Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri 2024: Biaya Admin, Bunga

Tarik tunai kartu kredit Mandiri memang bisa, namun tidak dianjurkan bagi Anda yang tidak kepepet. Mengapa? Karena pada dasarnya tarik tunai kartu kredit sama halnya hutang. Ada biaya admin dan bunga yang harus dibayar setelah mendapatkan lembar tagihan dari bank Mandiri.

Selain itu ada ketentuan khusus bahwa pengguna kartu kredit hanya dapat melakukan tarik tunai maksimal 60% dari limit. Jadi, jika limit kartu kredit kecil, tentu saja nilai penarikan juga kecil. Dan menurut saya kurang sebanding dengan biaya admin dan bunga yang nantinya dibebankan kepada nasabah.

Apalagi jika pembayarannya menggunakan sistem cicilan, tentu akan memberatkan nasabah karena bunga akan terus berjalan hingga tagihan lunas.

Oh ya, semua jenis kartu kredit Mandiri pada dasarnya bisa digunakan untuk tarik tunai di mesin ATM ya, dan wajib di ATM Mandiri. 

Nah, bagi Anda yang sudah kepepet tidak memiliki uang dan ingin melakukan tarik tunai kartu kredit di mesin ATM Mandiri, silahkan baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan, biaya admin, bunga, serta panduan lengkap bagaimana tarik tunai di ATM berikut ini !

Limit Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Setiap jenis kartu kredit memiliki limit yang berbeda-beda, mulai dari Rp 3 juga, Rp 6 juta, Rp 20 juta hingga limit Rp 1 Miliar. Namun demikian, pada dasarnya nilai limit tersebut tidak semuanya dapat ditarik secara tunai, dan maksimalnya adalah 60% dari total limit.

Sebagai contoh, Saya memiliki kartu kredit Mandiri jenis SKYZ dengan limit di kartu Rp 6 juta. Artinya hanya Rp 3.600.000 saja yang dapat saya ambil secara tunai di mesin ATM Mandiri. 

Pertanyaannya adalah bagaimana jika sebelumnya kartu kredit sudah digunakan untuk pembayaran online, misalnya Rp 1 juta? Apakah nilai tarik tunai tetap Rp 3,6 juta? Berdasarkan pengalaman saya, nilai tarik tunai akan berkurang jika kartu kredit sudah digunakan untuk belanja online dan tagihan belum dibayar. 

Dan pada kasus ini, maka nilai tarik tunai yang dapat diambil adalah 6% dari Rp 5 juta atau sekitar Rp 3.000.000. Sudah paham kan gambarannya? Artinya jika tarik tunai ingin penuh, maka pastikan tidak ada tagihan yang berjalan di kartu.

Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa setiap melakukan tarik tunai, nasabah akan dikenakan biaya tarik tunai sebesar 6% per struk penarikan atau sama dengan Rp 100.000 (tergantung mana yang lebih besar). 

Perlu digarisbawahi kalimat 6% per struk ya, artinya jika dua kali atau tiga kali melakukan penarikan dalam sebulan artinya Anda akan dikenakan biaya admin tiga kali atau kurang lebih Rp 300.000, belum termasuk biaya admin. Ngeri kan? hehe.

Sebagai contoh, saya melakukan tarik tunai sebesar Rp 500.000, artinya biaya adminnya tetap Rp 100.000 karena ketentuannya adalah 6% atau Rp 100.000 tergantung mana yang lebih besar. Dalam kasus ini, seharusnya 6% dari Rp 500.000 adalah Rp 30.000. Namun, dengan ketentuan "mana yang lebih besar", artinya saya tetap dikenakan biaya admin Rp 100.000. Paham kan?

Berikut contohnya :

Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Bunga Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Selain biaya admin, Anda juga akan dikenakan bunga tarik tunai sebesar 1.75% per bulan atau 21% per tahu. Pada contoh di atas, misalnya tarik tunai Rp 500.000, artinya bunga yang dibebankan kepada nasabah adalah Rp 8.750. Namun, sebagai catatan perhitungan ini bisa saja berbeda dengan bank penerbit kartu.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Setelah memahami syarat & ketentuan, biaya admin, dan bunga tarik tunai kartu kredit Mandiri, sekarang akan saya jelaskan bagaimana cara melakukan tarik tunai di mesin ATM Mandiri. Oh ya, pastikan Anda sudah membuat PIN ya. Jika belum, silahkan baca artikel Cara Aktivasi Kartu Kredit Mandiri

Berikut ini adalah langkah-langkah tarik tunai kartu kredit Mandiri di mesin ATM !

  1. Masukkan kartu kredit Mandiri di mesin ATM
  2. Pilih Bahasa Indonesia (gambar no. 1)
  3. Masukkan PIN kartu kredit Mandiri (gambar no. 2)
  4. Pilih menu Penarikan Tunai (gambar no. 3)
  5. Masukkan nominal tarik tunai, misal Rp 500.000 (gambar no. 5)
  6. Pilih Benar (gambar no. 6)
  7. Ambil uang di mesin ATM
  8. Keluarkan kartu kredit dari mesin ATM
  9. Selesai

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Setelah berhasil melakukan tarik tunai, silahkan pantau email Anda untuk melihat lembar tagihan kartu kredit yang berisi jumlah biaya admin, bunga, dan total tagihan.

Tanya Jawab

Berapa limit tarik tunai kartu kredit Mandiri?

Tergantung dari jenis kartu kredit yang dipilih, karena setiap jenis kartu kredit Mandiri memiliki limit yang berbeda-beda, mulai dari Rp 2 juta, Rp 3 juta, Rp 6 juta, Rp 20 juta, bahkan Rp 1 Miliar.

Apakah Tarik Tunai kartu kredit Mandiri bisa di cicil?

Bisa saja, dan bahkan Anda bisa membayar dengan cicilan minimal atau Rp 50.000. Namun, hal ini tidak disarankan karena bunga akan terus berjalan. Alangkah baiknya segera lunasi tagihan saat itu juga agar tidak dikenakan bunga berbunga.

Bagaimana cara tarik tunai kartu kredit Mandiri?

Pada dasarnya sama seperti tarik tunai kartu debit. Tinggal masukkan kartu, PIN, pilih menu tarik tunai, dan masukkan nominal penarikan. Bedanya jika kartu debit, uang yang ada di saldo adalah uang kita sendiri, sedangkan kartu kredit, uang yang diambil bisa dikatakan uang hutang.

Kapan tanggal jatuh tempo kartu kredit Mandiri?

Tanggal jatuh tempo kartu kredit Mandiri adalah 20 hari sejak tanggal cetak lembar tagihan.

Berapa persen bunga kartu kredit Bank Mandiri?

1,75% per bulan.

Kenapa tidak bisa tarik tunai kartu kredit Mandiri?

Banyak faktor, mulai dari limit habis, kartu kredit diblokir, atau mungkin Anda melakukan tarik tunai di ATM selain Mandiri.

Kesimpulan

Tarik tunai kartu kredit Mandiri sebenarnya tidak saya sarankan jika benar-benar tidak kepepet. Karena meskipun nilai tarik tunai kecil, atau sebenarnya jika dikalkulasi biaya admin tidak sampai Rp 100.000, maka dengan ketentuan biaya admin "6% atau Rp 100.000 mana yang lebih besar", maka Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 100.000, meskipun hanya tarik tunai Rp 500.000.

Tentu, biaya ini cukup besar dan kurang sebanding dengan nilai tarik tunai yang dilakukan. Namun demikian, kebutuhan orang akan uang tidak ada yang tahu, dan jika memang sudah kepepet ya mau bagaimana lagi. Tarik tunai Kartu kredit bisa dijadikan opsi terakhir.

Demikian informasi singkat tentang bagaimana cara tarik tunai kartu kredit Mandiri, beserta biaya admin dan bunga, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri 2024: Biaya Admin, Bunga "