Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

2 Cara Menutup Kartu Kredit BRI 2021

Cara Menutup Kartu Kredit BRI  - Bagi nasbah BRI maupun bank lain, memiliki kartu kredit ada sisi positif dan sisi negatifnya. Dari segi postifnya tentu akan memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Terlebih saat ini berbagai marketplace menawarkan diskon harga dengan pembayaran melalui kartu kredit. 

Penawaran-penawaran tersebut akhirnya membuat nasabah semakin konsumtif hingga lupa daratan, dan akhirnya tidak mampu untuk membayar cicilan kartu kredit BRI. Alhasil nasabah lebih memilih untuk menutup kartu kredit BRI nya.

Namun, sebaiknya untuk menutup kartu kredit BRI jangan menggunakan jasa (orang ketiga) yang mengaku sanggup melakukan penutupan kartu tanpa ribet. Alih-alih kartu kredit ditutup, Anda malah akan membayar tagihan yang sebenarnya belum benar-benar ditutup.

Cara Menutup Kartu Kredit BRI 2021

Yang terbaik adalah dengan mengunjungi langsung ke kantor BRI terdekat atau menghubungi call center BRI. Agar lebih jelas bagaimana cara menutup kartu kredit yang benar, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Menutup Kartu Kredit BRI 

Saran dari saya, sebelum melakukan penutupan kartu sebaiknya gunakan reward yang ada pada kartu kredit Anda. Reward ini didapat dari pembelanjaan Anda melalui kartu kredit. Anda dapat menggunakan reward tersebut untuk berbelanja sesuai dengan jumlah poin yang dimiliki.  Mintalah customer service untuk mentransfer reward tersebut  ke rekening BRI. Lumayan kan, hehe. Saya sendiri pernah mendapat reward, eh malah hangus karena tidak dipakai wkwk.

Kembali ke topik.. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk menutup kartu kredit BRI hanya dapat dilakukan dengan 2 cara , yaitu :

Melalui Kantor BRI Terdekat

1. Membawa persyaratan sebagai berikut :

  • KTP/SIM yang masih berlaku
  • Buku tabungan BRI
  • Kartu kredit BRI yang akan ditutup
  • Uang untuk biaya penutupan/pelunasan tagihan

2. Sampaikan keluhan kepada Customer Service

Segera sampaikan tujuan Anda, yaitu penutupan kartu kredit BRI dengan alasan jelas. Misalnya bunga terlalu tinggi sehingga tidak mampu membayar tagihan bulanan (meskipun dibayar dengan minimum pembayaran). Jika alasan tidak jelas, Anda malah akan ditawari solusi lain seperti gratis biaya tahunan dan kenaikan limit kartu kredit. Sampai sini Anda tidak boleh tergoda dengan tawaran tersebut dan katakan tetap ingin menutup kartu kredit BRI.

3. Membayar tagihan yang belum dilunasi

Jika masih memiliki tagihan, Anda akan diminta untuk melunasinya saat itu juga. Jika tidak, maka kartu kredit tidak bisa ditutup.

Ada 3 jenis tagihan yang perlu diketahui :
  • Cicilan
  • Bunga
  • Biaya tahunan
  • denda

4. Mengisi Formulir Penutupan Kartu Kredit

Setelah selesai melunasi tagihan, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir penutupan kartu kredit. Tanyakan ke CS jika Anda bingung kolom mana saja yang harus diisi.

5. Pastikan Autodebet sudah dinonaktifkan

Beberapa nasabah menggunakan kartu kredit untuk pembayaran tagihan listrik, air, tv kabel, nomor HP pascabayar dan tagihan-tagihan lainnya. Jangan lupa meminta bank untuk menonaktifkan pembayaran autodebet tersebut. Namun, jika penonaktifan auto debet harus melalui pihak ketiga, maka Anda harus menghubungi perusahaan yang bersangkutan dan memilih opsi pembayaran lain untuk pembayaran tagihan.

6. CS akan memberikan bukti penutupan kartu kredit

Setelah pengajuan penutupan kartu kredit BRI diterima oleh BRI, selanjutnya anda akan mendapatkan bukti penutupan kartu kredit. 

Sampai sini kartu Kredit BRI Anda berhasil dinonaktifkan.

Cara Menutup Kartu Kredit BRI Melalui Call Center BRI 14017 atau 1500017

Bagi yang tidak sempat datang ke kantor BRI karena sibuk, Anda dapat memilih opsi ini. Caranya adalah sebagai berikut
  • Hubungi Call Center BRI di nomor 14017 (melalui HP) atau 1500017
  • Anda akan diminta memilih bahasa dan layanan
  • Pilih bahasa indonesia dan pilih layanan untuk berbicara dengan Customer Service Kartu Kredit BRI
  • Jika sudah terhubung, sampaikan tujuan Anda yaitu menutup kartu Kredit BRI
  • Kemudian Customer Service akan melakukan konfirmasi data seperti : jenis kartu kredit, nomor kartu kredit, limit kartu kredit, nama lengkap nasabah, tanggal lahir, nama ibu kandung nasabah, dan data-data lain yang berhubungan dengan kartu kredit nasabah
  • Jika data sesuai, Customer Service akan mengecek data tagihan Anda terlebih dahulu
  • Anda akan diminta untuk menunggu
  • Setelah proses pengecekan selesai, Customer Service akan menyapa Anda dan memberikan informasi tagihan serta tunggakan yang belum dibayar (jika ada).
  • Jika tidak ada tagihan atau tunggakan, proses penutupan kartu kredit dapat dilakukan saat itu juga
  • Kartu kredit akan diblokir/ditutup dengan jangka waktu maksimal 20 hari kerja
Catatan : pastikan pulsa Anda cukup untuk melakukan panggilan.

Tanya Jawab Seputar Penutupan Kartu Kredit BRI

  • Apa syarat Menutup Kartu Kredit BRI?

Syaratnya adalah melunasi tagihan, bunga, iuran tahunan dan denda jika Anda. Jika tidak mampu melunasi maka belum bisa melakukan penutupan. Syarat dokumen : KTP/SIM, Buku tabungan BRI, Kartu kredit BRI

  • Apakah penutupan kartu kredit BRI ada biayanya?

Penutupan kartu kredit gratis. Nasabah hanya diminta untuk membayar tagihan, bunga, iuran tahunan dan denda.

  • Apakah kartu kredit yang ditutup bisa diaktifkan kembali?

Bisa, asalkan memenuhi syarat membuat kartu kredit BRI. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi  Call Center BRI melalui nomor 14017 atau 1500017 

  • Bagaimana jika menutup kartu kredit tanpa membayar tagihan?

Kartu Kredit BRI tidak bisa ditutup jika masih terdapat tagihan atau denda yang belum dilunasi

Kesimpulan

Pada dasarnya ada 2 Cara Menutup Kartu Kredit BRI di tahun 2021. Yang pertama adalah melalui kantor BRI secara langsung dan yang kedua adalah melalui call center BRI 14017 atau 1500017.

Dari kedua cara tersebut mana yang lebih mudah? sama-sama mudah asalkan nasabah tidak memiliki tagihan atau denda yang belum dibayarkan.

Syaratnya adalah membawa dokumen seperti : KTP/SIM, Buku tabungan BRI, Kartu kredit BRI yang akan dinonaktifkan, dan tentunya uang untuk melunasi tagihan (jika terdapat tagihan yang belum dibayar).

Selain itu, saya sarankan tidak perlu menggunakan jasa perantara dalam melakukan penutupan kartu kredit BRI. Selain terdapat indikasi penipuan, hal tersebut juga dilarang oleh pihak BRI.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menutup Kartu Kredit BRI, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "2 Cara Menutup Kartu Kredit BRI 2021"