Widget HTML Atas

Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI Pertama Kali

Tidak semua nasabah paham bagaimana cara menggunakan kartu kredit BRI untuk pertama kali. Saya sendiri jujur saja agak sedikit bingung ketika kartu kredit baru saja dikirim oleh kantor POS ke rumah. Setelah googling sana sini akhirnya saya pun bisa menarik kesimpulan bahwa pertama kali yang harus dilakukan adalah mengaktifkan kartu kredit BRI terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk transaksi.

Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI

Nah, agar teman-teman semua juga tidak mengalami hal yang sama seperti saya, silahkan baca cara menggunakan kartu kredit BRI untuk pertama kali ini !

Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI Pertama Kali

1. Cek Kartu Kredit

Setelah kartu kredit diterima, silahkan buka amplopnya dan cek apakah jenis kartu kredit sudah sesuai pada saat pengajuan kartu, baik pengajuan kartu kredit BRI Online maupun offline. Cek juga apakah nama dan data diri lain sudah sesuai dengan KTP Anda. Jika terdapat kekeliruan silahkan tukar di bank BRI terdekat.

2. Aktivasi Kartu kredit dan buat PIN

Selanjutnya adalah lakukan aktivasi kartu kredit BRI. Aktivasi dapat dilakukan melalui SMS, Call Center BRI, dan BRI Credit Card Mobile. Biasanya panduan aktivasi sudah dilampirkan di dalam amplop.

3. Baca Syarat dan Ketentuannya

Agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan saat menggunakan kartu kredit BRI, sebaiknya baca syarat dan ketentuan yang berlaku pada lembar surat lampiran yang terdapat pada amplop. Dengan demikian terjadinya kesalahan saat menggunakan kartu kredit dapat diminimalisir.

4. Lihat Limit Kartu Kredit Anda

Untuk melihat limit kartu kredit BRI, dapat Anda cek pada lampiran yang ada pada amplop. Namun, jika ingin lebih rinci, silahkan baca : Cara Cek Limit Kartu Kredit BRI

5. Gunakan Kartu Kredit BRI Sesuai dengan Kebutuhan

Pada umumnya kartu kredit digunakan sebagai alat pembayaran, baik online maupun offline. Agar limit kartu terjaga dengan baik, gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Saya sendiri sebenarnya tujuan awal memiliki kartu kredit adalah untuk verifikasi akun paypal, karene kebetulan dahulu sebelum ada kartu jenius verifikasi akun paypal harus menggunakan kartu kredit.

Karena tahu kartu kredit bisa digunakan untuk transaksi lain, maka saya pun menggunakan kartu kredit BRI untuk belanja online, tarik tunai, dan lain-lain. Intinya jangan sampai melebihi kemampuan bayar tagihan.

6. Pahami Sistem Pembayaran Kartu Kredit

Agar lebih mudah, Anda dapat memilih opsi tagihan melalui "lembar tagihan" yang dikirim lewat email. Cara ini tidak beresiko dibandingkan dengan menggunakan pembayaran autodebet. 

Di dalam lembar tagihan terdapat informasi mengenai biaya administrasi, bunga serta pembayaran minimum yang bisa dibayarkan oleh nasabah. Namun, saya sarankan agar tidak menggunakan pembayaran mininum, karena bunga lebih memberatkan nasabah.

Perlu diketahui juga bahwa Cara bayar tagihan kartu kredit BRI ada berbagai macam. Bisa melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking, Marketplace, dll. 

7. Manfaatkan Promo Kredit Untuk Belanja

Sekarang ini berbagai marketplace bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia untuk penawaran promo cashback atau potongan harga pada event-event tertentu, seperti promo HUT Bank, promo hari besar, atau promo weekend. 

Agar manfaat kartu kredit tidak sia-sia, gunakan promo tersebut untuk sedikit meraup keuntungan. Saya sendiri kadang-kadang menggunakan kartu kredit untuk sekedar "kulakan" barang dagangan karena untuk event-event tertentu beberapa marketplace memberikan potongan belanja yang cukup besar jika menggunakan kartu kredit.

8. Tarik Tunai Menggunakan Kartu Kredit

Selain belanja online, kartu kredit juga dapat digunakan selayaknya kartu debit. Namun, yang perlu diketahui adalah tarik tunai kartu kredit BRI dikenakan biaya admin sekitar 4% setiap penarikan dan terdapat bunga yang dapat Anda cek melalui lembar tagihan. Jadi, harus tetap pandai-pandai berhitung jika tarik tunai menggunakan kartu kredit.

Kesimpulan

Bagi nasabah yang pertama memiliki kartu kredit jangan khawatir untuk menggunakan manfaat dari kartu kredit tersebut. Asalkan mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Hal yang pertama dilakukan saat menerima kartu kredit BRI adalah mengaktifkan kartu kredit terlebih dahulu. Aktivasi dapat dilakukan melalui SMS, Call Center BRI, dan BRI Credit Card Mobile. Setelah berhasil diaktivasi dan membuat kode PIN, maka kartu kredit siap digunakan untuk sekedar verifikasi akun paypal, pembayaran online maupun tarik tunai melalui ATM.

Agar manfaat dari kartu kredit tidak mubadzir, ada baiknya ikuti promo bank untuk mendapatkan potongan belanja. Untuk event-event tertentu belanja menggunakan kartu kredit bisa mendapatkan potongan yang lumayan besar.

Demikian informasi mengenai Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI Pertama Kali, semoga bermanfaat dan silahkan komen jika terdapat perbedaan pendapat. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI Pertama Kali"