Widget HTML Atas

Jangan Salah ! Inilah Letak Nomor Kartu Kredit BRI Anda

Letak Nomor Kartu Kredit BRI  - Saya sendiri waktu pertama kali memiliki kartu kredit agak bingung dimana sebenarnya letak nomor kartu kredit BRI. Apakah benar 16 digit angka yang ada di bagian depan kartu atau mungkin saja yang tertera pada surat yang ada pada amplop. Apalagi saya juga belum tahu bagaimana cara menggunakan kartu kredit BRI untuk pertama kali.

Hingga akhirnya saya sadar, ternyata letak nomor kartu kredit BRI memang benar 16 digit angka yang terletak di depan kartu kredit BRI. Namun, muncul kembali pertanyaan. Apa arti dari 16 digit angka di kartu kredit yang sama miliki?

Setelah saya cari tahu, ternyata setiap digit angka pada kartu kredit memiliki arti khusus. Jenis kartu kredit juga dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Visa, Mastercard dan American Express. Namun, umumnya masyarakat Indonesia hanya menggunakan Visa dan Mastercard. 

Letak Nomor Kartu Kredit BRI 

Sesuai uraian di atas bahwa nomor kartu kredit terletak di kartu bagian depan yang berjumlah 16 digit angka dan tertulis nama pemilik kartu serta tanggal dan tahun expired. Di belakang kartu terdapat CVV yang berjumlah 3 digit yang bersifat rahasia.

Agar lebih jelas, simak gambar berikut ini !

Letak Nomor Kartu Kredit BRI

Letak Nomor Kartu Kredit BRI

Penjelasan Nomor Kartu Kredit 

Kartu Kredit Jenis Visa

  • Kartu kredit jenis Visa menggunakan angka 4 pada digit pertama
  • Digit ke-2 hingga ke-3 memiliki arti kode institusi keuangan yang berhubungan dengan visa.
  • 12 digit angka berikutnya adalah nomor akun.
  • 3 digit terakhir adalah nomor pemeriksaan

Kartu Kredit Jenis Mastercard

  • Digit pertama menggunakan angka 5
  • Digit ke-2 dan ke-3 atau ke-2 dan ke-4 atau ke-2 dan ke-5 adalah kode institusi keuangan
  • Digit ke-3, 4,5 hingga ke-15 adalah nomor akun pada kartu
  • Digit 16 adalah nomor pemeriksaan

CVV Kartu Kredit BRI

Kartu kredit BRI memiliki 3 digit kode CVV di belakang kartu. CVV (Card Verification Value) adalah fitur keamanan yang diterapkan oleh Visa dan MasterCard. 

Kode CVV ini akan diminta pada saat Anda akan melakukan transaksi online. Setelah menginput nomor kartu kredit, biasanya calon pembeli akan diminta memasukan kode CVV tersebut sebagai kode verifikasi. Jadi, tanpa kode CVV transaksi tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu rahasiakan kode CVV Anda agar tidak dicuri oleh orang lain.

Tanggal dan Tahun Kadaluwarsa Kartu

Tanggal dan tahun kadaluwarsa kartu kredit terletak di bawah nomor kartu. Masa aktif kartu kredit sendiri akan berakhir setelah 5 tahun pemakaian. Selanjutnya nasabah dapat memperpanjang kembali untuk jangka 5 tahun kemudian. 

Nah, jika penggunaan kartu kredit lancar, biasanya nasabah akan mendapat tawaran untuk menaikan limit kartu kredit BRI. Anda bisa menerima tawaran tersebut jika memang membutuhkan.

Nama Pemilik Kartu Kredit

Selanjutnya di bawah nomor kartu kredit memuat nama pemilik kartu agar mudah untuk dikenali jika kartu hilang dan ditemukan oleh orang lain.

Kolom Tanda Tangan

Di bagian belakang kartu terdapat kolom tanda tangan untuk pemilik kartu kredit BRI

Tanya Jawab

Berapa nomor kartu kredit visa?

Nomor kartu kredit Visa berjumlah 16 digit

Dimana letak kode CVV?

Kode CVV kartu kredit terletak di belakang kartu dengan jumlah 3 digit angka

Apa itu CVV kartu kredit BRI?

CVV Kartu kredit BRI terdapat di belakang kartu yang digunakan sebagai kode keamanan untuk transaksi online.

Kesimpulan

Pertanyaan yang sedikit aneh memang jika ada orang yang bertanya dimana letak nomor kartu kredit BRI. Namun, nyatanya pertanyaan itu sering kali muncul. Di artikel ini saya bahas secara ringkas atas pertanyaan tersebut.

Singkatnya adalah nomor kartu kredit terletak pada bagian depan kartu dengan jumlah 16 digit angka. Sedangkan di belakang kartu terdapat 3 digit angka CVV sebagai kode rahasia untuk transaksi online.

Demikian informasi mengenai letak nomor kartu kredit BRI, semoga bermanfaat dan silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar jika ada pernyataan dari saya yang mengganjal. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Jangan Salah ! Inilah Letak Nomor Kartu Kredit BRI Anda "