Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Cara Tepat Menutup Kartu Kredit Mandiri Tanpa Ribet

Menutup kartu kredit Mandiri bukan berarti langsung memotong kartu kredit yang Anda miliki dengan gunting. Ada prosedur yang harus Anda jalani agar layanan kartu benar-benar dinonaktifkan oleh pihak bank. 

Beberapa diantara prosedurnya adalah mulai dari pelunasan tagihan/iuran tahunan (jika ada), menonaktifkan fitur pembayaran auto debet kartu kredit (jika ada), dan yang terakhir adalah melakukan pengajuan penutupan kartu kredit melalui Call Center atau langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat.

Sebagai tambahan informasi saja bahwa kartu kredit Mandiri akan diperpanjang secara otomatis oleh pihak bank jika masa berlaku telah habis. Jadi, jika Anda berencana tidak memperpanjang masa aktif kartu kredit, setidaknya lakukan pengajuan penutupan kartu 1 bulan sebelum masa berlaku berakhir. Opsi lain, meskipun masa berlaku kartu masih jauh, namun tetap ingin menutup kartu ya silahkan saja tidak masalah.

Cara Menutup Kartu Kredit Mandiri

Sebagai referensi, berikut ini adalah panduan lengkap bagaimana cara menutup kartu kredit Mandiri yang benar dan sesuai prosedur !

Cara Menutup Kartu Kredit Mandiri

Jika ditarik benang merahnya, ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih menonaktifkan kartu kredit Mandiri miliknya. Mulai dari tidak lagi membutuhkan fasilitas kartu kredit, tidak bisa mengontrol pengeluaran kartu kredit, atau alasan lain yang memaksa Anda untuk menutup layanan kartu.

Nah, agar penutupan kartu kredit Mandiri berjalan dengan lancar, ikuti langkah-langkah berikut ini ! Btw ini berlaku untuk semua jenis kartu kredit Mandiri ya !

1. Lunasi Semua Tagihan/Iuran Tahunan

Langkah pertama adalah memastikan Anda tidak memiliki tagihan, entah itu tagihan belanja, bunga atau pun iuran tahunan. Untuk mengecek tagihan, silahkan cek di Livin By Mandiri atau email yang terdaftar di bank Mandiri.

2. Nonaktifkan Pembayaran dengan Fitur Auto Debet dari Kartu Kredit

Saat ini hampir semua tagihan bulanan rumah tangga seperti langganan internet, TV kabel, listrik, PDAM, atau lainnya bisa dibayar dengan fitur auto debet dari Kartu Kredit. Jadi, sebelum menonaktifkan layanan kartu Kredit Mandiri, silahkan matikan dulu fitur auto debetnya.

3. Tukarkan Reward Poin

Menukarkan reward poin bisa dikatakan opsi tambahan. Jika memang Anda memiliki banyak reward poin, tidak ada salahnya untuk ditukarkan dengan voucher belanja atau opsi lainnya.

4. Ajukan Penutupan Kartu Kredit Lewat Call Center/Kantor Cabang

Sebenarnya ada dua cara menutup kartu kredit Mandiri yang dapat dilakukan oleh nasabah, yaitu lewat Call Center Mandiri atau langsung ke kantor cabang. Agar lebih jelas saya bahas dua-duanya saja ya.

Menutup kartu kredit mandiri Lewat Call Center Mandiri 14000

Yang pertama mari kita bahas penutupan kartu kredit lewat Call Center. Setelah menyelesaikan step 1 sampai 3, langkah selanjutnya adalah menghubungi Call Center Mandiri di nomor 14000 untuk proses penutupan kartu kredit secara permanen. Jangan lupa siapkan kartu kredit yang akan dinonaktifkan karena nantinya Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi data kartu maupun data pribadi.

Teknisnya, saat Anda menghubungi nomor 14000, akan muncul pilihan layanan perbankan, kartu kredit, dan beberapa pilihan lain. Silahkan pilih kartu kredit dan Anda akan terhubung dengan Customer Service yang menangani kartu kredit.

Setelah terhubung dengan Customer Service, segera sampaikan jika Anda ingin menonaktifkan kartu kredit Mandiri. Seperti biasa, CS akan melakukan verifikasi data nasabah terlebih dahulu seperti nama, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, dan nomor kartu kredit yang akan dinonaktifkan.

Setelah data terverifikasi, CS akan menanyakan alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan kartu. Dengan beribu rayuan, CS akan meminta Anda untuk mengurungkan niat penonaktifan kartu. Silahkan berikan jawaban yang tegas, misalnya sudah tidak lagi membutuhkan kartu untuk transaksi atau lainnya.

Jika sudah memberikan jawaban yang tepat, maka CS akan memproses permintaan untuk untuk menutup layanan kartu kredit. Jangan lupa minta bukti penutupan kartu kredit yang biasanya akan dikirim ke email nasabah.

Menutup kartu kredit mandiri Lewat Kantor Cabang

Cara yang kedua ini sangat mudah karena Anda tinggal datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa KTP dan kartu kredit Mandiri yang akan dinonaktifkan. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Ambil nomor antrian untuk bertemu dengan CS
  2. Setelah nomor antrian dipanggil, segera temui CS dan sampaikan jika Anda ingin menutup kartu kredit Mandiri
  3. CS akan menanyakan alasan penutupan kartu dan berikan jawaban yang tegas sehingga CS menyetujui penonaktifkan kartu
  4. CS akan meminta persyaratan seperti KTP dan kartu kredit
  5. CS akan mengecek terlebih dahulu apakah Anda masih memiliki tagihan atau tidak
  6. Jika tidak ada tagihan sama sekali, maka penutupan kartu kredit Mandiri akan diproses oleh CS
  7. Jangan lupa minta bukti penutupan kartu

Tanya Jawab

Bagaimana cara menutup kartu kredit yang belum diaktifkan?

Caranya sama seperti di atas, silahkan hubungi Call Center Mandiri di nomor 14000 atau langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk pengajuan penutupan kartu.

Berapa lama proses penutupan kartu kredit Mandiri?

Bank akan melakukan penutupan kartu kredit Mandiri maksimal 3 hari setelah pemegang kartu melunasi semua tagihan yang ada.

Apakah penutupan kartu kredit Mandiri tidak dikenakan biaya?

Sama sekali tidak ada biaya, kecuali Anda wajib melunasi tagihan jika ada.

Kesimpulan

Cara menutup kartu kredit Mandiri ada dua pilihan, yaitu lewat call center Mandiri di nomor 14000 atau datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa KTP dan kartu kredit yang akan dinonaktifkan. 

Untuk memastikan kartu kredit benar-benar dinonaktifkan oleh bank, jangan lupa meminta bukti penutupan kartu yang dapat dikirim melalui email atau metode lain yang dikehendaki oleh bank.

Demikian panduan lengkap bagaimana cara menutup kartu kredit Mandiri, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4 Cara Tepat Menutup Kartu Kredit Mandiri Tanpa Ribet"