Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan Key BCA Pertama Kali (Transfer, Pembelian, Pembayaran)

Bagi yang pertama kali berhasil daftar internet banking BCA, kebanyakan masih bingung bagaimana cara menggunakan key BCA untuk transfer, pembelian, maupun pembayaran tagihan. Apalagi jika tidak sengaja salah memasukkan PIN key BCA lebih dari tiga kali. Dipastikan key BCA akan terkunci (terlock).

Oleh karena itu pada artikel ini akan saya jelaskan secara lengkap bagaimana cara menggunakan token BCA (key BCA) yang disertai dengan penjelasan melalui gambar.

Cara Menggunakan Key BCA

Perlu diketahui bahwa fungsi key BCA adalah sebagai kode keamanan tambahan saat nasabah akan melakukan transaksi yang bersifat finansial, seperti transfer, pembelian, dan pembayaran. Sedangkan jika sekedar melakukan cek saldo maupun cek mutasi rekening tidak diperlukan key BCA.

Sebagai gambaran, saat ingin melakukan transfer, nasabah akan diminta memasukkan respon dari key BCA, yaitu respon Key BCA APPLI 2 dan APPLI 1. Kode tersebut juga berlaku saat nasabah akan melakukan transaksi lainnya, seperti pembayaran indosat pascabayar, pembayaran PBB, maupun pembayaran lainnya.

Namun, perlu dipahami juga bahwa sebelum menggunakan internet banking BCA untuk transaksi finansial, jangan lupa untuk membuat PIN dan mengaktivasi key BCA terlebih dahulu. Cara buat PIN dan aktivasinya sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya ya.

Nah, agar lebih jelas, saya contohkan bagaimana cara menggunakan key BCA untuk transfer yang sudah disertai dengan gambar.

Cara Menggunakan Key BCA Untuk Transfer, Pembayaran, dan Pembelian

  1. Buka halaman klikbca.com, pilih login Individual
  2. Masukkan User id dan PIN, klik tombol Login (gambar no. 1)
  3. Sebagai contoh saya akan melakukan transfer dana, klik menu Transfer Dana (gambar no. 2)
  4. Klik menu Transfer ke Rek BCA (gambar no. 3)
  5. Silahkan isi pada kolom nomor rekening tujuan, jumlah nominal, dan berita
  6. Sekarang fokus pada key BCA, silahkan tekan tombol warna merah pada key BCA dan masukkan PIN (gambar no. 4)
  7. Lihat pada halaman internet banking BCA, Anda diminta memasukkan respon keyBCA Appli 2. Silahkan tekan tombol nomor 2 pada key BCA (gambar no. 5)
  8. Masukkan kode yang tertera pada kolom internet banking BCA ke Key BCA (gambar no. 6)
  9. Maka pada layar key BCA akan muncul kode baru (gambar no. 7)
  10. Masukkan kode tersebut pada kolom Respon Key BCA Appli 2
  11. Klik tombol Lanjutkan
  12. Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan Respon Key BCA Appli 1
  13. Tekan tombol merah pada key BCA, selanjutnya tekan tombol nomor 1 (gambar no.8)
  14. Maka akan muncul kode baru dan masukkan ke kolom Respon Key BCA Appli 1
  15. Klik tombol kirim
  16. Selesai
Nah berikut ini adalah gambar lengkap cara pakai token BCA untuk transfer !

Cara Menggunakan Key BCA

Tanya Jawab

Bagaimana cara mendapatkan key BCA?

Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa untuk mendapatkan key BCA, nasabah dapat memintanya melalui kantor cabang BCA terdekat atau request melalui Halo BCA di nomor 1500888.

Token key BCA untuk apa?

Kegunaan key BCA adalah sebagai kode keamanan tambahan saat nasabah melakukan transaksi finansial, seperti transfer, pembayaran, dan pembelian melalui layanan internet banking BCA.

Apakah Klik BCA Harus Pakai Token?

Tergantung dari tujuan penggunaannya. Jika hanya digunakan untuk transaksi non finansial seperti cek saldo dan mutasi rekening, maka tidak diperlukan token BCA. Sedangkan jika digunakan untuk transfer, pembayaran, atau pembelian maka wajib menggunakan token/key BCA.

Bagaimana jika Key BCA hilang?

Jika key BCA hilang, nasabah dapat mengajukan kembali di kantor cabang terdekat dengan membawa beberapa persyaratan seperti KTP, Buku tabungan, kartu ATM, dan surat keterangan kehilangan dari polisi (jika diperlukan).

Apakah token BCA bisa digunakan oleh orang lain meskipun bukan pemilik?

Tidak bisa.

Apakah Internet Banking BCA dikenakan biaya?

Sama seperti layanan perbankan lainnya, saat melakukan transaksi seperti transfer antar bank atau pembelian/pembayaran tagihan tertentu maka nasabah dikenakan biaya admin yang nilainya tergantung dari jenis transaksi.

Kesimpulan

Sebelum menggunakan key BCA untuk pertama kali, nasabah wajib membuat PIN dan aktivasi key BCA terlebih dahulu. Aktivasi dilakukan melalui menu administrasi pada halaman internet banking BCA dengan memilih menu aktivasi Key BCA.

Selanjutnya untuk pengoperasiannya seperti yang sudah dijelaskan di atas, yaitu memilih jenis transaksi apakah transfer, pembelian atau pembayaran. Kemudian akan diminta kode respon Key BCA Appli 2 dan 1 saat transaksi.

Demikian informasi singkat tentang bagaimana cara menggunakan key BCA pertama kali, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Key BCA Pertama Kali (Transfer, Pembelian, Pembayaran)"