Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA 2021 (Limit, Biaya, Bunga)

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA - Ada dua cara tarik tunai kartu kredit BCA yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu tarik tunai melalui mesin ATM dan gesek tunai melalui mesin EDC yang tersedia di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan bank.

Namun, khusus gesek tunai sebenarnya tidak dianjurkan karena menyalahi peraturan atau bisa dikatakan ilegal. Jadi, seolah-olah pemegang kartu membayar belanjaan dengan kartu kredit, namun yang dilakukan adalah melakukan penarikan tunai, bahkan nominalnya melebihi limit yang telah ditentukan.

Tentu kegiatan tersebut merugikan pihak bank, dimana seharusnya setiap tarik tunai di mesin ATM BCA nasabah akan dikenakan biaya tarik tunai antara 3% - 4% dan bunga 1,75%, namun jika gesek tunai di merchant biaya tarik tunainya lebih rendah, meskipun bunga cicilannya sama saja.

Jadi, keputusan ada di tangan Anda.  Namun, saya sangat menyarankan untuk melakukan tarik tunai kartu kredit BCA di bank saja sesuai peraturan yang ada.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Ada tiga hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan tarik tunai kartu kredit BCA di mesin ATM. Diantaranya adalah limit kartu kredit BCA, biaya tarik tunai, dan bunga. Tentu saja ketiga poin tersebut nilainya tergantung dari jenis kartu kredit yang Anda gunakan, apakah BCA Card, VISA, Mastercard, atau lainnya.

Limit Kartu Kredit BCA

Perlu Anda ketahui bahwa nasabah tidak bisa menarik semua limit yang tersedia pada kartu kredit. Nasabah hanya bisa melakukan tarik tunai maksimal 40% dari limit yang tersedia. Sebagai contoh, jika limit kartu kredit BCA Anda adalah Rp 10 juta, maka yang bisa ditarik melalui ATM hanya Rp 4 juta saja.

Biaya Tarik Tunai

Biaya tarik tunai kartu kredit BCA di mesin ATM tergantung dari jenis kartu yang Anda pegang. Jika saat ini Anda memegang kartu kredit jenis BCA Card, maka biaya penarikan di ATM adalah 3%. Sedangkan khusus untuk jenis kartu kredit BCA Visa dan Mastercard, biaya tarik tunai di ATM 4% atau minimal Rp 40.000.

Bunga Tarik Tunai

Per Juli 2021, penggunaan kartu kredit untuk tarik tunai maupun belanja dikenakan bunga sebesar 1,75%. Bunga ini berlaku untuk semua jenis kartu kredit BCA.

Ilustrasi

Sebagai contoh, Anda memiliki kartu kredit BCA jenis Visa dengan limit Rp 20 juta. Jadi, limit tarik tunai di mesin ATM adalah Rp 8.000.000.

Setelah Anda melakukan penarikan uang di ATM, maka Anda akan dikenakan biaya tarik tunai sebesar 4% dan bunga 1,75%.

Mari kita hitung..

  • 4% x Rp 8.000.000 = Rp 320.000
  • 1,75% x Rp 8.000.000 = Rp 140.000
  • Jadi, totalnya adalah Rp 8.000.000 + Rp 320.000 + Rp 140.000 = Rp 8.460.000
Tagihan tersebut dapat dicicil maupun dibayar lunas sesuai dengan kemampuan. Namun, saya sarankan untuk dibayar lunas saja karena sudah pasti tagihan akan membengkak jika dicicil.

NB : Khusus tagihan belanja, silahkan baca : Cara Merubah Cicilan Kartu Kredit BCA

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA di ATM

Cara tarik tunai BCA card di ATM sebenarnya sama seperti tarik tunai kartu debit. Tinggal masukkan kartu, PIN, dan pilih nominal tarik tunai. Maka uang akan keluar dari mesin ATM.

Pastikan Anda sudah aktivasi PIN kartu kredit BCA ya. 

Agar lebih jelas, ikuti panduan berikut ini :
  1. Masukkan kartu kredit dan PIN (gambar no. 1)
  2. Maka akan masuk menu utama, pilih nominal tarik tunai yang tersedia atau pilih jumlah lain jika menginginkan nominal yang lebih besar (gambar no. 2)
  3. Pilih menu Kartu Kredit (gambar no. 3)
  4. Pada keterangan Apakah Anda ingin mencetak struk, pilih Ya (gambar no. 4)
  5. Maka uang akan keluar dari mesin ATM
Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Opsi lain :
  • Jika setelah memasukkan kartu kredit muncul menu "Cash Advance", silahkan pilih menu tersebut
  • Pilih menu Tunai
  • Pilih nominal tarik tunai
  • Pilih "Ya" jika ingin mencetak struk
  • Tunggu uang keluar dari mesin ATM

Tanya Jawab

Apa itu Cash Advance kartu kredit BCA?

Cash Advance merupakan pinjaman dari bank yang menerbitkan kartu kredit. Biasanya pihak bank akan menawarkan pinjaman secara acak kepada nasabahnya jika aktif menggunakan kartu kredit.

Apakah bisa gesek tunai kartu kredit di Indomaret/Alfamart?

Tidak bisa karena melanggar peraturan.

Apakah Bunga Bisa Dicicil?

Bunga bisa dicicil bersamaan dengan tagihan bulanan.

Apakah tarik tunai kartu kredit bca bisa dicicil?

Bisa dong. Tapi jika ditotal nilai pembayarannya akan lebih tinggi dibandingkan jika langsung dibayar lunas.

Kesimpulan

Meskipun tersedia jasa gesek tunai yang mengklaim bisa melakukan tarik tunai hingga melebihi limit (bahkan hingga 90%), namun tindakan tersebut adalah ilegal.Oleh karena itu, saya sarankan untuk tetap melakukan tarik tunai kartu kredit BCA di mesin ATM saja. 

Silahkan ikuti panduan di atas bagaimana cara tarik tunai kartu kredit BCA dan pahami berapa limit, biaya tarik tunai, serta bunganya.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA 2021 (Limit, Biaya, Bunga)"