Widget HTML Atas

9 Cara Memulai Jasa Pembuatan Website Profesional

9 Cara Memulai Jasa Pembuatan Website Profesional - Jika Anda sedang mencari usaha yang menjanjikan dan Anda sendiri adalah tipe orang yang suka bekerja di rumah, membuka jasa pembuatan website adalah salah satu ide terbaik. Apalagi jika Anda mempunyai skill bahasa pemrograman, seperti HTML/CSS, JavaScript/jQuery, Framework CSS,  Seo dan bahasa pemrograman lainnya.

Terlebih jasa pembuatan website hingga saat ini banyak dicari oleh para pebisnis yang ingin mempromosikan produk atau jasanya agar dapat diketahui secara luas. Ini merupakan sebuah tren dimana hampir semua bisnis memanfaatkan internet untuk memperluas area penjualan.

Menurut data riset yang dikutip melalui halaman detik.com, jumlah pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 175 juta orang. Bayangkan jika 1% nya saja tertarik membeli produk/jasa dari sebuah website. Berapa jumlah sales yang akan masuk rekening, hmmmm.

Peluang Usaha Jasa Pembuatan Website


Peluang Usaha Pembuatan Jasa Website


Dengan melihat pasar yang begitu besar, bisnis jasa pembuatan website bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin menambah penghasilan, atau bahkan menjadi pekerjaan utama. Dengan bermodalkan laptop/komputer dan internet, Anda sudah bisa menghasilkan uang melalui jasa website. 

Di sisi lain harga yang bisa ditawarkan untuk sebuah website bervariasi, dari ratusan ribu, jutaan, puluhan, hingga ratusan juta rupiah. Tergantung dari jenis website yang dibuat, tingkat kesulitan, hingga jam terbang Anda sendiri dalam membuat website. Semakin banyak portofolio yang didapat dari perusahaan-perusahaan besar atau instansi daerah/nasional, turut mempengaruhi harga jual sebuah website.

Masalahnya saya tidak paham bahasa pemrograman, gimana dong?

Bagi Anda yang masih awam sekalipun, saya yakin mampu membuat website. Asal ada kemauan untuk belajar. 

Sekarang membuat website tidak sesulit yang dibayangkan. Beberapa platform seperti Blogger dan Wordpress banyak digunakan untuk membuat website. Namun, agar lebih terlihat profesional, wordpress lebih direkomendasikan karena bukan tergolong platform gratisan.

Untuk membuat website dengan platform wordpress, yang perlu dipersiapkan adalah hosting, domain dan template.

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data website secara online berupa file dan media sehingga dapat diakses. Sedangkan domain  secara singkat dapat diartikan sebagai nama website. Nah, template sendiri adalah tampilan dari sebuah website.

Analisa Usaha Jasa Pembuatan Website


Modal Awal
komputer/laptop : Rp 3.000.000

Biaya Operasional Perbulan

 Internet Rp 200.000
 Listrik Rp 100.000
Jumlah Rp 300.000

Modal Pembuatan Website

Hosting (harga Rp 500.000 - Rp1.500.000)
Sebagai contoh ambil harga terendah
Rp 500.000 
DomainRp 150.000
Template Rp 300.000
Jumlah Rp 950.000

Contoh Paket

Paket A : Rp 1.500.000
Paket B : Rp 2.500.000
Paket C : Rp 3.500.000

Dari contoh modal pembuatan website kita asumsikan modal yang kita keluarkan adalah Rp 950.000. Kita bisa tawarkan paket A kepada client, sehingga keuntungan yang didapat adalah Rp 550.000.

lumayan kan?

Jika sebulan saja mendapat 4 client, setidaknya sudah mengantongi uang Rp 2.200.000 dari paket terendah.

Lumayan kan?

Nah, pertanyaannya adalah darimana memulai usaha pembuatan website?


peluang usaha


Cara Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website Hingga Sukses


1. Siapkan Peralatan Pendukung

Pastinya peralatan yang perlu dipersiapkan adalah Laptop/Komputer dan koneksi internet. Itulah mengapa bisnis ini terlihat lebih fleksibel dari bisnis jenis lainnya.

2. Tahu Tentang Cara Pembuatan Website

Anggaplah Anda sudah memiliki keahlian dalam membuat website. Namun jika belum, Anda dapat belajar dari google ataupun mengikuti kursus online/offline.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda tidak perlu memahami secara mendetail tentang bahasa pemrograman. Dengan mengetahui seluk beluk wordpress, Anda sudah bisa membuka jasa pembuatan website. Percayalah, karena yang diinginkan client adalah memiliki web yang dapat mendatangkan trafik/pengunjung.

3. Promosi melalui website sendiri

Bagaimanapun juga seorang web designer dalam mempromosikan jasanya haruslah melalui website. Apa dikata jika tidak memiliki web? hehe

Buatlah semenarik mungkin sebuah website promosi yang berisi penawaran paket yang jelas dan loading cepat. Profesionalitas website Anda akan menentukan kepercayaan calon client kepada jasa Anda.

Buat juga navigasi yang jelas seperti pilihan paket, cara pemesanan, metode pembayaran, cara pemesanan, contoh website yang telah dibuat, testimoni,dan halaman kontak yang dapat dihubungi.

4. Promosi Melalui Media Sosial

Media sosial juga sangat diperlukan untuk menjaring konsumen lebih luas. Anda dapat menggunakan fanspage di facebook, instagram, ataupun mengkombinasikannya dengan platform youtube. Semakin Anda menguasi media sosial, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pasar.

peluang usaha


Apalagi dengan adanya fitur facebook ads dan instagram ads. Usaha Anda berpeluang dilihat secara luas oleh calon konsumen.

5. Promosi Secara Offline

Dengan cara tradisional sekalipun promosi dirasa cukup efektif. Tawarkan website ke pelaku UKM di daerah ataupun pelaku bisnis lainnya. Toh, UKM sekarang ini juga memiliki target go online yang sudah didukung penuh oleh Pemda Setempat.

Tawarkan juga ke instansi-instansi pemerintah ataupun sekolah dengan menggunakan proposal yang semenarik mungkin. Cara ini masih terbukti berhasil kok.

6. Buat Harga yang Kompetitif

Harga kompetitif bukan berarti mahal atau murah. Sebaiknya Anda melihat harga pasar kemudian disesuaikan dengan modal dan tingkat kesulitan dalam membuat website. Sebagai pembeda dengan kompetitor lainnya, gunakan trik promo ataupun bonus sehingga dapat memikat calon client.

Untuk harga pasaran, umumnya dimulai dari harga Rp 1.500.000 per website.

7. Berikan Pelayanan Terbaik

On time dalam pengerjaan website harus terus dijaga. Profesionalitas Anda diuji disini. Dengan pelayanan terbaik dan sesuai permintaan, membuat pelanggan puas,dan bisa jadi merekomendasikan jasa Anda kepada orang lain.

8. Berikan Invoice 1 Bulan Sebelum Website Expired

Invoice perpanjangan website (hosting & domain) perlu diberitahukan kepada client sebulan sebelum expired. Gunanya agar client dapat mempersiapkan dana sesuai dengan tagihan. Aplagi jika client awam soal website, bisa jadi website malah tidak diperpanjang.

9. Beri Edukasi Pada Calon Client

Setelah calon client masuk halaman promosi website, bisa jadi mereka belum begitu paham dengan website yang akan mereka buat. Nah, disini Anda perlu mengeduasi client dan berikan konsultasi gratis mengenai website yang akan dibuat.

Jelaskan paket-paket yang tersedia beserta fitur-fitur yang akan diterima. Pada intinya client juga harus mengetahui syarat dan ketentuan jika membeli paket pembuatan website di jasa Anda.

Kesimpulan

Peluang usaha jasa pembuatan website pada intinya sangat prospek jika ditekuni, mengingat semakin tingginya permintaan pasar dalam pembuatan website.

Pelaku bisnis dalam skala kecil, menengah, maupun skala besar berlomba-lomba meningkatkan penjualan melalui internet, yang mana website menjadi salah satu alat marketingnya.

Begitupun dalam lingkungan instansi maupun sekolah, website digunakan sebagai media branding yang menunjukan kredibilitas di masyarakat. Begitu besar manfaat website bukan?

Bagi Anda yang belum ataupun sudah berkecimpung dalam dunia website, namun belum digunakan untuk komersil, ini adalah peluang besar dan wajib Anda coba.

Bayangkan dengan membuat 1 website, minimal Anda bisa mendapatkan keuntungan 500 ribu rupiah. Anda hanya perlu menyediakan hosting, domain, template dan keahlian Anda dalam mengolah website.

Bagaimana? Tertarik untuk membuka jasa pembuatan website?

Saya rasa demikian sharing seputar peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2020 ini, semoga Anda menjadi pebisnis website yang sukses. Aamiin...

Tidak ada komentar untuk "9 Cara Memulai Jasa Pembuatan Website Profesional"