Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pinjaman Tanpa Agunan BCA (Syarat, Bunga, Biaya, Pengajuan)

Pinjaman Tanpa Agunan BCA - Meskipun program KTA BCA resmi diberhentikan oleh pihak bank sejak tanggal 27 April 2020 karena faktor pandemi, nyatanya banyak dari kalangan masyarakat yang menanti kapan KTA BCA dibuka kembali. 

Sebelum menulis artikel ini pun saya sendiri telah menanyakan secara langsung kepada CS BCA untuk sekedar mengonfirmasi berita tersebut.

Saya pun agak kaget ketika mendapat jawaban bahwa pihak bank belum bisa memastikan kapan program KTA dibuka kembali untuk masyarakat. Alasannya karena KTA BCA adalah salah satu program pinjaman yang cukup beresiko, apalagi ekonomi dunia masih agak lesu.

Pinjaman Tanpa Agunan BCA

Meskipun demikian, saya tetap menulis ini sebagai bahan rujukan ketika program KTA dibuka kembali untuk masyarakat umum.

Nah, khusus yang sedang mencari informasi KPR, silahkan baca di artikel KPR BCA.

KTA BCA

Sebagaimana telah diketahui bahwa KTA BCA adalah produk pinjaman tanpa agunan milik bank BCA dimana plafon yang ditawarkan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 100 juta dengan tenor 12, 24, hingga 36 bulan. 

Adapun jenis KTA yang dapat diajukan oleh calon debitur adalah BCA Personal loan dan KTA BCA Payroll dengan suku bunga 1% hingga 1,07 persen saja. 

BCA Personal loan ditujukan bagi calon debitur yang berstatus wiraswasta/umum yang telah memenuhi persyaratan. Sedangkan KTA BCA Payroll khusus untuk karyawan yang gajinya dibayar melalui rekening BCA (sistem payroll)

Meskipun tanpa agunan, pencairan pinjaman KTA BCA ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti biaya pendidikan, pernikahan, biaya kesehatan, biaya liburan, biaya renovasi rumah, maupun keperluan finansial lainnya.

Namun, sayangnya khusus wiraswasta/masyarakat umum wajib memiliki kartu kredit BCA minimal 1 tahun agar bisa menikmati layanan KTA BCA ini. Khusus karyawan yang gajinya dibayar dengan sistem payroll BCA, maka tidak wajib memiliki kartu kredit

Lebih lanjut mengenai syarat, bunga, biaya, serta cara pengajuan KTA BCA, silahkan baca dengan cermat penjelasan berikut ini !

Syarat KTA BCA

Meskipun plafon yang dapat diajukan mencapai Rp 100 juta, namun pihak bank tetap akan menghitung rasio pencairan dana berdasarkan gaji/pendapatan calon debitur. Biasanya rumus yang digunakan adalah 3 x THP (Take Home Pay). 

Sebagai contoh, jika gaji atau pendapatan Anda dalam sebulan adalah Rp 7 juta/bulan, maka maksimal pencairan yang disetujui oleh bank adalah 3 x Rp 7 juta = Rp 21 juta. Pihak BCA juga memberikan ketentuan bahwa rasio angsuran yang ditetapkan setidaknya adalah 1/3 dari gaji bulanan.

Sudah cukup jelas kan? Agar lebih jelas lagi, simak syarat dan ketentuan punjaman KTA BCA berikut ini !

Persyaratan Umum :

  1. WNI dengan domisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Medan, Surabaya, Bali, Batam, Palembang, dan Makassar
  2. Diutamakan memiliki kartu kredit BCA
  3. Berstatus karyawan tetap, wiraswasta maupun profesional dengan minimal masa kerja 2 tahun saat pengajuan kredit
  4. Berusia minimal 21 tahun saat pengajuan
  5. Berusia maksimal 55 tahun saat kredit lunas
  6. Khusus karyawan dengan fasilitas gaji payroll BCA wajib memiliki penghasilan minimal Rp 2,5 juta/bulan
  7. Khusus wiraswasta/profesional wajib memiliki penghasilan minimal Rp 2 juta untuk wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Batam
  8. Memiliki penghasilan minimal Rp 2 juta untuk daerah lainnya

Persyaratan Dokumen

  1. Fotokopi KTP
  2. Slip gaji asli 1 bulan terakhir bagi yang berstatus karyawan
  3. Fotokopi rekening 3 bulan terakhir bagi wiraswasta/profesional
  4. Fotokopi kartu kredit BCA bolak-balik 
  5. Fotokopi NPWP untuk pengajuan kredit di atas Rp 50 juta
  6. Fotokopi surat izin praktik bagi profesional
  7. Fotokopi Akta Pendirian/SIUP/TDP bagi wiraswasta
  8. Mengisi formulir pengajuan KTA BCA

Bunga KTA BCA

  • 1% flat/bulan untuk tenor 12 bulan
  • 1,03% flat/bulan untuk tenor 24 bulan
  • 1,07% flat/bulan untuk tenor 36 bulan

Biaya 

  • Biaya provisi yang dibebankan adalah 1% dari plafon atau maksimal Rp 100.000
  • Biaya pelunasan Rp 200.000 yang dapat dilakukan jika telah melakukan 6 kali pembayaran angsuran
  • Denda keterlambatan 0.28% per hari dari cicilan

Tenor, Rasio, Plafon & Angsuran

  • Tenor 12, 24, dan 36 bulan
  • Rasio Plafon 3 x THP (gaji)
  • Rasio angsuran 1/3 gaji/penghasilan

Tabel KTA BCA

Silahkan cek disini : Tabel KTA BCA

Asuransi KTA BCA

Debitur dapat menentukan sendiri apakah pinjaman KTA BCA akan dilengkapi dengan asuransi atau tidak. Rincian asuransinya adalah sebagai berikut :
  • 0,363% untuk 12 bulan
  • 0,693% untuk 24 bulan
  • 1,020% untuk 36 bulan

Keunggulan KTA BCA

Setelah melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa KTA BCA memiliki beberapa keunggulan berikut ini :
  1. Limit pinjaman hingga Rp 100 juta
  2. Suku bunga hanya 1% yang sangat rendah
  3. Tenor atau jangka waktu pelunasan fleksibel hingga 3 tahun
  4. Cicilan bisa disesuaikan dengan kemampuan debitur
  5. Proses pengajuan mudah dan cepat asalkan sudah memenuhi syarat dan ketentuannya
  6. Tersedia asuransi yang bisa melindungi debitur (tidak wajib)

Pengajuan KTA BCA

Pengajuan KTA BCA Payroll maupun non payroll dapat dilakukan melalui Halo BCA di 1500888 atau pun datang langsung ke kantor cabang terdekat untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai produk pinjaman yang akan diajukan.

Proses pencairan dana sejak pengajuan diterima adalah 7-14 hari kerja. 

Agar Pengajuan KTA BCA Diterima

Nah, sebagai tips tambahan, berikut ini adalah beberapa saran agar pengajuan pinjaman BCA tanpa agunan disetujui oleh bank.

1. Jangan Mengajukan Pinjaman Melebihi Rasio Plafon

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa bank akan menghitung rasio plafon berdasarkan gaji/pendapatan calon debitur. Rumusnya adalah 3 x gaji calon debitur. 

Jadi, jika gaji/pendapatan Anda adalah Rp 5 juta/bulan, maka silahkan ajukan pinjaman maksimal Rp 15 juta agar disetujui oleh bank.

2. Cicilan Pembayaran Tidak Boleh Melebihi 30% Dari Gaji/Pendapatan

Sebagai pertimbangan, bank juga akan menghitung rasio kemampuan bayar calon debitur berdasarkan gaji. Agar cicilan lancar, setidaknya besaran angsuran perbulan tidak boleh melebihi 30% dari gaji. 

Sebagai contoh, jika gaji calon debitur adalah Rp 5 juta/bulan, maka setidaknya mampu menyisihkan Rp 1,5 juta untuk membayar cicilan.

3. Diutamakan Memiliki Kartu Kredit BCA/Rekening Payroll

KTA BCA adalah salah satu jenis pinjaman dengan resiko tinggi karena tanpa agunan. Oleh karena itu BCA memiliki ketentuan khusus bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman KTA. Ketentuan tersebut diantaranya adalah calon debitur wajib memiliki kartu kredit jenis apapun atau setidaknya memiliki rekening payroll bagi yang berstatus karyawan.

Dengan ketentuan tersebut, pihak bank dapat memantau cash flow atau history kredit dari calon debitur, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan apakah pengajuan KTA akan diterima atau tidak.

4. Memiliki Riwayat Kredit yang Baik

Pihak BCA juga akan mengecek history kredit Anda atau istilahnya BI Checking. Jika sebelumnya terdapat riwayat kredit macet atau belum dibayarkan, maka bank akan menjadikan alasan tersebut sebagai penolakan kredit.

Tanya Jawab

KTA BCA itu apa?

KTA BCA adalah produk pinjaman uang dari BCA, baik pengajuan secara online maupun offline tanpa perlu memberikan jaminan/agunan.

Bagaimana cara mengajukan KTA BCA?

Cara mengajukan KTA BCA sangat mudah asalkan sesuai prosedur dan persyaratannya lengkap. Ajukan pendaftaran KTA BCA Anda melalui kantor cabang BCA terdekat atau melalui Halo BCA 1500888.

Kapan KTA BCA dibuka kembali?

Secara resmi KTA BCA telah diberhentikan selama masa pandemi. Mengenai kapan KTA BCA dibuka kembali belum ada informasi valid yang masuk.

Apakah bisa pinjam uang di Bank BCA tanpa jaminan?

Bisa. Solusinya adalah dengan mengambil pinjaman KTA BCA. Namun, sejak tanggal 27 April 2020 produk KTA BCA resmi diberhentikan oleh pihak BCA sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Hal ini mengingat ekonomi di Indonesia masih belum stabil.

Dimana bisa pinjam uang 5 juta tanpa jaminan?

Solusinya adalah KTA BCA. Anda hanya perlu memenuhi syarat dan ketentuannya saja.

Apakah bisa mengajukan KTA BCA tanpa kartu kredit?

Sebenarnya calon debitur dapat mengajukan pinjaman KTA bank BCA tanpa kartu kredit asalkan memiliki rekening payroll yang diperoleh dari perusahaan tempat bekerja.

Apakah ada pinjaman online BCA?

Selain KTA BCA Online, Anda juga bisa mengajukan produk pinjaman bank BCA lainnya, seperti KUR BCA, Kredit Lokal, Kredit Investasi, atau pinjaman bank BCA jaminan sertifikat rumah.

Kesimpulan

KTA Bank BCA bisa menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan pembiayaan cepat dengan plafon cukup besar antara Rp 5 juta sampai Rp 100 juta. Selain suku bunga yang rendah, yaitu 1%, debitur juga dapat melakukan cicilan maksimal 3 tahun.

Sebagai bahan pertimbangan diterima atau tidaknya pengajuan pinjaman, bank akan melakukan taksiran plafon berdasarkan gaji/penghasilan calon debitur. Besaran pinjaman akan dicairkan maksimal 3x dari gaji/penghasilan bulanan calon debitur. Untuk kisaran besaran cicilan sendiri tidak boleh melebihi 30% dari gaji/penghasilan.

Sayangnya, tidak semua orang dapat mengajukan KTA BCA. Hal ini disebabkan karena salah satu syarat agar KTA diterima adalah calon debitur harus memiliki kartu kredit BCA atau minimal mendapat gaji dengan sistem payroll dari BCA.

Meskipun demikian, KTA BCA ini banyak diminati oleh masyarakat karena pembiayaan kredit dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti biaya pernikahan, biaya pendidikan, biaya kesehatan maupun biaya-biaya lainnya sesuai kebutuhan calon debitur.

Demikian informasi mengenai syarat dan ketentuan pinjaman tanpa agunan BCA, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pinjaman Tanpa Agunan BCA (Syarat, Bunga, Biaya, Pengajuan)"