Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berapa Modal Menjadi Agen Brilink? Dan Apa Saja Syarat-Syaratnya?

Modal agen Brilink sebenarnya relatif, tergantung dari jenis layanan transaksi yang dilakukan. Jika Anda melayani transaksi dalam jumlah besar, tentunya modal yang dibutuhkan juga besar. 

Agen Brilink sendiri melayani berbagai transaksi, baik transaksi perbankan maupun non perbankan seperti transfer ke sesama BRI, transfer antar bank, setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, pembelian token listrik, pembelian pulsa, pembayaran BPJS, cicilan, setoran pinjaman, Top Up BRIZZI, cek info saldo dan berbagai transaksi lainnya.

BRI memberikan gambaran, bahwa modal dasar untuk menjadi agen Brilink sebesar Rp 3 juta. Dari dana tersebut, Anda sudah mendapatkan mesin EDC BRI. Namun, dana Rp 3 juta tersebut tidak bisa diambil alias ditahan karena akan dijadikan jaminan oleh BRI.

Jadi, ada 2 sumber modal yang harus disiapkan oleh calon agen Brilink BRI yaitu modal yang ada pada rekening untuk transaksi dan modal dalam bentuk uang tunai yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan agen.

Modal Agen Brilink

Apa itu Brilink?

Brilink adalah sebuah bentuk kerjasama antara BRI dengan nasabah, dimana nasabah berperan sebagai agen yang dapat melayani transaksi perbankan kepada masyarakat secara real time online dengan menggunakan fitur EDC miniATM dengan sistem sharing fee. Jadi, setiap transaksi yang Anda lakukan akan mendapatkan keuntungan.

Keuntungan Menjadi Agen Brilink

Peluang mendapat keuntungan dari usaha agen Brilink sangatlah besar, bisa mencapai jutaan rupiah per bulan. Agen akan mendapat sharing fee dari BRI dengan ketentuan 50:50. 

Selain dari sharing fee, agen juga akan mendapat fee tambahan jika transaksi menggunakan mesin EDC. Fee tambahan ini didapat secara langsung dari biaya per transaksi nasabah, yang besarnya keuntungan ditentukan oleh anda sebagai agen Brilink.

Selain dari sharing fee dan fee tambahan, agen juga akan mendapat beragam hadiah menarik bagi agen Brilink terbaik, seperti THR Agen Brilink, Panen Emas Telkomsel Agen Brilink, Super Agen Brilink dan berbagai program BRI lainnya

1.Keuntungan Sharing Fee

Sharing fee adalah sistem bagi hasil setiap transaksi antara BRI dengan agen Brilink dengan nominal yang sudah disepakati oleh kedua pihak. Pendapatan sharing fee BRI ini berbeda-beda untuk setiap transaksinya. 

Misalnya untuk setiap transfer ke sesama BRI, agen Brilink akan mendapat komisi Rp 600, sedangkan transfer dari BRI ke bank lain melalui brilink, agen akan mendapat komisi Rp 3.500. Kemudian jika agen melayani transaksi pembelian atau pembayaran PLN, maka akan mendapat komisi Rp 1.350.

Baca: Cara Transfer Lewat BRI Link

2. Keuntungan Fee Tambahan

Jika melakukan transaksi menggunakan EDC, Anda akan mendapatkan 2 komisi sekaligus. Yang pertama adalah komisi dari sharing fee BRI itu sendiri dan yang kedua adalah komisi langsung yang dibayarkan oleh pelanggan kepada agen Brilink. 

Besarnya komisi atau fee tambahan ditentukan sendiri oleh agen Brilink. Namun, agen tidak boleh sembarangan menentukan fee seenaknya sendiri. Anda bisa menyesuaikan fee dengan agen Brilink lainnya di sekitar tempat tinggal Anda.

Umumnya untuk setor tunai dan tarik tunai rekening BRI dikenakan tarif Brilink Rp 5.000 sekali transaksi. Namun untuk setor tunai ke lain bank umumnya dikenakan tarif Brilink Rp 15.000 tiap transaksi. 

Khusus untuk transaksi pembelian token listrik, umumnya biaya yang dibebankan kepada pelanggan sebesar Rp 2.500 dan ini sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Selain itu juga ada beberapa keuntungan lain jika menjadi agen Brilink, yaitu 
  • Terdapat pendampingan lebih dari 2.000 tenaga pembina Agen Brilink di seluruh Indonesia
  • Terdapat asuransi kepada agen jika terjadi kecelakaan atau kebakaran pada tempat usaha
  • Usaha memiliki branding yang bagus di masyarakat karena BRI adalah Bank yang sudah sangat dekat dengan masyarakat

Modal Agen Brilink

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa modal agen brilink hanya membutuhkan modal Rp 3.000.000 saja. Modal tersebut digunakan sebagai jaminan BRI dan pembelian mesin EDC BRI.

Namun, sebenarnya berapa modal yang diperlukan agen Brilink agar bisa untung?

Jawabannya adalah tergantung dari jenis transaksi yang Anda layani. Jika Anda hanya melayani transaksi pembelian pulsa, token listrik, cicilan, atau setor tunai/tarik tunai dalam jumlah kecil, modal Rp 5 juta sepertinya cukup.

Namun, jika Anda melayani transaksi dalam jumlah besar modal yang dibutuhkan juga besar. Apalagi jika usaha agen Brilink Anda berada di daerah pinggiran yang jauh dari perkotaan. Bisa saja ada pelanggan yang bermaksud menyetorkan uang puluhan juta sekali transaksi. Itu berarti modal Anda juga harus besar.

Transaksi Brilink

Ada 3 produk dan layanan untuk transaksi Brilink, yaitu Lakupandai, T-Bank, dan Mini ATM BRI.

Laku Pandai

Lakupandai adalah layanan perbankan atau layanan keuangan yang dapat dilakukan oleh agen Brilink tanpa melalui jaringan kantor BRI.

Fasilitas Lakupandai dapat digunakan untuk :
  • Cash In & Out
  • Report
  • Setoran Uang
  • Tarik Tunai
  • Isi Ulang Pulsa
  • Belanja Merchant  
T-Bank adalah layanan keuangan digital BRI berupa nomor handphone yang dijadikan sebagai nomor rekening untuk transaksi. 

Fasilitas T-Bank dapat digunakan untuk :
  • Setoran Pinjaman
  • Setoran Simpanan
  • Tarik Tunai 
Mini ATM BRI adalah layanan transaksi non tunai dengan menggunakan mesin EDC BRI layaknya transaksi melalui ATM.

Fasilitas Mini ATM BRI dapat digunakan untuk :
  • Registrasi Mobile Banking
  • Registrasi Internet Banking
  • Informasi Rekening
  • Transfer
  • Pembayaran
  • Isi Ulang Pulsa
  • Setor-Pasti

Cara Daftar Agen Brilink

Untuk mendaftar menjadi agen Brilink sangat mudah, Anda tinggal mengajukan dokumen persyaratan ke unik kerja Bank BRI terdekat seperti Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan BRI Unit.

Jika pendaftaran diterima, Anda sudah bisa melakukan transaksi perbankan di tempat usaha Anda. Agar lebih menarik jangan lupa untuk memasang spanduk agen brilink di depan Kios.

Syarat Menjadi Agen Brilink

Adapun syarat yang harus dipenuhi agar diterima menjadi agen Brilink BRI adalah sebagai berikut :
  • Memiliki usaha minima 2 tahun
  • Belum pernah menjadi agen dari Bank penyelenggara Lakupandai lainnya
  • Fotokopi identitas diri (KTP atau NPWP)
  • Fotokopi surat keterangan usaha minimal dari RT/RW, SIUP/SITU/TDP, atau Akte Pendirian Usaha bagi yang berbadan hukum
  • Fotokopi rekening tabungan
  • Menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000
  • Mengisi formulir pengajuan kerjasama agen Brilink

Berapa Gaji Agen Brilink?

Mungkin sebagian calon agen Brilink bertanya-tanya. Berapa keuntungan atau gaji agen Brilink setiap bulannya. Bisa dikatakan gaji agen Brilink setiap bulannya berbeda-beda antara agen satu dengan agen lainnya tergantung dari transaksi yang ada.

Namun, faktanya di beberapa gathering agen BRI ada yang mengaku bisa mendapatkan penghasilan hingga belasan juta rupiah dari usaha agen Brilink ini. Angka yang besar yang setara dengan gaji karyawan bank BRI.

Fakta lain yang dikutip melalui tribunnews mengatakan bahwa agen Brilink telah mampu mencatatkan 1,5 juta kali transaksi per hari dengan jumlah transaksi hingga Rp 500 triliun selama periode Januari hingga September 2019. Ini membuktikan bahwa peluang mendapat keuntungan melalui Brilink sangat besar.

Kesimpulan 

Modal agen Brilink tidaklah besar, hanya dengan Rp 3.000.000 saja Anda sudah bisa melayani transaksi perbankan maupun non perbankan. Selain itu Anda juga sudah mendapat fasilitas mesin EDC untuk mendukung usaha. Namun dana tersebut akan ditahan dan akan dijadikan jaminan oleh BRI.

Untuk itu Anda harus memiliki modal tambahan untuk membuka usaha Agen Brilink. Di awal usaha sebaiknya Anda melayani transaksi dalam jumlah kecil, karena jika tidak, modal Anda akan habis dan sulit untuk berkembang. Paling tidak Anda harus memiliki modal tambahan sebesar Rp10 juta agar usaha tetap berjalan.

Nah, selanjutnya untuk syarat menjadi agen Brilink juga mudah, Anda perlu meyiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti identitas diri, surat ijin usaha, fotokopi rekening tabungan, menyiapkan setoran, dan mengisi formulir kerjasama.

Melalui agen Brilink, pelanggan dapat melakukan transaksi perbankan maupun non perbankan, seperti transfer, tarik tunai, setor tunai, beli pulsa, token listrik, bayar tagihan BPS, dan lain-lain.

Bacara juga : Cara Transaksi Dengan Brilink Mobile

Demikian informasi mengenai modal agen Brilink beserta persyaratannya, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Berapa Modal Menjadi Agen Brilink? Dan Apa Saja Syarat-Syaratnya?"