Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Kartu Kredit Untuk Mahasiswa Tanpa Harus Memiliki Penghasilan

Kartu Kredit Untuk Mahasiswa - Bagi mahasiswa memiliki kartu kredit bisa menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan dana tambahan  di saat kepepet. Akan tetapi nyatanya tidak semua mahasiswa memiliki penghasilan yang cukup sebagai syarat pengajuan kartu kredit. Lalu bagaimana solusi cara membuat kartu kredit untuk mahasiswa yang belum memiliki penghasilan?

Solusinya adalah dengan menggunakan kartu kredit tambahan. Maksudnya begini, salah satu anggota keluarga harus memiliki kartu kredit yang dijadikan sebagai kartu kredit utama. Selanjutnya Anda sebagai mahasiswa dapat mengajukan kartu kredit tambahan, dimana tagihan akan dibebankan kepada pemilik kartu kredit utama. 

Cara membuat kartu kredit untuk mahasiswa

Beberapa bank di Indonesia yang melayani pembuatan kartu kredit untuk mahasiswa antara lain bank BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga, Mandiri, Permata, dll. Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut ini !

Kartu Kredit Untuk Mahasiswa

Ada 2 syarat umum pengajuan kartu kredit untuk mahasiswa, yaitu 

Untuk pemegang kartu kredit utama :

  • Usia minimal 21 tahun
  • Penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan
  • KTP

Untuk pemegang kartu kredit tambahan (mahasiswa) :

  • Usia minimal 17 tahun
  • Tidak perlu memiliki penghasilan
  • Tidak perlu memiliki NPWP

Cara Membuat Kartu Kredit BRI Untuk Mahasiswa

Jika salah satu anggota keluarga memiliki kartu kredit BRI, Anda sebagai mahasiswa berkesempatan untuk memiliki kartu kredit BRI Touch. Kartu kredit ini adalah kartu kredit tambahan yang dimiliki oleh BRI yang dapat diajukan secara online melalui halaman https://kartukredit.bri.co.id/card/bri-touch.

Kartu Kredit BRI Untuk Mahasiswa

Untuk pengajuan kartu kredit BRI mahasiswa secara offline, berikut adalah prosedurnya :

  • Siapkan dokumen persyaratan untuk pemegang kartu utama (KTP, NPWP dan slip gaji jika diperlukan)
  • Kunjungi kantor BRI terdekat dengan pemegang kartu kredit BRI utama (misal orang tua)
  • Ambil antrian Customer Service
  • Jika sudah dipanggil, segera sampaikan tujuan Anda yaitu membuat kartu kredit untuk mahasiswa
  • Customer Service akan menjelaskan syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Jika setuju, Customer Service akan memberikan formulir 
  • Isi formulir dengan lengkap dan beri tanda tangan dengan materai Rp 6.000
  • Jika sudah, Anda dipersilahkan untuk pulang dan menunggu telepon dari pihak BRI apakah pengajuan disetujui atau tidak.

Cara Membuat Kartu Kredit BCA Untuk Mahasiswa

Sama seperti penyedia kartu kredit dari bank lain, BCA juga memiliki beberapa kartu kredit tambahan yang merupakan turunan dari kartu kredit utama. Produknya antara lain : Kartu Kredit BCA Card Platinum/BCA Everyday Card/BCA Indomaret/BCA Matahari/Visa Black/MasterCard Black/Visa Batman/MasterCard Platinum.

Kartu Kredit BCA Untuk Mahasiswa

Untuk membuat kartu kredit BCA Mahasiswa, berikut adalah ketentuannya :

  • Usia pemohon minimal 17 tahun
  • Diusulkan atau diajukan oleh keluarga yang sudah memiliki kartu kredit BCA
  • Pemegang kartu kredit utama bertanggung jawab penuh atas seluruh transaksi pemegang kartu kredit tambahan dengan bukti tanda tangan pada saat pengajuan kartu kredit
  • Untuk pengajuan kartu kredit BCA tambahan dengan jenis BCA Card Platinum/Visa Black/MasterCard Black/JCB Black hanya berlaku jika pemegang kartu kredit utama sudah memiliki BCA Card Platinum/Visa Black/MasterCard Black/JCB Black
  • Jika pemohon tidak mencantumkan limit, maka limit kartu tambahan akan mengikuti limit gabungan dari kartu kredit utama
Saya sendiri merekomendasikan untuk menggunakan kartu kredit BCA Everyday Card. Kartu kredit ini memiliki 2 fitur utama yang menarik, yaitu gratis iuran 1 tahun pertama untuk pengajuan hingga Desember 2021 dan memberikan reward yang lebih  besar sepanjang tahun. Iuran tahunan tahun berikutnya adalah Rp 125 ribu untuk pemegang kartu utama dan Rp 100 ribu untuk pemegang kartu tambahan

Selain itu terdapat fasilitas lain, yaitu :
  • Pembayaran tagihan dapat menggunakan sistem autodebet dengan BCA Autopay
  • Cicilan 0% untuk transaksi luar negeri dengan minimal belanja Rp 500.000
  • Terdapat asuransi kecelakaan
  • Terdapat asuransi rumah sakit 100% refundable

Cara Membuat Kartu Kredit BNI Untuk Mahasiswa

Kartu Kredit untuk mahasiswa tidak melulu menggunakan kartu kredit tambahan dari kartu kredit utama. Bagi mahasiswa yang sudah berusia 21 tahun dan memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan sudah berhak memiliki kartu kredit.

Kartu Kredit BNI Untuk Mahasiswa

Sama seperti penyedia kartu kredit lain, BNI juga menyediakan layanan kartu kredit untuk mahasiswa. Namun, jika belum memiliki penghasilan sendiri maka tetap menggunakan kartu kredit tambahan sebagai solusinya.

Untuk mendapatkan kartu kredit mahasiswa dengan jenis kartu kredit tambahan, BNI memberikan syarat khusus, yaitu calon pemegang kartu berusia minimal 17 tahun dan tidak perlu memiliki penghasilan.

Kartu Kredit Tambahan BNI

Sama seperti kartu kredit tambahan dari bank lain, semua tagihan kartu kredit tambahan BNI dibebankan kepada pemegang kartu kredit utama BNI. Jadi, untuk mendapatkan kartu kredit tambahan, setidaknya orang tua atau saudara kandung harus memiliki kartu kredit lain BNI terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan kartu kredit tambahan BNI, nasabah dapat menghubungi call center BNI dengan menginformasikan nama lengkap anak atau istri beserta tanggal lahir dan nomor handphone kepada customer service. Namun, agar lebih jelas sebaiknya datang langsung ke kantor BNI terdekat untuk konsultasi terlebih dahulu.

Di kantor BNI, Anda akan diminta persyaratan yang umumnya sama seperti bank lain dan diminta untuk mengisi formulir pengajuan kartu kredit tambahan BNI. Setelah setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, Anda akan diminta untuk menunggu telepon dari pihak BNI apakah pengajuan kartu kredit mahasiswa diterima atau tidak.

Limit Kartu Kredit Tambahan BNI untuk Mahasiswa

Limit kartu kredit untuk mahasiswa pada kartu kredit BNI diambil dari kartu utama. Jika kartu kredit utama memiliki limit Rp 20.000.000 berarti limit tersebut berlaku untuk pemegang kartu utama dan tambahan. 

Cara Membuat Kartu Kredit CIMB Niaga Untuk Mahasiswa

Ada 2 rekomendasi kartu kredit CIMB niaga untuk mahasiswa, yaitu CIMB Niaga Syariah Gold dan CIMB Niaga Wave n go.

1. CIMB Niaga Syariah Gold

Kartu kredit CIMB Niaga Syariah Gold sangat saya rekomendasikan karena memiliki "free annual fee for life" yang artinya bebas iuran tahunan. 

Untuk mahasiswa yang belum memiliki penghasilan dapat memiliki kartu kredit CIMB Niaga Syariah Gold dengan membuat kartu kredit tambahan, asalkan memiliki saudara atau orang tua yang memiliki kartu kredit serupa.

Berikut ini adalah fasilitas dari CIMB Niaga Syariah Gold
  • Gratis iuran tahunan untuk kartu kredit utama dan tambahan
  • Gratis iuran kartu kredit tambahan dapat diajukan melalui call center CIMB Niaga 14041
  • Memiliki nilai tukar kompetitif
  • Berhak mendapatkan poin xtra setiap melakukan transaksi ritel kelipatan Rp 10.000
  • Cicilan tetap dengan transaksi minimal Rp 500.000
  • Terdapat fasilitas Quick Pay dan Otopay

2. CIMB Niaga Wave n Go

Rekomendasi selanjutnya adalah kartu kredit CIMB Niaga Wave n Go. Kartu kredit jenis ini juga memiliki layanan gratis iuran tahunan, baik pemegang kartu utama maupun kartu tambahan. Kartu ini memiliki 2 jenis kartu, yaitu jenis plastik dan stiker. Untuk yang berjenis plastik, kartu kreditnya sudah dilengkapi dengan teknologi transaksi contact dan contactless

Layanan dari kartu kredit Wave n Go antara lain :
  • Cashback hingga Rp 10% untuk transaksi belanja online dengan maksimal cashback untuk transaksi Rp 500 ribu
  • Terdapat banyak promo
  • Terdapat cicilan 0% untuk 3 bulan dengan transaksi ritel minimal Rp 500.000
  • Terdapat fitur Quick Pay dan Otopay
  • Khusus untuk kartu kredit CIMB Niaga Wave n Go yang berbentuk plastik dapat digunakan untuk tarik tunai di ATM dengan logo Visa/Plus di seluruh dunia
  • Bisa mendapatkan poin xtra tiap transaksi ritel dengan kelipatan mulai Rp 10.000

Kesimpulan

Kesimpulan dari uraian diatas adalah mahasiswa berhak memiliki kartu kredit, baik yang sudah memiliki penghasilan maupun yang belum memiliki penghasilan. Bagi yang belum memiliki penghasilan, kartu kredit yang cocok untuk mahasiswa adalah jenis kartu kredit tambahan. Artinya harus ada orang tua atau saudara kandung yang sudah memiliki kartu kredit dan Anda akan didaftarkan sebagai pemegang kartu kredit tambahan.

Hampir semua bank yang mengeluarkan kartu kredit yang memiliki layanan kartu kredit tambahan, seperti BRI, BCA, BNI, Mandiri, CIMB Niaga, Permata dan lain sebagainya. Dari masing-masing penyedia kartu kredit tersebut memberikan fasilitas berbeda.

Ada yang memiliki layanan gratis iuran tahunan, promo cashback, cicilan tetap dan lain sebagainya. Bagi yang menginginkan bebas iuran tahunan, saya sarankan untuk memilih jenis kartu kredit CIMB Niaga Syariah Gold dan CIMB Niaga Wave n Go.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat kartu kredit untuk mahasiswa, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4 Kartu Kredit Untuk Mahasiswa Tanpa Harus Memiliki Penghasilan"