Widget HTML Atas

About

Lama tidak menulis membuat saya agak kesulitan mengolah kata-kata. Melalui blog ini saya ingin sharing seputar hal-hal yang saya ketahui maupun ingin saya ketahui. Bukan berarti ingin menggurui, namun lebih ingin meluapkan isi kepala melalui rangkaian kata demi kata yang saya susun menjadi kalimat.

Perkenalkan, saya KARMO

Saya seorang non job yang tidak ingin disebut sebagai pengangguran. Sebut saja freelancer,hehe. Karena pada dasarnya freelancer akan bekerja jika mendapatkan job.

Saya freelence sebagai 
1. Blogger
2. Youtuber
3. Videografer
4. Fotografer
5. Editor Foto & Video

Sekilas tentang pemilik blog 


Awal karier saya di dunia internet dimulai di akhir tahun 2010, lebih tepatnya 6 bulan selepas lulus SMK. Di akhir tahun tersebut, saya bekerja sebagai customer service sekaligus bagian penjualan, sebuah toko online, lapak kaskus.

Tentu bagi teman-teman generasi lama yang sudah bergelut di dunia internet tidak asing dengan kaskus. Kaskus adalah sebuah forum sharing sekaligus marketplace No. 1 di Indonesia saat itu.

Singkat cerita, saya memutuskan resign setelah beberapa bulan bekerja di sana. Kemudian mendaftarkan diri di Perusahaan sekitar tempat tinggal. 4 bulan bekerja di PT ternyata keuangan saya belum juga stabil. Dan pada akhirnya mencoba mengcopy bisnis online milik Bos yang pernah saya jajaki dulu.

Dari sinilah awal mula bisnis mandiri saya dimulai. Proses pengcopy-an bisnis online ini saya lakukan kurang lebih selama 3 tahun,yakni dari tahun 2012 sampai tahun 2015. Ingat ya ! mengcopy disini bukan berarti memanipulasi bisnis, tetapi meniru dan memodifikasi bisnis milik Bos saya dulu.

Hingga akhirnya pada awal tahun 2015 saya mencoba membuat blog atas inisiatif teman, mengingat bisnis online yang saya jalani dari tahun 2012 hingga 2015 tersebut sudah mulai lesu.

Setelah kurang lebih 7 bulan menulis artikel melalui blogspot gratisan, akhirnya pecah telor juga,dengan earning Rp 1.700.000. Ini merupakan pengalaman berharga, karena akhirnya mampu membuat blog yang menghasilkan. Karena di tahun-tahun sebelumnya gagal membuat blog karena terlalu mementingkan tampilan.

Bulan-bulan berikutnya earning semakin bertambah, hingga akhirnya di bulan September 2016 adsense kena banned dengan nominal kurang lebih 25 juta yang akan cair di bulan berikutnya. Hati serasa hancur karena earning tersebut sudah dinanti-nanti untuk keperluan keluarga.

3 bulan berlalu dengan earning 1 jutaan yang didapat dari penyedia layanan pengiklanan lain. Hingga akhirnya ada seseorang yang baik hati, mengijinkan untuk melakukan kerjasama adsense. Dia adalah Arif Tirtana,seorang blogger dari Garut, Jawa Barat.

Tahun 2017 adalah tahun yang sangat istimewa. Di tahun tersebut banyak insight-insight maupun bantuan dari kawan-kawan blogger Brebes,Garut dan Purwodadi. Alhasil pundi pundi puluhan juta saya capai di tahun tersebut.

Hingga akhirnya di 2018 dunia blogger mulai berubah. Mungkin saya harus berbenah, karena teknik blog yang saya gunakan dulu sudah tidak manjur di tahun tersebut. Namun, saya tetap menggunakan cara yang sama sampai tahun 2019. Hingga akhirnya di bulan Juli 2019 saya benar-benar memutuskan pensiun dari dunia blogger.

Hingga saat saya mencoba menulis halaman inipun, saya tidak memiliki earning sama sekali melalui blog. Sebagai gantinya saya mencoba freelance di bisnis fotografi dan videografi.

Melalui blog ini, saya akan sharing seputar bisnis online maupun offline yang sekiranya bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Semoga betah di blog ini ya...

Salam kenal.. Karmo