Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus, Ini Solusinya !

Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus - Setelah berhasil daftar rekening BNI secara online dan telah mendapatkan user id BNI Mobile Banking, langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi akun. Namun, nyatanya proses aktivasi tidak semulus jalan tol. Beberapa nasabah tetap mengalami kendala, diantaranya adalah gagal melakukan aktivasi Mobile Banking BNI.

Akan tetapi jika Anda mengalami hal demikian, jangan khawatir. Saya akan mengupas permasalahannya disini. Namun, pastikan Anda mengikuti panduan cara aktivasi BNI Mobile Banking yang pernah saya posting ya. Insyaallah panduan tersebut sudah sesuai prosedur, hehe

Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus

Jika sudah mengikuti panduan tersebut, namun proses aktivasi BNI Mobile Banking masih selalu gagal, bisa jadi berikut ini adalah penyebabnya !

Penyebab Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus

Setidaknya terdapat 9 alasan mengapa BNI Mobile Banking tidak bisa aktivasi. Berikut adalah penjelasannya !

1. Pulsa Tidak Cukup Untuk Menerima OTP SMS

Sebelum melakukan aktivasi pastikan Anda sudah mengisi pulsa minimal Rp 5.000 meskipun biaya OTP Rp 550/sms. Hal ini untuk sekedar antisipasi saja jika kode OTP tidak kunjung masuk dan Anda harus mengirim ulang permintaan kode OTP. Tanpa adanya kode OTP melalui SMS, artinya Anda tidak bisa melakukan aktivasi BNI Mobile Banking.

2. Koneksi Internet Tidak Stabil

Karena aktivasi dilakukan secara online, jadi pastikan koneksi internet Anda stabil, baik menggunakan jaringan data seluler maupun wifi.     

3. HP yang Digunakan untuk Aktivasi Sudah Di-root

Sayangya BNI tidak mengizinkan HP yang telah diroot untuk aktivasi akun Mobile Banking BNI. Hal ini tentu saja demi keamanan nasabah. Jika HP yang Anda gunakan sudah terlanjut diroot silahkan lakukan unroot terlebih dahulu.

4. Gangguan Server BNI

Kendala gagal aktivasi tidak melulu soal human error dari nasabah. Terkadang BNI Mobile Banking gagal aktivasi dikarenakan server BNI sedang mengalami gangguan. Untuk memastikan masalah tersebut silahkan hubungi call center BNI di nomor 1500046.

5. Pengaturan Perizinan Aplikasi

Settingan perizinan aplikasi dari masing-masing merk HP tentunya berbeda-beda. Namun, pada intinya tetap sama, yaitu izinkan aplikasi BNI Mobile Banking mengakses semua data smartphone Anda. 

*Pastikan setelah instal aplikasi BNI Mobile,Anda telah mengizinkan aplikasi seperti gambar berikut ini!

Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus


Jika terlanjut  belum diizinkan, caranya adalah masuk menu setting, pilih manajemen aplikasi, pilih BNI Mobile Banking, pilih izinkan aplikasi. Cara ini juga berlaku untuk settingan SMS jika tidak menerima kode OTP.

6. Slot SIM HP Tertukar

Pastikan nomor HP yang digunakan untuk aktivasi dipasang pada slot SIM nomor 1. Jika sudah berada di posisi yang benar, namun tetap tidak bisa menerima OTP, silahkan lepas kartu SIM di slot 2.

7. Masih Menggunakan BNI Mobile Banking Versi Lama

Sebelum aktivasi, pastikan Anda telah mengupdate aplikasi BNI Mobile Banking versi terbaru, baik melalui Playstore (Android), maupun Appstore (IOS). Biasanya jika BNI Mobile melakukan update, maka nasabah diminta untuk melakukan aktivasi ulang.

8. Spesifikasi HP Belum Support BNI Mobile Banking

Jika Anda menggunakan smartphone Android, pastikan sudah menggunakan Android minimum versi 5.0.0 (Lolipop). Untuk versi di bawahnya sudah tidak bisa lagi.

9. Tidak Menerima Kode OTP Melalui Email

Jika di email masuk tidak ada kode OTP yang dikirim, silahkan cek di menu spam. 

Solusi Lain BNI Mobile Banking Tidak Bisa Aktivasi

Jika 9 penyebab gagal aktivasi Mobile Banking BNI yang telah disebutkan di atas ternyata masih juga belum berhasil, lakukan hal berikut ini !

1. Uninstal Aplikasi Kemudian Instal Lagi

Bisa jadi proses instal aplikasi mengalami corrupt yang mengakibatkan proses aktivasi gagal. Solusinya adalah dengan menguninstal aplikasi BNI Mobile Banking, kemudian instal kembali. Jangan lupa jika muncul perizinan aplikasi silahkan izinkan.

2. Coba di HP Lain

Jika Anda memiliki lebih dari 1 HP, silahkan lakukan aktivasi di HP yang lain. Jika ternyata aktivasi berhasil, bisa jadi spesifikasi HP yang pertama tidak sesuai spesifikasi standar untuk instalasi aplikasi BNI Mobile Banking.

3. Menghubungi Call Center BNI 

Menghubungi Call Center BNI adalah jalan terbaik jika mengalami kendala seputar perbankan. Anda dapat menghubungi Call Center BNI di nomor 1500046 dan pastikan memiliki pulsa yang cukup.

4. Datang ke Kantor Cabang BNI Terdekat

Ini adalah solusi terakhir jika Anda tetap gagal melakukan aktivasi Mobile Banking BNI. Silahkan bawa KTP dan bukti pendaftaran rekening BNI Online (jika buka rekening secara online). CS BNI akan membantu mengatasi permasalahan Anda.

*Bagi yang sudah lama memiliki rekening, silahkan bawa KTP, kartu ATM BNI, dan buku tabungan.

Kode Error Aktivasi BNI Mobile Banking

Saat gagal aktivasi akun di Mobile Banking BNI, mungkin saja Anda mendapat kode error yang tidak paham apa maksudnya. Untuk itu saya merangkum beberapa kode error beserta penjelasannya yang bisa dijadikan referensi.

Arti Kode Error dan Penjelasannya

  1. Root Device Detected, artinya HP Anda terdeteksi telah diroot. Demi keamanan sebaiknya lakukan unroot terlebih dahulu.
  2. MBANK 51, artinya Anda diminta untuk melakukan verifikasi data di kantor cabang BNI terdekat.
  3. MBANK 50, artinya Anda diminta untuk melakukan reset SSN melalui kantor cabang terdekat
  4. MBANK 18, 36, 37, artinya BNI Mobile Banking diblokir. Anda harus menghubungi Call Center BNI atau datang ke kantor cabang terdekat untuk membuka blokir tersebut.
  5. MBANK ERROR, artinya Anda harus mengupdate aplikasi BNI Mobile Banking versi terbaru
  6. MBANK 1, artinya Anda diminta untuk mengunjungi kantor cabang BNI terdekat

Tanya Jawab

Kenapa Mobile Banking BNI tidak bisa aktivasi?

Ada banyak alasan mengapa Mobile Banking BNI tidak bisa aktivasi, diantaranya adalah karena tidak memiliki pulsa untuk menerima kode OTP, pemasangan slot sim kartu tertukar, gangguan pada server BNI, settingan pada perizinan aplikasi, HP sudah diroot, dan beberapa masalah lainnya.

Kenapa kode OTP BNI Mobile Banking tidak masuk?

Bisa jadi karena pulsa tidak cukup untuk menerima kode OTP atau slot kartu SIM tertukar.

Aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus di iPhone?

Secara umum masalahnya hampir sama seperti pengguna Android. Jadi, silahkan baca penjelasan di atas ya.

Mengapa tidak bisa mengirim SMS OTP BNI Mobile Banking?

Bisa jadi pemasangan kartu SIM tertukar. Pastikan pemasangan kartu SIM berada di slot 1.

Kesimpulan

Ada banyak penyebab mengapa aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus, yaitu karena :
  • Pulsa tidak mencukupi untuk OTP
  • Koneksi internet tidak stail
  • HP sudah diroot
  • Gangguan server BNI
  • Belum memberikan perizinan aplikasi
  • Slot SIM tertukar
  • Belum update aplikasi versi terbaru
  • Spesifikasi HP dibawah standar
Selain itu, jika gagal aktivasi biasanya nasabah akan menerima kode error seperti, Root Device Detected, MBANK 51, MBANK 50, MBANK 18, 36, 37, MBANK ERROR, dan MBANK 1. Penjelasan dari masing-masing kode error tersebut sudah ada di atas ya.

Demikian informasi mengenai alasan aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus beserta solusinya, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus, Ini Solusinya ! "