Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Nomor Kartu ATM Mandiri : Cara Cek dan Penjelasan Kartu

Nomor Kartu ATM Mandiri - Setelah membuka rekening Mandiri, Anda akan mendapatkan sebuah kartu ATM atau kartu debit yang nantinya dapat digunakan untuk transaksi, baik transaksi di mesin ATM, mesin EDC Mandiri, atau pun pembayaran non tunai melalui fitur debit online.

Kartu ini bersifat pribadi dan informasi di dalamnya tidak boleh diberikan kepada siapapun demi keamanan rekening Anda. Informasi yang tertera pada kartu debit tersebut antara lain nomor kartu, masa berlaku kartu, nama pemilik kartu (optional), dan kode CVV.

Sebagai informasi saja bahwa nomor kartu debit Mandiri berjumlah 16 digit angka yang tertera di bagian depan kartu. Deretan angka tersebut bukan semata-mata nomor acak, melainkan deretan angka yang memiliki informasi penting untuk mengidentifikasi jenis jaringan kartu, bank penerbit, dan pemilik kartu.

Sekarang, coba ambil kartu ATM Mandiri Anda dan lihat nomor kartu yang tertera di bagian depan. Jika digit pertama pada kartu Anda adalah 4, maka dipastikan jenis kartu ATM Mandiri tersebut berjenis Visa. Sedangkan jika digit pertama dimulai dari angka 5, artinya kartu ATM Anda menggunakan jaringan Mastercard. Nah, bagaimana dengan kartu jenis GPN? Biasanya digit pertama diawali dengan angka 6.

Selanjutnya apa arti digit angka kedua hingga digit terakhir? Untuk lima digit setelah digit pertama adalah bank penerbit kartu. Jika Anda memiliki kartu ATM dari bank lain, silahkan bandingkan deretan angkanya. Terakhir, untuk sepuluh digit tersisa adalah identifikasi untuk pemilik kartu debit.

Sampai disini sudah paham kan? Nah, untuk penjelasan lain mengenai apa itu kode CVV, chip kartu, tanggal kadaluwarsa, dan lain-lain, akan saya jelaskan pada penjabaran berikut ini !

Kartu ATM Mandiri Tampak Depan

Agar lebih jelas akan saya lampirkan bagian-bagian dari kartu ATM Mandiri. Perhatikan gambar berikut ini !

Nomor Kartu ATM Mandiri

A. Chip

Sejak tahun lalu Bank Indonesia menginstruksikan agar masyarakat segera mengganti kartu ATM dengan tipe magnetic stripe ke tipe Chip. Alasannya kartu debit dengan tipe chip diklaim lebih aman dan sulit tembus kejahatan skimming.

Perbedaan penggunaan kartu tipe chip dan magnetic stripe ini terlihat saat Anda melakukan transaksi lewat mesin EDC. Untuk kartu debit dengan tipe chip, penggunaan kartu dimasukkan ke mesin EDC, sedangkan kartu debit tipe magnetic stripe digesekkan ke mesin EDC.

B. Nomor Kartu ATM Mandiri

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kartu debit Mandiri memiliki 16 digit angka. Digit pertama menandakan jaringan kartu, apakah jenis Visa, Mastercard atau GPN. 5 digit selanjutnya adalah bank penerbit kartu, dan 10 digit terakhir adalah identifikasi pemilik kartu ATM.

Contoh Nomor Kartu Debit Mandiri : 4646 9977 1234 5678

Penjelasan :

  • Digit pertama (4) : Jenis jaringan (Visa)
  • 5 digit selanjutnya (64699) : Bank Penerbit
  • Digit Tersisa : Identifikasi pemilik kartu

C. Masa Berlaku Kartu

Masa berlaku kartu selain menandakan masa kadaluwarsa juga memiliki manfaat lain saat Anda belanja di merchant online menggunakan kartu debit. Masa berlaku yang umumnya berupa bulan dan tahun ini akan diminta oleh sistem sesaat sebelum pembayaran menggunakan debit online.

Jadi, hati-hati jangan sampai mengunggah foto kartu ATM di media sosial. Apalagi lengkap dengan tanggal kadaluwarsanya.

D. Nama Pemilik Kartu Debit (Nasabah)

Perlu diingat, tidak semua kartu debit tertera nama pemilik rekening.

E. Visa/Mastercard

Sudah jelas Visa atau Mastercard ini adalah jenis kartu ATM berdasarkan jaringan yang digunakan.

Kartu ATM Mandiri Tampak Belakang

Perhatikan gambar di bawah ini !

Nomor Kartu ATM Mandiri

F. Pita Magnetic

Perlu Anda tahu bahwa di dalam pita magnetic ini terdapat data-data penting yang digunakan untuk memproses transaksi, baik transaksi melalui ATM maupun EDC. Untuk menjaga pita ini tetap baik, pastikan simpan kartu di tempat yang aman dan jauhkan dari benda-benda yang mengandung medan magnet atau benda apapun yang dapat menggores pita magnetic tersebut.

G. Kode CVV

Kode CVV/CVC berjumlah 3 digit angka dan akan Anda gunakan saat melakukan transaksi di merchant online. Sebagai informasi saja bahwa kode CVV digunakan pada jaringan Visa, sedangkan CVC digunakan pada jaringan Mastercard. Sementara itu untuk jenis kartu debit Mandiri berjenis GPN tidak mendapatkan kode CVV/CVC.

H. Logo Jaringan ATM

Logo tersebut artinya jaringan ATM yang dapat Anda gunakan untuk melalukan transaksi.

Cara Mengecek Nomor Kartu Debit Mandiri

Setelah membaca uraian di atas tentu Anda sudah paham betul kan dimana letak nomor kartu ATM Mandiri? Iya benar, ada di bagian depan kartu yang jumlahnya 16 digit angka.

Masalahnya adalah bagaimana cara mengetahui nomor kartu ATM Mandiri, sementara kartu ATM hilang. Wah, ini PR yang sangat rumit, hehe. Apalagi nomor kartu tersebut akan digunakan saat itu juga, entah untuk aktivasi Livin' By Mandiri atau lainnya.

Nah, bagaimana solusinya? Tenang saja, silahkan hubungi call center Mandiri di nomor 14000. Nantinya Customer Service akan membantu Anda untuk menginformasikan berapa nomor kartu debit Mandiri Anda. 

Tentu saja sebelumnya Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi data seperti nomor rekening, nama pemilik rekening, nama ibu kandung, dan beberapa data lainnya.

Namun, jika Anda kebetulan berada di dekat kantor cabang, silahkan buat kartu ATM baru di kantor cabang Mandiri saja. Mudah dan cepat, hehe.

Tanya Jawab

Berapa digit nomor kartu ATM mandiri?

16 digit angka.

Apakah di buku tabungan mandiri ada nomor kartu ATM?

Tidak ada dong.

Apakah boleh memberikan nomor kartu ATM?

Jangan, demi keamanan rekening Anda.

Apa saja jenis kartu ATM Mandiri?

Visa, Mastercard, dan GPN.

Apa itu CVV pada kartu debit mandiri?

3 digit angka untuk validasi pembayaran di merchant online.

Kenapa kartu ATM Mandiri saya tidak bisa digunakan?

Silahkan baca di artikel berikut : Penyebab Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan.

Kesimpulan

Nomor kartu ATM Mandiri terdapat di bagian depan kartu ATM dengan jumlah 16 digit angka. Dilengkapi dengan beberapa informasi lain seperti masa berlaku kartu, nama pemilik kartu (optional), chip, logo kartu (Visa/Mastercard/GPN), kode CVV/CVC, dan beberapa informasi lain terkait kartu.

Demi keamanan, sebaiknya jangan beritahukan kepada siapapun informasi yang tertera di bagian depan/belakang kartu.

Demikian informasi mengenai penjelasan lengkap kartu ATM Mandiri, semoga bermanfaat dan silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar jika ada pertanyaan.

Posting Komentar untuk "Nomor Kartu ATM Mandiri : Cara Cek dan Penjelasan Kartu"