Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Daftar Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru 2021

Sebelum mengajukan pinjaman di bank BRI sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu daftar suku bunga pinjaman Bank BRI tahun 2021. Apalagi jenis pinjaman BRI beraneka ragam sesuai dengan tujuan dan kebutuhan masing-masing nasabah. Namun, dari sekian banyak jenis pinjaman BRI, hanya beberapa saja yang diminati oleh masyarakat, seperti pinjaman KUR BRI, KPR, KKB, Briguna dan Kupedes.

Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru

Kabar baiknya BRI memberikan suku bunga yang relatif rendah kepada nasabahnya. Apalagi untuk pinjaman KUR pemerintah menurunkan suku bunga yang sebelumnya 7% kini menjadi 6%. Tentu ini benar-benar meringankan nasabah dalam membayar angsuran setiap bulannya.

Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru 2021

Sebagai salah satu bank milik pemerintah, BRI memiliki berbagai layanan perbankan, salah satunya adalah pinjaman. Pinjaman BRI sering dilirik oleh masyarakat karena suku bunganya yang begitu ringan dan syarat mudah.

Secara garis besar, berikut ini adalah suku bunga pinjaman bank bri terbaru yang dapat dijadikan acuan nasabah :
  • Suku bunga Kredit Mikro 17,5%
  • Suku bunga Kredit Ritel 9,95%
  • Suku bunga Kredit KPR 9,98%
  • Suku bunga Kredit Non KPR 12,5% 
  • Suku bunga Kredit Korporasi 9,95%
Agar lebih jelas mengenai suku bunga pinjaman bank BRI tahun 2021 berdasarkan jenis pinjamannya, berikut ini adalah ulasan yang saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Pinjaman KUR BRI

  • Suku Bunga KUR BRI : 6% setahun
Produk pinjaman BRI yang pertama adalah KUR BRI. Pinjaman ini lebih ditujukan kepada UMKM untuk mengembangkan usahanya. KUR BRI sendiri dibagi menjadi 3 jenis, yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI.

Dari ketiga jenis pinjaman tersebut, pelaku UMKM dengan modal yang tidak begitu besar lebih lebih memilih KUR Mikro karena tidak wajib memberikan jaminan atau agunan kepada bank.

2. KPR dan KPRS BRI

  • Suku bunga KPR dan KPRS BRI : 5% setahun ( berdasaran https://bri.co.id/kpr-bri)
KPR dan KPRS BRI adalah 2 jenis produk pemilikan rumah yang berbeda. Perbedaan KPR dan KPRS BRI selain terletak pada fasilitas, juga berbeda soal DP. Untuk mendapatkan pinjaman KPR BRI, nasabah harus memberikan DP minimal 10% dari total pinjaman. Sedangkan KPRS BRI nasabah hanya perlu memberikan DP mulai dari Rp 900 ribu saja.

Meskipun terdapat perbedaan fasilitas, namun kedua jenis KPR ini tetap memberikan bunga efektif 5% setahun.

3. Pinjaman KKB BRI Mobil Baru dan Bekas

  • Suku Bunga KKB BRI Mobil Baru : mulai 3,6% setahun
  • Suku Bunga KKB BRI Mobil Bekas : mulai 4,99% setahun
Bagi nasabah yang ingin mengajukan kredit mobil melalui BRI, pinjaman KKB BRI bisa menjadi alternatifnya. Dengan DP mulai 25%, nasabah sudah dapat memiliki mobil baru. Sedangkan untuk kredit mobil bekas, DP yang diberikan sebesar 30% dari pinjaman.

Nah, untuk jangka waktu pelunasan kedua KPR ini juga berbeda. Untuk mobil baru jangka pelunasan bisa mencapai 6 tahun, sedangkan kredit mobil bekas hanya 4 tahun.

4. Pinjaman Briguna Karya

  • Suku Bunga Briguna Karya : fleksibel
Briguna Karya adalah salah satu kredit pinjaman tanpa agunan BRI yang ditujukan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk mendapatkan pinjaman Briguna Karya, nasabah harus melampirkan SK asli pengangkatan pertama dan terakhir dengan jangka waktu pelunasan hingga 15 tahun.

5. Pinjaman Briguna Purna

  • Suku Bunga Briguna Purna : fleksibel
Hampir sama seperti Briguna Karya, pinjaman Briguna Purna diberikan kepada pensiunan PNS dengan jangka waktu pelunasan hingga 15 tahun atau usia nasabah 75 tahun. Untuk syarat dan ketentuan juga hampir sama seperti Briguna Karya, yaitu melampirkan SK asli pengangkatan pertama dan terakhir nasabah.

6. Pinjaman Briguna Umum

  • Suku Bunga Briguna Umum : fleksibel
Pinjaman Briguna Umum juga sama seperti Briguna Karya dan Purna. Bedanya pinjaman Briguna umum bisa diajukan sejak nasabah diangkat menjadi PNS. Kabar baiknya pelunasan dapat dilakukan hingga nasabah berusia 75 tahun.

7. Pinjaman Kupedes BRI

  • Suku Bunga Kupedes BRI : 0,9% - 1,2% per bulan
Hampir sama seperti KUR, pinjaman Kupedes BRI ditujukan kepada nasabah di pedesaan dengan tujuan untuk mengembangkan usaha di desa. Untuk mendapatkan pinjaman Kupedes, nasabah harus memiliki pengalaman usaha minimal 1 tahun.

Penutup 

Perlu nasabah ketahui bahwa suku bunga pinjaman bank BRI berbeda-beda antara satu jenis pinjaman dengan pinjaman lainnya. Namun, tenang saja karena bunga pinjaman BRI umumnya lebih rendah dari bank lain.

Nah, bagi nasabah yang mengajukan pinjaman untuk pengembangan modal, saya sarankan untuk memilih jenis pinjaman KUR Mikro karena bisa cair tanpa agunan.

Demikianlah informasi mengenai daftar suku bunga pinjaman bank BRI terbaru tahun 2021, semoga memberikan manfaat bagi siapa saja yang sedang mencari informasi seputar bank BRI. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Daftar Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru 2021"