Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Daftar BNI Sekuritas 2022 : Syarat, Biaya, dan Cara Daftar

Daftar BNI Sekuritas - Banyak sekali jenis instrumen investasi yang dapat Anda pilih sebagai aset masa depan, mulai dari aset kripto, reksa dana, obligasi, saham atau investasi lain yang dianggap memiliki potensi keuntungan. Namun, yang wajib Anda ingat adalah aset-aset tersebut wajib dibeli melalui broker yang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk terjun di pasar modal dan belum memiliki broker, BNI Sekuritas dapat dijadikan pilihan yang tepat. Dengan setoran awal hanya Rp 1 juta dan tanpa adanya biaya tambahan, Anda sudah dapat melakukan jual beli saham di pasar modal dengan fee transaksi yang sangat terjangkau.

Agar dapat melakukan transaksi jual beli saham maupun reksa dana di BNI Sekuritas, Anda wajib memiliki rekening Efek (Rekening Dana Nasabah) terlebih dahulu. Rekening tersebut dapat Anda peroleh setelah melakukan pendaftaran akun di broker BNI Sekuritas melalui aplikasi BIONS.

Menurut pengalaman saya sendiri, cara daftar BNI Sekuritas melalui BIONS sangatlah mudah. Anda tinggal memasukkan data diri secara lengkap, melampirkan foto KTP, foto diri (selfie), dan menentukan profil resiko masing-masing calon investor.

Perlu diketahui juga bahwa pendaftaran BNI Sekuritas hanya dapat Anda lakukan melalui perangkat mobile karena setelah saya coba lewat browser komputer ternyata muncul notif "Halaman Registrasi ini hanya dapat diakses melalui browser dari perangkat mobile".

Namun, bukan berarti transaksi jual beli saham hanya dapat dilakukan secara mobile saja. Anda juga dapat menginstal BIONS melalui desktop ataupun langsung login akun di website BIONS untuk transaksi jual beli saham. Paham kan sampai sini? hehe

Sebelum lebih detail membahas bagaimana cara daftar BNI Sekuritas melalui aplikasi BIONS, alangkah baiknya saya jelaskan dulu secara singkat profil dari BNI Sekuritas.

Apa itu BNI Sekuritas?

BNI Sekuritas adalah anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang bergerak di bidang broker saham yang berdiri sejak tanggal 12 April 1995. Adapun kegiatan usahanya meliputi perdagangan saham, reksa dana, surat utang, investment banking, dan assets management.

Sebagai tambahan informasi saja bahwa selain Perusahaan Sekuritas, BNI juga memiliki anak perusahaan lain, diantaranya adalah BNI Multifinance dan BNI Life

Kembali ke topik pembahasan yaitu tentang BNI Sekuritas, dimana perusahaan ini telah diawasi oleh OJK. Yang menarik per Oktober 2021, BNI Sekuritas mencatatkan rata-rata Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) sebesar Rp 344,54 Miliar. Tentunya angka yang sangat besar ini dapat dijadikan pertimbangan investor dalam menentukan Sekuritas mana yang cocok untuk dipilih sebagai platform pembelian saham.

Nah, apakah sudah ada gambaran mengenai BNI Sekuritas? Jika sudah, saya akan coba jelaskan Platform yang digunakan untuk jual beli saham di BNI Sekuritas.

BIONS BNI Sekuritas

BIONS adalah sebuah platform investasi dan trading yang dimiliki oleh BNI Sekuritas. Tersedia dalam bentuk Web-Based, Mobile, dan Desktop yang dapat dipilih oleh investor sebagai aplikasi pendukung trading atau investasi.

BIONS BNI Sekuritas


Setelah mengetahui platform yang digunakan untuk jual beli saham atau reksadana menggunakan BNI Sekuritas, selanjutnya Anda juga perlu tahu setoran awal dan biaya-biaya saat transaksi jual beli saham.

Jenis Rekening dan Biaya-Biaya

Ada tiga jenis rekening yang dapat dipilih di BNI Sekuritas secara online, yaitu reguler, syari'ah, dan Margin. Mengenai setoran awal dan fee BNI Sekuritas silahkan lihat di tabel berikut ini !

Jenis TransaksiRegulerSyari'ahMargin
 Setoran Awal Rp 1 juta Rp 1 juta Rp 200 juta 
 Biaya Transaksi Beli (online)  0,17% 0,17% 0,17%
 Biaya Transaksi Jual (online) 0,27% 0,27% 0,27%
 Biaya Bulanan Tidak Ada  Tidak ada Tidak ada
 Lama Penyelesaian T+2 T+2 180 hari
 Biaya Keterlambatan Penyelesaian 36% p.a Tidak Ada 18% p.a

Cara Daftar BNI Sekuritas

Ada dua cara untuk mendaftar di BNI Sekuritas, yaitu secara offline dan online. Namun, kali ini saya hanya merekomendasikan untuk membuka rekening BNI Sekuritas secara online saja karena lebih praktis dan proses mudah. 

Anda hanya perlu mempersiapkan KTP asli, NPWP (jika ada), nomor rekening tabungan BNI, dan kertas putih untuk tanda tangan. 

Cara Daftar BNI Sekuritas Secara Online

Untuk mempermudah proses pendaftaran, sebaiknya Anda sudah memiliki rekening di bank BNI. Kenapa? Karena jika belum memiliki rekening BNI, maka Anda wajib mencetak formulir pendaftaran yang telah diisi dan mengirimnya ke kantor BNI Sekuritas yang beralamat di Sudirman Plaza Indofood Tower lantai 16 Jl. Jend.Sudirman Kav. 76 – 78 Jakarta 12910.

Setelah melalui proses verifikasi oleh pihak BNI Sekuritas, maka Anda akan mendapatkan Rekening Dana Nasabah (RDN) yang digunakan sebagai rekening untuk top up dana/deposit.

Nah, berikut ini adalah cara mendaftar BNI Sekuritas khusus yang sudah memiliki rekening BNI !
  1. Download aplikasi BIONS melalui Google Play Store/App Store
  2. Silahkan instal dan klik tombol Register (gambar no. 1) atau buka halaman https://bions.id/registration
  3. Isi semua form dengan benar (gambar no. 2)
  4. Klik tombol Lanjut/Next (gambar no. 3)
  5. Anda akan diminta memasukkan kode OTP yang dikirim via email (gambar no. 4)
  6. Buka email yang berisi kode OTP (gambar no. 5)
  7. Masukkan kode OTP (gambar no. 6)
  8. Klik tombol Lanjut (gambar no. 7)
  9. Verifikasi OTP Sukses, Anda akan diminta menyiapkan KTP, NPWP, dan informasi rekening tabungan BNI, klik Lanjut (gambar no. 8)
  10. Pilih jenis rekening investasi dan klik Lanjut (gambar no. 9)
  11. Lakukan pengambilan foto KTP (gambar no. 10)
  12. Klik Lanjut (gambar no. 11)
  13. Silahkan isi data pribadi dengan benar (gambar no. 12)
  14. Isi alamat lengkap (gambar no. 13)
  15. Klik tombol Data Saya Sudah Benar (gambar no. 14)
  16. Silahkan isi Data Tambahan (gambar no. 15)
  17. Isi Data Penghasilan (gambar no. 16)
  18. Isi Profil Resiko (gambar no. 17)
  19. Klik tombol Lanjut (gambar no. 18)
  20. Centang Pernyataan Tambahan (gambar no. 19)
  21. Anda akan diminta melengkapi dokumen pendukung, klik  Lanjut (gambar no. 20)
  22. Lakukan foto selfie, klik Lanjut (gambar no. 21)
  23. Klik Lanjut (gambar no. 22)
  24. Siapkan kertas putih yang sudah dibubuhi tanda tangan, ambil foto tanda tangan dan klik Lanjut (gambar no. 23)
  25. Dokumen pendukung pastikan diterima, dan klik Lanjut (gambar no. 24)
  26. Konfirmasi semua data (gambar no. 25)
  27. Klik tombol Data Saya Sudah Benar (gambar no. 26)
  28. Centang Syarat dan Ketentuan (gambar no. 27)
  29. Klik tombol Lanjut (gambar no. 28)
  30. Selesai, tinggal tunggu email dari BNI Sekuritas yang berisi Rekening Dana Nasabah (RDN) dan username/password aplikasi BIONS
Perhatikan gambar di bawah ini !

Langkah 1-14

Cara Daftar BNI Sekuritas

Langkah 15-24

cara daftar di bni sekuritas

Langkah 25-29

cara daftar di bni sekuritas

Setelah Anda mendapatkan RDN dan user/password untuk login di aplikasi BIONS, silahkan lakukan top up dana minimal Rp 1 juta ke RDN agar dapat melakukan pembelian saham pertama di BNI Sekuritas.

Anda tidak harus membeli saham BBNI karena BIONS hanyalah sebuah platform transaksi jual beli saham. Anda bebas memilih saham apa saja asalkan sudah paham fundamentalnya.

Nah, untuk tutorial lengkap bagaimana cara top up RDN maupun transaksi jual beli saham di BNI Sekuritas akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Kelebihan BNI Sekuritas

  1. Pendaftaran mudah dan deposit awal hanya Rp 1 juta. Bahkan pada event-event tertentu setoran awal hanya Rp 100 ribu saja
  2. Proses transaksi jual beli cepat
  3. Keamanan terjamin, baik data-data nasabah maupun transaksi
  4. Selain saham juga tersedia reksa dana dan obligasi
  5. Biaya transaksi murah

Tanya Jawab

Apa syarat daftar BNI Sekuritas?

KTP, NPWP (jika ada), dan buku tabungan.

Berapa deposit awal BNI Sekuritas?

Rp 1 juta.

Bagaimana cara membuka rekening BNI Sekuritas?

Silahkan buka halaman https://bions.id/registration melalui HP Anda.

Berapa lama proses pendaftaran BNI Sekuritas?

Maksimal 14 hari kerja.

Berapa biaya BNI Sekuritas?

Fee beli 0,17% dan fee jual 0,27%.

BNI Sekuritas RDN apa?

RDN BNI Sekuritas adalah Rekening efek yang diberikan oleh BNI Sekuritas kepada investor sebagai rekening deposit.

BNI Sekuritas pakai aplikasi apa?

Aplikasi BIONS.

Bisakah Daftar BNI Sekuritas Online?

Bisa.

Apakah BNI Sekuritas terdaftar di OJK?

Sudah pasti terdaftar di OJK.

Kesimpulan

BNI Sekuritas adalah salah satu broker terbaik di Indonesia dengan deposit awal ringan dan biaya transaksi jual beli murah. Broker ini memiliki platform trading yang bernama BIONS yang dapat diakses melalui 3 metode, yaitu lewat website, mobile, maupun desktop.

Untuk melakukan pendaftaran, Anda dapat mengakses halaman https://bions.id/registration melalui HP atau menginstal aplikasi BIONS terlebih dahulu. Siapkan KTP, NPWP (jika ada), dan buku tabungan untuk mempermudah proses pendaftaran BNI Sekuritas.

Setelah pendaftaran diterima, nantinya Anda akan mendapatkan RDN (Rekening Dana Nasabah), dan juga username/password untuk login di aplikasi BIONS. Segera lakukan top up dana sebesar Rp 1 juta ke RDN agar dapat melakukan pembelian saham pertama kali.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara daftar BNI Sekuritas di tahun 2022, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar BNI Sekuritas 2022 : Syarat, Biaya, dan Cara Daftar"