Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Memasukan Kartu ATM yang Benar

Pertanyaan cara memasukan kartu ATM sebenarnya agak menggelitik karena sebenarnya kartu ATM tinggal dimasukan saja ke dalam  mesin ATM dengan posisi tulisan yang ada di kartu tidak terbalik. Beberapa ATM juga memiliki tanda khusus agar nasabah tidak salah dalam memasukan kartu ATM

Namun, bagi yang baru pertama kali memiliki kartu ATM, saya rasa wajar jika merasa kebingungan saat pertama kali mencoba memasukan kartu atm ke dalam mesin ATM. Entah itu takut jika kartu ATM tertelan ataupun bingung tidak bisa mengoperasikannya. Apalagi jika Anda sedang buru-buru mau transfer atau tarik tunai, hehe

Hingga akhirnya mencari tutorial di internet tentang bagaimana cara memasukan kartu ATM.

Pengalaman saya sendiri yang sudah 10 tahun menggunakan kartu ATM, seringkali juga ragu saat mencoba memasukan kartu debit. 

Ini posisinya sudah betul apa belum ya? dalam pikiran saya, hehe maklum kadang posisinya juga hampir saja terbalik.

Cara Memasukan Kartu ATM


Jika benar terbalik, ada dua kemungkinan yang akan terjadi, yaitu kartu atm tertelan atau kartu atm akan ditolak.

Jika kartu ATM ditolak, Anda harus bersyukur karena bisa jadi tertolong oleh sensor kartu saat validasi di mesin ATM. Karena sensor menganggap kartu tidak valid, maka kartu otomatis ditolak.

Namun, jika kartu berhasil masuk dan di layar mesin ATM tidak muncul menu baru, berarti kartu Anda tertelan. Yang harus Anda lakukan adalah menghubungi Bank terdekat yang menerbitkan kartu atm tersebut untuk melakukan pemblokiran kartu.

Pengalaman saya, jika kartu ATM tertelan, kita tidak perlu melakukan pemblokiran ATM. Biasanya petugas pengisi mesin ATM akan mengembalikan kartu yang tertelan ke kantor BANK terdekat. Kemudian Anda bisa mengambilnya di sana. Jika kebetulan Anda adalah nasabah BRI, bisa juga sekalian mengajukan pinjaman dana kur bank BRI.

Nah, agar kartu ATM Anda tidak tertelan seperti saya, berikut tips bagaimana Cara Memasukan Kartu ATM ke Mesin dengan benar.

Cara Memasukan Kartu ATM ke Mesin ATM agar Tidak Tertelan

Simak baik-baik ya panduan bagaimana cara memasukkan kartu ATM ke mesin ATM berikut ini
  1. Pastikan posisi kartu ATM saat dimasukkan benar, yaitu posisi garis hitam ada di bawah dan berada di samping kanan
  2. Lihat bagian atas, logo Bank harus berada di posisi depan
  3. Jika posisi salah, mesin tidak akan menarik kartu (pada posisi mesin ATM yang normal)
  4. Masukan kartu setelah poin 2 selesai
  5. Jika ternyata Anda terbalik memasukan kartu dan kartu akhirnya tertelan mesin, kemungkinan besar mesin ATM error atau mesin tidak dilengkapi dengan sensor pengenal kartu
  6. Lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas
Cara Memasukan Kartu ATM

Pertanyaan seputar masalah cara memasukkan kartu ATM

Kenapa kartu ATM Tidak Bisa Masuk?

Penyebab kartu ATM tidak bisa masuk bisa jadi karena strip magnetic warna hitam pada ATM sudah rusak atau lecet karena tergores. Bisa juga karena masa berlaku ATM habis. Namun, biasanya jika masa berlaku kartu ATM habis, kartu akan tertelan.

Bagaimana cara mengeluarkan kartu ATM yang tertelan?

Jika kartu ATM Anda tertelan, yang pertama harus dilakukan adalah memblokir rekening tabungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pemblokiran bisa dilakukan melalui call center atau melalui aplikasi bank terkait. Selanjutnya datang ke kantor Bank terdekat dengan membawa KTP dan buku tabungan.

Namun, dari beberapa kasus, nasabah tidak perlu memblokir rekening. Karena biasanya petugas bank akan mengembalikan kartu ATM yang tertelan ke kantor cabang bank terdekat ketika melakukan pengisian saldo di mesin ATM. Selanjutnya nasabah dapat mengambilnya di bank tersebut.

Apa yang terjadi jika memasukan Kartu ATM Terbalik?

Jika Anda terbalik dalam memasukkan kartu ATM tenang saja, karena secara otomatis mesin ATM akan menolak.
 
Nah, terjawab sudah beberapa pertanyaan seputar cara memasukan kartu ATM BRI, Mandiri, BNI, BCA dan jenis kartu ATM lainnya. 

Mengapa demikian? karena pada dasarnya semua kartu memiliki cara yang sama ketika digunakan di mesin atm.

Kesimpulan 

Pada dasarnya cara memasukkan kartu ATM ke mesin ATM itu mudah. Meskipun terbalik dalam memasukan kartu, kartu tidak akan diterima oleh sistem dan akan ditolak secara otomatis. Jadi kartu ATM tidak akan tertelan di mesin ATM.

Demikian sedikit sharing dari saya mengenai cara memasukan kartu atm agar tidak tertelan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Memasukan Kartu ATM yang Benar "