Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KTA Mandiri 2024 : Syarat, Pengajuan, Tabel Pinjaman

KTA Mandiri 2024 - Bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan tetap di BUMN/BUMD/Swasta atau yang berstatus PNS/TNI/Polri/pensiunan, Kredit Tanpa Agunan dari Mandiri dapat dijadikan sebagai salah satu opsi untuk mendapatkan pinjaman dana segar. Terlebih jika gaji bulanan dibayarkan melalui rekening Payroll Mandiri, maka prosesnya akan lebih cepat.

Adapun jenis KTA Mandiri yang dimaksud adalah Kredit Serbaguna Mandiri, yang mana pernah saya singgung pada artikel jenis jenis pinjaman bank Mandiri tahun 2024. Menariknya lagi, KTA Mandiri ini memiliki limit yang sangat besar, yakni hingga nominal Rp 1 Miliar dengan jangka waktu pelunasan sampai dengan 15 tahun. Untuk suku bunganya antara 0,59% - 0,81%, cukup ringan bagi kaum mendang-mending, hehe.

Sesuai namanya yakni Kredit Serbaguna Mandiri, maka pencairan dana dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk modal usaha maupun tujuan lain seperti renovasi rumah, pendidikan, pernikahan, atau kebutuhan lain yang bersifat konsumtif.

Nah, langsung saja berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai KTA Mandiri 2024, mulai dari persyaratan sampai cara pengajuan kredit !

Syarat KTA Mandiri 2024

Agar pengajuan kredit lebih mudah, disarankan Anda memiliki profesi yang sudah disebutkan di atas. Berikut ini adalah persyaratannya :

  1. Berstatus WNI dan berdomisili di Indonesia
  2. Minimal berusia 21 tahun
  3. Berusia maksimal 60 tahun saat pinjaman berakhir (kecuali pemohon adalah pensiunan)
  4. Memiliki masa kerja minimal 1 tahun
  5. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta/bulan
  6. Memiliki rekening tabungan Mandiri atau Giro Mandiri

Kelengkapan Dokumen

Jenis DokumenPNS/TNI/POLRIBUMN/BUMD/SWASTA
 Formulir Asli Aplikasi diisi lengkap dan benar 
 Foto Copy KTP Pemohon yang masih berlaku
 Foto Copy NPWP (khusus limit >Rp 50 Juta)
 Slip gaji / Surat keterangan penghasilan terakhir asli (khusus Non Payroll)
 SK Pengangkatan Pegawai dari Instansi Asli  (khusus TNI/POLRI)-

Biaya-Biaya

KTA Mandiri juga memiliki biaya-biaya yang menjadi tanggungan debitur, yaitu sebagai berikut :

Alokasi BiayaBiaya Kredit
 Premi Asuransi Sesuai rate
 Provisi Sampai dengan 1% dari limit kredit
 Biaya Administrasi Sampai dengan Rp 100.000

Pengajuan KTA Mandiri

Setelah mengetahui persyaratan umum, kelengkapan dokumen, dan biaya administrasi, Anda perlu memahami prosedur pengajuan KTA Mandiri, yaitu sebagai berikut !

1. Mengisi Formulir KTA Mandiri KSM

Silahkan datang ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk mendapatkan formulir Kredit Serbaguna Mandiri. Temui Customer Service atau Marketing untuk bertanya lebih lanjut mengenai KTA Mandiri, entah soal plafon pinjaman, perkiraan cicilan bulanan, atau lainnya. Oh ya, jangan lupa bawa juga kelengkapan dokumen yang sudah disebutkan di atas ya

2. Serahkan Kelengkapan Dokumen

Setelah mengisi formulir KTA, silahkan serahkan dokumen yang sudah disiapkan dari rumah. Petugas akan mengecek apakah persyaratan sudah lengkap atau belum. Jika belum lengkap atau ada tambahan persyaratan dari petugas silahkan lengkapi terlebih dahulu.

3. Pengajuan Diterima/Ditolak

Yang perlu diingat adalah diterima atau tidaknya pengajuan kredit ada di tangan kepala cabang atau cluster manager. Jadi, setelah formulir kredit dan kelengkapan dokumen diterima oleh petugas, selanjutnya akan masuk tahap Branch Delivery System - Integrated Loan System (BDS-ILS). Pada proses ini pengajuan KTA Mandiri Anda akan masuk pada tahap selanjutnya atau tidak.

Jika lolos, maka data Anda akan masuk ke dalam Loan Organization System dan akan dikirim ke pihak regional untuk proses verifikasi. Selanjutnya dari pihak regional akan melakukan verifikasi data mulai dari pekerjaan, penghasilan, dan lain sebagainya.

4. Calon Debitur Dihubungi Pihak Bank

Setelah dinyatakan lolos, pihak bank akan menghubungi calon debitur dan akan memberikan informasi alur selanjutnya. Untuk proses pencairan biasanya membutuhkan waktu antara 7-14 hari kerja. Oh ya, pengecekan status pengajuan KTA, Anda dapat menghubungi Call Center Mandiri di nomor 14000.

5. Pencairan Dana KTA

Perlu diketahui bahwa KTA Mandiri akan dicairkan ke rekening tabungan atau rekening giro setelah calon debitur melakukan tanda tangan kontrak dan berita acara serah terima kredit.

Tabel Pinjaman KTA Mandiri 2024

Berikut ini adalah contoh tabel KTA Mandiri yang dapat dijadikan patokan pinjaman !

Tabel Pinjaman KTA Mandiri 2024

Pembayaran Cicilan

Untuk karyawan yang gaji bulanannya dibayarkan melalui rekening Payroll Mandiri, maka cicilan dapat dilakukan melalui sistem auto debet. Cara ini bagi pihak bank lebih mudah dibandingkan dengan pembayaran manual melalui ATM, Mobile Banking, dan sejenisnya.

Tanya Jawab

Apa itu Payroll Mandiri?

Payroll Mandiri adalah sistem gaji yang dibayarkan melalui rekening Mandiri. Dengan gaji bulanan yang dibayarkan langsung melalui rekening Mandiri, maka lebih mudah dalam pengajuan KTA Mandiri.

Bagaimana cara mengajukan KTA Bank Mandiri?

Pastikan memenuhi persyaratan, lengkapi dokumen, dan datang ke kantor cabang Mandiri terdekat.

Berapa lama proses pengajuan KTA di Bank Mandiri?

Proses pencairan membutuhkan waktu 7-14 hari kerja.

Apakah di Mandiri bisa pinjam uang tanpa jaminan?

Bisa, jenis produknya adalah Kredit Serbaguna Mandiri.

Apakah bisa pengajuan KTA Mandiri secara online?

Untuk saat ini hanya tersedia secara offline (datang langsung ke kantor cabang).

Kesimpulan

Jika Anda ingin mengajukan KTA Mandiri di tahun 2024, maka produk pinjaman yang dimaksud adalah Kredit Serbaguna Mandiri. Pinjaman ini akan lebih mudah di-acc jika Anda berprofesi sebagai karyawan tetap di suatu perusahaan yang gajinya dibayar melalui rekening Mandiri (Payroll Mandiri).

Untuk opsi selanjutnya pinjaman ini juga cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai PNS/TNI/POLRI maupun karyawan BUMN/BUMD yang memiliki SK (Surat Pengangkatan). Sudah paham kan maksud saya? hehe

Nah, untuk limit kreditnya juga sangat tinggi, yakni mencapai nominal Rp 1 Miliar. Tentunya nominal ini juga harus sebanding dengan gaji/tunjangan Anda yang berada di instansi terkait ya. 

Agar lebih jelas, silahkan baca sekali lagi artikel di atas, dan semoga informasi KTA Mandiri 2024 ini bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "KTA Mandiri 2024 : Syarat, Pengajuan, Tabel Pinjaman"