu yang sangat lama bisa dipastikan rekening berubah status menjadi Close (nonaktif)

Demikian informasi singkat mengenai bagaimana cara mengaktifkan rekening BRI yang sudah tidak aktif, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengaktifkan Rekening BRI yang Sudah Tidak Aktif "