Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Cek Rekening BRI Aktif Atau Tidak di Tahun 2021

Nasabah BRI mungkin ada yang belum paham bagaimana sih cara cek rekening BRI aktif atau tidak? Apalagi sudah lama tidak digunakan, bisa jadi rekening sudah dinonaktifkan oleh pihak bank karena memang tidak ada saldo mengendap yang cukup untuk membayar biaya administrasi bulanan.

Cara mengecek rekening BRI masih aktif atau tidak sebenarnya sangat mudah. Ada 5 cara yang dapat dilakukan oleh nasabah, yaitu cek di mesin ATM, menghubungi Call Center BRI, cek di agen BRILink, cek lewat e-Wallet atau datang langsung ke kantor cabang BRI untuk mengetahui apakah rekening BRI masih aktif atau tidak.

Cara Cek Rekening BRI Aktif Atau Tidak 

Perlu diketahui bahwa ada 2 jenis status rekening BRI jika sudah lama tidak digunakan, yaitu pasif dan non aktif. 

Rekening berstatus pasif (dormant) artinya rekening sudah lama tidak digunakan namun masih memiliki cukup saldo untuk membayar biaya administrasi bulanan yang dipotong secara otomatis oleh bank. 

Sedangkan rekening berstatus non aktif artinya rekening sudah lama tidak digunakan dan tidak memiliki saldo yang cukup untuk membayar biaya administrasi bulanan. Akibatnya rekening akan dinonaktifkan oleh bank karena sudah melebihi batas aktif rekening BRI.

Sebagai contoh, jika Anda adalah pemegang kartu ATM BRITAMA, maka status rekening akan menjadi pasif setelah selama 541 hari tidak digunakan. Selanjutnya di hari berikutnya atau tepatnya setelah 542 hari, maka rekening benar-benar dinonaktifkan oleh pihak BRI.

Lebih lengkap mengenai masa aktif rekening BRI akan saja jabarkan di bawah.

Nah, jika kebetulan Anda memiliki rekening BRI yang sudah lama tidak ada transaksi, silahkan cek rekening BRI aktif atau tidak dengan cara berikut ini !

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Lewat ATM

Meskipun masa aktif yang tertera di kartu ATM masih panjang, namun sudah lama tidak ada transaksi, dan bahkan saldo kurang dari Rp 50 ribu sejak transaksi terakhir, sebaiknya cek apakah rekening BRI milik Anda masih aktif atau tidak. Takutnya status rekening dibebukan oleh pihak bank.

Caranya adalah dengan melakukan cek saldo atau mencoba transfer.

Kurang lebih berikut ini adalah langkah-langkah pengecekannya :

  1. Pergi ke ATM BRI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM dan PIN
  3. Lakukan cek saldo atau transfer
  4. Untuk cek saldo pilih "Menu Lainnya"
  5. Pilih Informasi Saldo 
  6. Jika muncul keterangan proses gagal atau transaksi ditolak, artinya rekening BRI sudah tidak aktif
Agar lebih yakin, silahkan cek 5 transaksi terakhir dengan melihat mutasi rekening BRI di mesin ATM. Jika gagal, artinya rekening benar-benar dibekukan oleh BRI.

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Lewat Call Center

Syaratnya tentu saya Anda memiliki cukup pulsa untuk menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 atau 1500017.

Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Hubungi call center BRI melalui nomor 14017 atau 1500017
  2. Tekan 1 untuk memilih bahasa Indonesia
  3. Ikuti instruksi untuk berbicara dengan Customer Service BRI
  4. Jika sudah terhubung sampaikan jika Anda ingin cek nomor rekening bri masih aktif atau tidak
  5. Customer Service akan meminta Anda untuk menyebutkan nomor rekening/nomor kartu ATM
  6. Customer Service akan mengecek status rekening Anda
  7. Selesai

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Lewat Kantor Cabang

Jika Anda termasuk orang yang maunya ngurus ini itu langsung di kantor BRI, cara ini adalah cara yang tepat. Jangan lupa membawa KTP, Buku Tabungan, serta kartu ATM BRI untuk melakukan pengecekan apakah rekening BRI masih aktif atau tidak. 

Jika ternyata status rekening sudah non aktif atau dibekukan, Anda juga langsung bisa mengaktifkannya lagi di kantor cabang. Enak kan?

Berikut ini adalah panduan bagaimana cara mengecek no rekening bri masih aktif atau tidak melalui kantor cabang BRI terdekat :
  1. Ambil nomor antrian untuk bertemu dengan Customer Service
  2. Setelah nomor antrian dipanggil segera sampaikan jika Anda ingin mengecek status rekening masih aktif atau tidak karena sudah tidak digunakan cukup lama 
  3. Customer Service akan meminta persyaratan dokumen berupa KTP, Buku Tabungan, dan kartu ATM BRI sebagai kepemilikan rekening
  4. Customer Service akan melakukan pengecekan status rekening Anda di komputer
  5. Setelah dicek, Customer service akan menjelaskan status rekening Anda beserta solusinya jika ternyata rekening non aktif

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak Lewat BRILink

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak

Opsi lain mintalah bantuan kepada agen BRILink untuk mengecek nomor rekening BRI masih aktif atau tidak. Sama seperti pengecekan melalui mesin ATM, agen BRILink akan mengecek aktif tidaknya rekening dengan cara cek saldo, transfer, atau melihat 5 mutasi rekening terakhir melalui menu info statement pada mesin mini ATM BRILink.

Teknis pengecekannya agen BRILink lebih tahu !

Cara Mengecek Rekening BRI Masih Aktif atau Tidak Lewat HP

Opsi lain Anda dapat menggunakan e-Wallet yang terinstal di smartphone Anda untuk mengecek apakah nomor rekening BRI masih aktif atau tidak. e-Wallet sendiri banyak jenisnya, ada OVO, Gojek, Linkaja, Dana, dan lain-lain.

Pada intinya untuk mengetahui status rekening BRI aktif atau tidak, silahkan transfer sejumlah uang ke rekening BRI Anda menggunakan e-Wallet. Jika pada halaman konfirmasi transfer muncul nama pemilik rekening beserta nomor rekening, artinya rekening masih aktif.

Agar lebih yakin, silahkan klik konfirmasi apakah status transfer berhasil atau tidak.

Contohnya seperti gambar berikut ini (menggunakan aplikasi OVO) !

Cara Mengecek Rekening BRI Masih Aktif atau Tidak Lewat HP

Masa Aktif Rekening BRI

Untuk mengantisipasi rekening dibekukan atau dinonaktifkan oleh pihak BRI, ada baiknya jika Anda mengetahui masa aktif rekening BRI.

Perlu diketahui bahwa setiap jenis kartu ATM BRI atau rekening BRI memiliki masa aktif yang berbeda-beda lho. 

Berikut ini penjelasannya !

1. BRI Junio

Pada rekening BRI Junio, jika selama 540 hari berturut-turut tidak ada transaksi dan saldo di bawah Rp 50.000 (saldo minimum), maka pada hari ke 541 status rekening akan menjadi dormant (pasif). Selanjutnya di hari ke 542 rekening akan dinonaktifkan oleh pihak BRI secara otomatis.

2. BRITAMA

Sama seperti BRI Junio, BRI BRitama juga memiliki saldo minimum Rp 50.000 yang mengendap di rekening. Status rekening akan berubah menjadi dormant jika selama 541 hari berturut-turut tidak ada transaksi. Kemudian 1 hari selanjutnya atau hari ke 542 rekening akan dinonaktifkan oleh BRI.

3. BRI Simpedes

Meskipun sama sama memiliki batas minimum saldo Rp 50.000 (saldo mengendap), BRI Simpedes memiliki ketentuan tersendiri mengenai batas masa aktif rekening.

Jika nasabah tidak melakukan transaksi selama 365 hari berturut-turut, maka status rekening akan menjadi dormant (pasif). Selanjutnya di hari ke 366 rekening akan ditutup oleh sistem bank secara otomatis.

Tanya Jawab

Kapan rekening BRI mati?

Batas aktif rekening BRI jika tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama berbeda-beda. Sebagai contoh, rekening BRI jenis BRITAMA dan Junio akan benar-benar mati jika dalam kurun waktu 542 hari rekening tidak digunakan (tidak ada transaksi dan saldo mengendap 0).

Khusus BRI Simpedes masa aktifnya lebih pendek, yaitu jika selama 366 hari berturut-turut rekening tidak digunakan (saldo 0), maka rekening akan dinonaktifkan oleh pihak bank.

ATM BRI mati apa bisa di aktifkan lagi?

Bisa. Nasabah dapat mengaktifkan lagi rekening BRI yang mati dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh BRI. (Artikel ini akan saya update di kemudian hari ini untuk membahas masalah ini)

Apakah buku tabungan BRI bisa mati?

Buku tabungan disini yang dimaksud adalah rekening BRI. Iya, tabungan BRI bisa mati jika dalam kurun waktu tertentu tidak digunakan untuk transaksi secara berturut-turut.

Apa itu rekening dormant BRI?

Rekening dormant BRI adalah status rekening pasif, dimana dalam kurun waktu tertentu tidak ada transaksi di dalam rekening dan saldo yang mengendap nol (di bawah saldo minimum).

Jika rekening Anda berstatus dormant, sebaiknya urus langsung di BRI agar dapat digunakan kembali.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa cara cek rekening BRI aktif atau tidak ada beberapa opsi, yaitu melalui mesin ATM, Call Center BRI, Kantor Cabang BRI terdekat, agen BRILink, dan lewat layanan e-Wallet (HP).

Mengenai batas masa aktif rekening BCA disesuaikan dengan jenis rekening atau ATM BRI nasabah. Ada yang diberi jangka waktu 542 hari dan ada juga yang diberi waktu hanya 366 hari hingga rekening benar-benar dinonaktifkan oleh pihak BRI.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara mengecek rekening BRI masih aktif atau tidak, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Cek Rekening BRI Aktif Atau Tidak di Tahun 2021"