Widget HTML Atas

Saldo Minimal BRI Simpedes, Britama, dan Jenis Tabungan BRI Lainnya

Saldo minimal BRI merupakan batas minimal saldo yang harus mengendap di rekening setelah melakukan transaksi, baik transfer, tarik tunai maupun pembelanjaan lainnya. Saldo minimal BRI ini berlaku untuk semua jenis tabungan BRI, mulai dari BRI Simpedes, Britama, Britama Bisnis, Britama Junio, Simpedes TKI, Tabungan Haji, Tabunganku, hingga BRI Simpel.

Katakanlah BRI menentukan minimal saldo yang mengendap di rekening sebesar Rp 50.000. Jadi dengan sisa saldo tersebut nasabah tidak bisa melakukan transaksi apapun meskipun Rp 1. Misalnya Anda memiliki saldo di rekening sebesar Rp 1.550.000, maka uang yang bisa diambil adalah Rp 1.500.000. Sisanya tetap mengendap di rekening.

Mungkin saja tujuan dari saldo minimal BRI yang mengendap ini digunakan sebagai pembayaran biaya administrasi bulanan beserta bunga nasabah. Karena faktanya demikian, hehe

Saldo Minimal BRI

Dengan adanya ketentuan tersebut berarti nasabah harus benar-benar memahami limit transaksi BRI, baik limit transfer, tarik tunai ATM, maupun limit belanja yang disesuaikan dengan jenis kartu ATM yang dimiliki.

Perlu dipahami juga bahwa saldo minimal yang mengendap di rekening tersebut berlaku untuk semua transaksi, baik ATM, Mobile Banking BRI, BRIMO, dan layanan melalui Merchant BRI. Jadi, alternatif untuk menghabiskan saldo ATM BRI adalah dengan menutup rekening tabungan melalui kantor BRI terdekat atau dibelanjakan pulsa jika memungkinkan. Selebihnya akan kita bahas nanti.

Saldo Minimal BRI Untuk Semua Jenis Tabungan

Setelah membaca uraian diatas, saya anggap Anda sudah memahami apa itu saldo minimal BRI. Agar lebih jelas berikut ini saya uraikan saldo minimal BRI untuk semua jenis tabungan BRI.

1. Simpedes 

  • Saldo minimal BRI Simpedes Rp 50.000 
  • Biaya tutup rekening Rp 25.000
BRI Simpedes sebagai salah satu produk BRI yang lebih dekat dengan masyarakat pedesaan memiliki syarat setoran awal Rp 100.000 dengan saldo minimal mengendap di rekening Rp 50.000. Selain itu bunga tabungan BRI Simpedes juga gratis untuk saldo dibawah Rp 1 juta.

2. Simpedes TKI

  • Saldo minimal Simpedes TKI Rp 50.000
  • Biaya tutup rekening Rp 50.000
Tabungan Simpedes TKI ditujukan bagi calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri dengan setoran awal minimal Rp 20.000

3. Britama

  • Saldo minimal BRI Britama Rp 50.000 
  • Biaya tutup rekening Rp 50.000
BRI Britama juga sering dipilih oleh nasabah karena memiliki limit transaksi lumayan besar. Ada 2 jenis kartu ATM yang akan diterima oleh nasabah jika memilih tabungan BRI Britama, yaitu kartu ATM classic dan gold. Jika nasabah melakukan setoran awal Rp 250.000 maka akan mendapatkan kartu ATM Classic, dan jika menyetorkan Rp 500.000, nasabah akan mendapatkan kartu ATM gold.

4. Britama Bisnis

  • Saldo minimal BRI Britama Bisnis Rp 50.000 
  • Biaya tutup rekening Rp 100.000
Bank BRI menawarkan jenis Britama bisnis untuk kalangan pebisnis yang membutuhkan limit transaksi besar. Namun, untuk memiliki jenis tabungan ini, calon nasabah harus melakukan setoran awal minimal Rp 10.000.000.

5. Britama Valas

  • Saldo minimal BRI Valas Rp 50.000 
  • Biaya tutup rekening Rp 50.000 
Britama valas ditujukan bagi nasabah yang ingin memiliki tabungan dalam bentuk mata uang asing. Tersedia 10 jenis currency seperti SD, AUD, SGD, CNY, EUR, AED, HKD, GBP, JPY, dan SAR.

6. Britama Muda

  • Saldo minimal Britama Muda Rp 50.000 
  • Biaya tutup rekening Rp 50.000 
Britama muda adalah salah satu jenis tabungan Britama dengan setoran awal Rp 100.000 yang ditujukan bagi calon nasabah usia 17 hingga 35 tahun.

7. Britama Junio 

  • Saldo minimal Bri Junio Rp 50.000 
  • Biaya tutup rekening Rp 25.000
Britama Junio adalah produk tabungan BRI khusus untuk anak-anak dengan usia di bawah 17 tahun. Setoran awal untuk memiliki tabungan Britama junio Rp 150.000. Namun, untuk paket bundling bersama orang tua, setoran awalnya adalah Rp 350.000.

8. Tabungan Haji 

  • Saldo minimal tabungan haji Rp 50.000 
  • Biaya tutup rekening Rp 50.000
Tabungan haji diperuntukan bagi calon jamaah haji yang akan berangkat ke Mekah dengan setoran awal minimal Rp 50.000, gratis biaya administrasi bulanan.

9. Tabunganku

  • Saldo minimal tabunganku BRI Rp 20.000
  • Biaya tutup rekening Rp 20.000
Tabunganku BRI ini adalah jenis tabungan BRI yang bertujuan untuk meningkatkan rasa suka menabung di kalangan masyarakat. Selain setoran awal yang ringan, yakni hanya Rp 20.000, tabunganku BRI juga tidak memberikan biaya administrasi bulanan alias gratis.

10. BRI Simpel

  • Saldo minimal BRI Simpel Rp 50.000
BRI Simpel ditujukan bagi pelajar dengan setoran awal hanya Rp 5.000 dan tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Nah, pada poin sebelumnya sedikit disinggung mengenai cara menghabiskan saldo ATM BRI. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut ini !

2 Cara Menghabiskan Saldo ATM BRI

Meskipun terdapat saldo minimal, nyatanya ada cara yang dapat digunakan untuk menghabiskan saldo ATM BRI.

Menutup Rekening BRI

Cara menghabiskan saldo ATM BRI yang paling mudah adalah dengan menutup rekening. Namun cara ini hanya berlaku untuk jenis tabungan Simpedes, BRI Junio, dan Tabunganku karena biaya tutup rekening di bawah Rp 50.000. Jadi setelah tutup rekening anggaplah masih ada kembalian Rp 25.000 - Rp 30.000. hehe
Namun, cara ini tidak berlaku selain ketiga jenis tabungan tersebut karena biaya tutup rekening sama seperti saldo minimal BRI, yaitu Rp 50.000. Jadi, ketika tabungan ditutup, maka saldo juga ikut habis.

Saldo dibelikan Pulsa

Bagi pemilik tabungan Simpedes, BRI Junio, dan Tabunganku juga bisa menghabiskan saldo rekening dengan membeli pulsa, misalnya melalui ATM. Jadi, saldo yang mengendap bisa dibelikan pulsa hingga Rp 25.000. Lumayan, hehe

Penutup

Minimal saldo ATM BRI setelah penarikan atau transaksi lainnya umumnya Rp 50.000. Namun, khusus untuk jenis tabunganku BRI minimal saldo yang mengendap  di rekening Rp 20.000.

Sisa saldo tersebut sebenarnya bisa dihabiskan, namun caranya Anda harus menutup rekening BRI. Itupun hanya berlaku untuk jenis tabungan Simpedes, BRI Junio, dan Tabunganku karena kemungkinan meskipun tutup rekening masih ada saldo sebesar Rp 25.000 - Rp 30.000. Selain menutup rekening alternatif untuk menghabiskan saldo adalah dengan membelanjakan pulsa jika memungkinkan.

Demikianlah informasi mengenai saldo minimal BRI Simpedes, BRI Britama dan jenis tabungan BRI lainnya, semoga memberikan manfaat bagi siapa saja yang sedang mencari informasi seputar bank BRI. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Saldo Minimal BRI Simpedes, Britama, dan Jenis Tabungan BRI Lainnya"