Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Syarat Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah Tahun 2021

Syarat pinjaman BRI Syariah jaminan sertifikat rumah tahun 2021 hampir sama dengan jenis pinjaman BRI konvensional. Hanya saja prinsip yang digunakan dalam BRI Syariah tentunya berlandaskan hukum islam atau sistem syariah agar terhindar dari praktik riba. Nah, apakah melakukan kredit di BRI syariah benar-benar terbebas dari riba dan cicilannya ringan? Yuk kita bahas secara lengkap di sini !

Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah Tahun 2021

Gadai sertifikat rumah di BRI Syariah menjadi solusi umat muslim yang ingin mendapatkan kucuran dana cepat namun tidak ingin terjerumus dalam riba. Dengan adanya jaminan berupa sertifikat rumah tersebut, pinjaman akan lebih cepat cair karena nominal gadai cukup tinggi.

Bagi yang tidak ingin menggunakan agunan seperti sertifikat rumah, Anda bisa memilih jenis Kredit Tanpa Agunan (KTA) BRI Syariah. Namun, syaratnya Anda adalah calon nasabah yang berstatus karyawan, dimana perusahaan tempat Anda bekerja telah bekerja sama dengan BRI Syariah dalam sistem penggajian yang dikenal dengan istilah payroll.

Jika Anda bukan termasuk golongan tersebut, maka pinjaman BRI Syariah jaminan sertifikat rumah adalah solusi tepat. Jenis pinjaman yang akan Anda terima nantinya adalah jenis pinjaman mikro BRI. Mikro BRI Syariah menggunakan akad mudharabah (akad jual beli) yang dapat digunakan untuk modal kerja, investasi hingga konsumsi.

Kelebihan Pinjaman BRI Syariah

Dengan mengedepankan sistem syariah, BRI Syariah memiliki kelebihan dibandingkan dengan BRI sistem konvensional. Kelebihannya adalah sebagai berikut :

  • Cicilan sesuai dengan plafon awal. Maksudnya adalah apabila angsuran dijumlahkan keseluruhan, maka hasilnya adalah sesuai dengan plafon yang dipinjam
  • Memiliki pinjaman beragam yang dapat digunakan sesuai dengan keperluan nasabah
  • Syarat mudah
  • Tidak ada unsur riba yang dilarang dalam ajaran islam

Syarat Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah Tahun 2021

Untuk mendapatkan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, calon nasabah harus memenuhi beberapa dokumen persyaratan seperti identitas pribadi, identitas usaha dan bukti bahwa calon nasabah memiliki kemampuan finansial untuk membayar cicilan. 

Ketentuan Pinjaman BRI Syariah

Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh calon nasabah, yaitu

  • Dengan pinjaman BRI Syariah jaminan sertifikat rumah, berarti calon nasabah akan mendapatkan pembiayaan mikro dengan syarat harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 2 tahun
  • Pihak bank akan melakukan BI Checking guna melihat track record calon nasabah apakah sebelumnya pernah mengalami masalah perihal pinjam meminjam apa tidak
  • Calon nasabah berusia minimal 21 tahun
  • Khusus bagi yang sudah menikah minimal berusia 18 tahun
  • Maksimal usia nasabah 65 tahun saat jatuh tempo pelunasan
  • Memberikan jaminan/agunan
  • Memiliki rekening tabungan BRI Syariah

Dokumen Persyaratan Pinjaman BRI Syariah 

  • KTP suami dan istri calon nasabah yang masih berlaku (jika berstatus nikah)
  • Kartu Keluarga
  • Akta nikah
  • Akta cerai/surat kematian untuk calon nasabah berstatus duda/janda
  • Melampirkan surat ijin usaha/SKU Asli (Surat Keterangan Usaha)
  • Untuk plafon di atas 50 juta harus melampirkan NPWP
  • Untuk pembiayaan di atas Rp 75 juta bisa melampirkan SHM, SHGB, SHMSRS, AJB/Letter C/Girik, Petok D, BPKB, SHPTU/SIPTU, atau gadai deposito
  • Mengisi formulir pengajuan kredit dan ditandatangani oleh calon nasabah
  • Fotokopi jaminan/agunan 
  • IMB jika ada

Catatan : Khusus untuk pinjaman BRI Syariah jaminan sertifikat rumah, calon nasabah hanya melampirkan SHM, SPPT PBB bukti pelunasan PBB pada tahun terakhir sebagai jaminan

Tabel Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah

Sebagai bahan acuan sebelum melakukan kredit dengan jaminan sertifikat rumah melalui BRI Syariah, berikut ini kami lampirkan Tabel Pinjaman BRI Syariah tahun 2021.


Penutup

Tidaklah sulit untuk mendapatkan pinjaman BRI Syariah dengan jaminan sertifikat rumah, asalkan semua persyaratan telah dipenuhi. Selain tidak ada bunga yang menjadi permasalahan bagi umat muslim, pinjaman BRI syariah juga memiliki plafon yang cukup tinggi, yaitu mencapai Rp 200 juta.

Jadi, apakah masih ragu untuk mengajukan pinjaman di BRI Syariah? Jika masih ragu, Anda bisa mengajukan Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah yang merupakan pinjaman sejenis dari BRI.

Demikian informasi mengenai Syarat Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah Tahun 2021, semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang sedang mencari informasi seputar pinjaman bank.

6 komentar untuk "Syarat Pinjaman BRI Syariah Jaminan Sertifikat Rumah Tahun 2021"

  1. Apakah saya bisa pindah bank dari BRI ,ke BRI Syariah,saya masih ada cicilan,agunan sertipikat rumah,tlg di inpo

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.. silahkan lakukan take over antar bank.. baca disini : https://www.gurumedsos.com/2021/04/cara-take-over-pinjaman-bank-bri.html

      Hapus
  2. Min klo jaminan bpkb mobil bisa kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa... silahkan baca-baca dulu infonya disini : Pinjaman BRI Jaminan BPKB

      Selanjutnya bisa konsultasi ke kantor BRI terdekat

      Hapus
  3. Ass ....saya mau tanya bisa kah sya mengajukan kalo tempat usaha dan agunan y ditempat yang berbeda.saya usaha dibogor tapi agunan y ditangerang.......bisa kah ???

    BalasHapus