Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan? Ini Penyebab dan Solusinya !

Penyebab Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan - Perlu diketahui bahwa mesin ATM Mandiri dapat bekerja dengan baik dengan adanya jaringan internet. Namun, meskipun jaringan internet baik tidak menutup kemungkinan kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan. Apa alasannya? Yuk cari tahu beberapa alasan kenapa kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Ada beberapa pemberitahuan atau keterangan yang muncul di layar mesin ATM saat kartu ATM Mandiri milik Anda tidak dapat digunakan untuk transaksi, baik tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan atau lainnya. Bahkan untuk sampai pada menu utama saja ada beberapa kasus yang memang tidak bisa.

Sebagai pemilik kartu ATM tentu Anda akan panik dong, apalagi di dalamnya terdapat saldo yang lumayan banyak, hehe. Namun, jangan khawatir karena ATM Mandiri tidak bisa digunakan bukan berarti saldo dibekukan oleh bank.

Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa pemberitahuan yang muncul di layar mesin ATM saat kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan untuk transaksi !

1. Kartu ATM Anda Tidak Diizinkan Untuk Digunakan

Jika setelah memasukkan PIN ATM dan ingin melakukan transaksi ternyata muncul pemberitahuan ATM tidak diizinkan digunakan, silahkan coba di mesin ATM Mandiri/ATM bank lain terlebih dahulu. Jika ternyata tetap tidak bisa, silahkan pergi ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk melakukan konsultasi. Insyaallah masalah Anda akan teratasi.

Hal ini bisa terjadi karena status rekening Mandiri Anda pasif/tidak aktif yang berakibat pada diblokirnya rekening oleh sistem.

Untuk mengaktifkan kembali rekening Anda, syaratnya cukup mudah, yaitu dengan membawa kartu ATM, KTP, dan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening. Setelah sampai di Customer Service, segera sampaikan jika kartu ATM Anda tidak bisa digunakan meskipun sudah memasukkan PIN dengan benar. Customer Service dengan senang hati akan membantu permasalahan Anda.

2. Data Tidak Ditemukan

Jika muncul pemberitahuan Data Tidak Ditemukan, bisa jadi mesin ATM sedang error. Silahkan coba di mesin ATM Mandiri lainnya.

3. Kartu ATM Mandiri Terblokir

Kartu ATM terblokir sering terjadi pada nasabah karena salah memasukkan PIN lebih dari 3 kali. Jika Anda mengalami kasus demikian, ada 2 solusi bisa dicoba. Yang pertama adalah dengan menghubungi call center Mandiri di nomor 14000 untuk membuka blokir kartu ATM, dan yang kedua adalah dengan mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat.

a. Menghubungi Call Center Mandiri di nomor 14000

  • Dial nomor 14000 melalui HP Anda
  • Setelah terhubung dengan Customer Service, segera sampaikan jika Anda ingin berkonsultasi masalah kartu ATM Mandiri yang terblokir
  • Customer Service akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu dengan menanyakan nama lengkap pemilik rekening, nomor rekening, nomor kartu ATM, dan beberapa data lainnya
  • Jika data sudah valid, Customer Service akan membantu membuka blokir kartu ATM Mandiri Anda

b. Datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat

Cara yang kedua ini sebenarnya sangat mudah, namun Anda perlu sedikit meluangkan waktu untuk datang ke kantor cabang Mandiri terdekat. Untuk syaratnya juga sama seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu membawa KTP, Kartu ATM, dan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening.

Langkah-langkahnya kurang lebih sebagai berikut :
  • Datang ke kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa persyaratan lengkap
  • Ambil nomor antrian untuk bertemu dengan Customer Service
  • Setelah nomor antrian dipanggil, segera sampaikan jika kartu ATM Mandiri terblokir
  • Customer Service akan meminta persyaratan seperti KTP, Kartu ATM, dan buku tabungan
  • Setelah persyaratan dinyatakan lengkap, Customer Service akan membuka blokir kartu ATM Mandiri dan meminta Anda untuk membuat PIN baru
  • Selesai

4. Kartu ATM Mandiri Keluar Sendiri dari Mesin ATM

Malanjutkan poin nomor 3, untuk kasus ini juga sering terjadi karena kartu ATM terblokir. Solusinya adalah dengan mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM.

5. Kartu ATM Mandiri Tertelan

Kartu ATM Mandiri tertelan adalah hal yang sangat menjengkelkan apalagi sedang benar-benar dibutuhkan. Agar rekening aman, saran saya adalah lakukan pemblokiran kartu ATM terlebih dahulu dengan menghubungi call center Mandiri di nomor 14000.

Selanjutnya segera lapor ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk ganti kartu ATM Mandiri baru atau menunggu kartu yang tertelan di bongkar dari mesin ATM. 

NB : Untuk biaya penggantian kartu ATM tergantung dari jenis kartu ATM Mandiri Anda yang tertelan.

6. Transaksi Tidak Dapat Diproses

Hal ini terjadi karena kartu ATM Mandiri Anda sudah kadaluwarsa. Akibatnya Anda tidak dapat melakukan transfer, tarik tunai, cek saldo atau transaksi lainnya, dan di layar mesin ATM muncul keterangan error "Transaksi Tidak Dapat Diproses".

Solusinya adalah mengganti kartu ATM di kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa kartu ATM lama, KTP, buku tabungan, dan membawa uang Rp 15 ribu sebagai ganti kartu (bisa juga dipotong langsung melalui rekening).

Tanya Jawab

Kenapa tidak bisa mengambil uang di ATM padahal saldo ada?

Selain karena faktor jaringan internet dari mesin ATM, bisa jadi karena kartu ATM Anda dinonaktifkan/disable oleh sistem bank. Solusinya pergi ke ATM lain terlebih dahulu, namun jika hasilnya sama silahkan pergi ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk konsultasi.

Bagaimana ciri ciri ATM terblokir?

Di layar mesin ATM muncul keterangan "Kartu ATM Anda Ditolak, Silakan Hubungi Call Center, Anda Telah 3X Salah PIN, Salah PIN Sudah Melampaui Batas Silakan Mengambil Kartu Anda, atau bisa juga Transaksi Tidak berhasil"

Bagaimana cara mengaktifkan ATM Mandiri yang sudah mati?

Datang ke kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa kartu ATM lama, KTP, dan buku tabungan untuk aktivasi ulang.

Apakah kartu ATM yang terblokir tetap dapat menerima transfer?

Jika yang terblokir adalah kartu ATM nya maka rekening tetap dapat menerima transfer dari rekening lain.

Kesimpulan

Ada banyak alasan kenapa ATM Mandiri tidak bisa digunakan. Namun, pada intinya ada 2 alasan utama. Yang pertama adalah faktor dari jaringan internet/mesin ATM yang error, dan yang kedua adalah dari kartu ATM itu sendiri, bisa karena memang diblokir oleh sistem imbas dari status rekening yang pasif atau mungkin salah memasukkan PIN ATM yang mengakibatkan kartu terblokir.

Untuk solusi dari kasus kartu ATM Mandiri yang tidak dapat digunakan adalah dengan menghubungi call center Mandiri di nomor 14000 atau datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk mencari solusinya. Jangan lupa membawa KTP, kartu ATM, dan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening.

Sekian informasi mengenai penyebab kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ! Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan? Ini Penyebab dan Solusinya !"