Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Menutup Kartu Kredit BNI Tanpa ke Bank

Cara menutup kartu kredit BNI sangatlah mudah. Penutupan kartu dapat dilakukan melalui kantor cabang BNI terdekat maupun Call Center BNI di nomor 1500046. Karena saya tahu Anda termasuk orang yang sibuk, maka di artikel ini saya hanya akan share pengalaman bagaimana prosedur penutupan kartu kredit BNI lewat Call Center saja.

Perlu Anda ketahui bahwa penutupan kartu kredit BNI tidak dikenakan biaya sama sekali. Hanya saja pemegang kartu wajib melunasi tagihan, bunga atau denda jika memang Anda. 

Nah, bagaimana langkah-langkah menutup kartu kredit BNI yang benar tanpa ke bank atau pun sales/makelar? Berikut adalah penjelasan lengkapnya !

Cara Menutup Kartu Kredit BNI

Memiliki kartu kredit memang dibutuhkan dalam bisnis atau situasi urgent, seperti tarik tunai di ATM ketika saldo rekening mulai menipis. Apalagi saat ini hampir semua e-commerce di Indonesia sudah mendukung pembayaran melalui kartu kredit. Yang menarik tiap penyedia kartu kredit memberikan promo menarik kepada nasabahnya seperti potongan langsung atau cashback pada event-event tertentu.

Namun, dengan munculnya layanan paylater atau pun platform pinjaman online, seperti kredivo, shopeepay later, Akulaku, dan lain sebagainya membuat nasabah kartu kredit beralih ke platform tersebut dan memilih untuk menutup layanan kartu kredit mereka. Hal ini juga berimbas kepada saya selaku pemegang kartu kredit BNI, namun alasan penutupan bukan karena adanya platform pinjol tersebut lho, hehe.

Cara Menutup Kartu Kredit BNI

Saya sendiri menjadi nasabah kartu kredit BNI sudah sejak tahun 2014 dan memutuskan untuk menutup kartu kredit di tahun 2021. Alasannya karena memang kartu kredit tersebut sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 2020. Selain itu jenis kartu kredit BNI saya adalah silver yang artinya tidak bisa digunakan untuk pembayaran di e-commerce Shopee/Tokopedia.

Nah, ngomong-ngomong soal penutupan kartu kredit BNI, berikut ini saya bagikan pengalaman bagaimana cara tutup kartu kredit BNI melalui Call Center BNI !

1. Bayar Semua Tagihan Kartu Kredit BNI

Pertama, silahkan cek tagihan kartu kredit BNI Anda melalui layanan BNI e-Billing yang dikirim ke email. Jika ada tagihan meskipun Rp 1.000 silahkan bayar terlebih dahulu agar proses pengajuan penutupan kartu kredit dipermudah.

2. Gunakan Reward Poin Terlebih Dahulu

Sebelum menutup kartu kredit, ada baiknya tukarkan terlebih dahulu reward poin BNI Anda. Reward poin dapat ditukar dengan pulsa atau penawaran menarik lainnya.

3. Menonaktifkan Pembayaran Autodebet dengan Kartu Kredit BNI

Anda perlu menonaktifkan pembayaran autodebet di e-commerce atau website-website tempat Anda membeli barang dengan menggunakan kartu kredit sebelum menutup kartu kredit. 

4. Hubungi Call Center BNI di Nomor 1500046 Untuk Menutup Kartu Kredit BNI

Jangan lupa siapkan pulsa yang cukup agar sambungan telepon tidak terputus. Berikut ini langkah-langkahnya !

  • Hubungi nomor 1500046
  • Pilih opsi agar terhubung dengan Customer Service bagian kartu kredit
  • Setelah terhubung, silahkan sampaikan jika Anda ingin menutup kartu kredit BNI
  • Customer Service akan menanyakan nomor kartu kredit, nama pemegang kartu, tempat/tanggal lahir, dan nama ibu kandung untuk proses verifikasi data
  • Setelah data terverifikasi, Anda akan diminta untuk memberikan alasan mengapa ingin menutup kartu kredit BNI
  • Berikan alasan yang tepat, karena Customer Service akan berusaha keras membujuk Anda agar tetap menggunakan kartu kredit
  • Jika Customer Service setuju untuk melakukan penutupan, maka akan dilakukan pengecekan tagihan terlebih dahulu, apakah ada tagihan atau tidak di kartu kredit Anda
  • Jika tidak ada tagihan, maka Customer Service akan memproses penutupan kartu kredit BNI
  • Proses penutupan kartu kredit setidaknya memakan waktu 8 hari kerja setelah pengajuan

5. Kartu Kredit BNI Berhasil Ditutup

Beberapa hari setelah pengajuan penutupan kartu kredit BNI, saya pun menghubungi kembali call center BNI karena tidak mendapat notifikasi penutupan kartu. Setelah terhubung dengan CS saya pun mendapat jawaban bahwa status kartu kredit memang sudah ditutup, alhamdulillah.

Agar lebih yakin lagi, saya menunggu tagihan e-Billing di bulan berikutnya karena memang di bulan tersebut seharusnya ada tagihan biaya tahunan senilai Rp 250 ribu. Setelah dicek ternyata memang tidak ada email masuk.

Karena kurang yakin, akhirnya saya mengecek tagihan di nomor *141#. Apakah ada tagihan? ternyata memang tidak ada. Sampai di sini saya simpulkan bahwa kartu kredit BNI telah dinonaktifkan.

Tanya Jawab

Apakah ada bukti penutupan kartu kredit BNI jika pengajuan dilakukan melalui call center?

Ada, asalkan meminta CS untuk mengirimkan bukti penutupan kartu kredit BNI lewat email.

Berapa biaya penutupan kartu kredit BNI?

Tidak ada.

Berapa lama proses penutupan kartu kredit BNI? 

Maksimal 8 hari kerja setelah pengajuan penutupan.

Apakah aman melakukan pengajuan penutupan kartu kredit lewat sales marketing?

Lebih baik lakukan pengajuan secara mandiri.

Bagaimana cara menutup kartu kredit BNI yang belum diaktifkan?

Silahkan hubungi call center BNI di nomor 1500046. Langkah-langkahnya sama seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Berapa nomer bank BNI bila ingin menutup kartu kredit?

1500046.

Kesimpulan

Cara menonaktifkan kartu kredit BNI sangatlah mudah. Dengan menghubungi Call Center BNI di nomor 1500046, kartu kredit Anda dapat ditutup asalkan tidak memiliki tagihan sama sekali.

Apakah akan dipersulit? Sebenarnya tidak jika Anda memang memiliki alasan yang kuat. Misalnya kartu kredit sudah tidak digunakan lagi, memiliki kartu kredit di bank lain, atau sebagainya.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara menutup kartu kredit BNI tanpa ke bank, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menutup Kartu Kredit BNI Tanpa ke Bank "